Berbagi dengan Sesama Bersama Komunitas Sedekah Jumat
Ilustrasi│Madrosah Sunnah/Unsplash

Berbagi untuk sesama yang membutuhkan adalah sebuah perbuatan yang sangat mulia. Membantu sesama adalah sebuah perbuatan kemanusiaan yang mulai jarang ditemukan saat ini. Padahal, manfaat dari berbagi sangatlah banyak.

Selain untuk membantu orang yang kita beri dari segi materi, berbagi juga bisa menumbuhkan jiwa sosial pada diri kita. Apalagi selama masa pandemi beberapa waktu ke belakang, tentu kehadiran orang-orang dermawan sangat diperlukan untuk meringankan beban saudara kita.

Nah, ada sebuah komunitas di Sumatra Utara, tepatnya di Kota Medan. Mereka sering sekali melakukan kegiatan berbagi untuk sesama. Komunitas ini adalah Komunitas Sedekah Jumat atau yang dikenal juga sebagai KSJ.

Berdiri sejak 2019

Komunitas Sedekah Jumat bisa dibilang sudah cukup lama dalam melakukan berbagai aksi dermawannya. Komunitas ini berdiri sejak tahun 2019 di Medan dan didirikan oleh beberapa tokoh masyarakat Medan Utara.

Saharuddin bersama beberapa sahabatnya, mendirikan Komunitas Sedekah Jumat pada 16 Agustus 2019. Pembentukan komunitas ini terinspirasi oleh AKBP Ikhwan Lubis SH, MH yang sering memberikan sedekah untuk yang membutuhkan di setiap Jumat.

Hingga kini, komunitas ini berkembang menjadi sebuah organisasi sosial yang konsisten memberikan bantuan untuk orang-orang yang membutuhkan. Tidak hanya itu, mereka juga berperan dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Kegiatan Komunitas Sedekah Jumat

Komunitas Sedekah Jumat│@relawanksj/Instagram

Kegiatan utama dari komunitas ini tentu adalah sedekah jumat, seperti namanya. Komunitas Sedekah Jumat ini memang memiliki agenda rutin, yaitu memberikan bantuan untuk kaum dhuafa, anak yatim piatu, masyarakat lansia dan penyandang disabilitas pada setiap hari jumat.

Bantuan yang diberikan berupa sembako, pemberian kursi roda, pelayanan kesehatan, dan bahkan bantuan untuk rehabilitasi rumah yang tidak layak huni. 

Masyarakat yang terdampak pandemi selama pandemi COVID-19 juga tidak lepas dari bantuan KSJ. Sejak awal pandemi, komunitas ini telah memberikan sejumlah ribuan bantuan sembako, maske dan desinfektan untuk masyarakat. 

Tak hanya membangun kesadaran untuk bersedekah, komunitas ini juga memiliki program untuk membangun kesadaran menabung untuk anak muda. Dengan gerakan menabung Rp10 ribu setiap bulannya untuk barisan pelajar dan mahasiswa. Ada pula program Warung Sedekah, yang mana hasil dari penjualannya akan disalurkan untuk orang-orang yang membutuhkan.

Membangun kesadaran bersedekah pada masyarakat

Hadirnya Komunitas Sedekah Jumat ini mendapatkan banyak apresiasi dari berbagai lapisan masyarakat. Hadirnya komunitas ini mampu menjadi wadah untuk memberikan bantuan kepada saudara yang kurang beruntung.

Selain itu, hadirnya komunitas ini juga mampu menumbuhkan kesadaran dan pentingnya bersedekah, tidak hanya untuk masyarakat lokal, tapi juga pada generasi yang lebih muda.

Hingga kini, Komunitas Sedekah Jumat sudah mulai berkembang dan berdiri beberapa cabang di kota-kota lain di Indonesia. Hal ini menunjukkan seberapa besar pengaruh KSJ dalam membangun kesadaran bersedekah nasional.

Referensi: Medan PosAntara SumutIndonesiapost