Berburu Kuliner di Kampung Ramadan Jogokaryan
Gerbang Kampung Ramadan Jogokaryan | Foto: Dokumentasi Pribadi

#FutureSkillsGNFI

Bulan ramadan selalu membawa suasana istimewa bagi masyarakat di berbagai kota. Di samping ibadah khusus yang kita lakukan di bulan ramadan, serba-serbi khas ramadan juga hadir memeriahkan suasana kota.

Salah satunya di Yogyakarta, kota yang tak pernah sepi pengunjung baik di hari-hari biasa maupun musim liburan seperti bulan ramadan. Kekhasan ramadan di berbagai kota termasuk Yogyakarta adalah hadirnya pusat-pusat kuliner berbuka puasa, dengan banyaknya penjaja makanan yang terkonsentrasi di suatu tempat.

Jika Goodmates bertempat tinggal di Yogyakarta atau merencanakan mengunjungi kota istimewa ini pada bulan ramadan, Goodmates dapat berkunjung ke Kampung Ramadan Jogokaryan (KRJ).

Terletak di sepanjang Jalan Jogokaryan, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta akses menuju kampung ini sangat mudah dan dekat dengan pusat kota. KRJ yang hadir sejak 2005 awalnya merupakan ide yang tercetus oleh pengurus kampung.

Hal itu karena mereka menanggapi keluhan warga sekitar yang tidak dapat berdagang makanan dan minuman selama bulan puasa sehingga pendapatannya menurun. Kehadiran KRJ semakin terkenal, terutama setelah hadirnya media sosial yang dapat menyebarkan informasi dalam bentuk tulisan maupun visual kepada banyak orang.

Baca juga: Mendalami Niat Puasa untuk Menumbuhkan Motivasi

Pada tahun ini, KRJ kembali hadir untuk kedua kalinya setelah tidak ada karena COVID-19. KRJ tahun ini hadir karena jumlah kasus COVID-19 yang telah melandai. Meskipun demikian, protokol kesehatan tetap menjadi perhatian.

Salah satu upaya mengurangi penyebaran virus adalah pembayaran cashless atau non tunai inisiasi dari Pemkot Yogyakarta bersama Bank BPD DIY Syariah. Oleh karena itu, Goodmates tidak perlu risau ketika berkunjung ke KRJ pada masa pandemi saat ini. Saat berkunjung ke KRJ, pastikan Goodmates telah mempersiapkan diri untuk mematuhi protokol kesehatan.

Suasana Kampoeng Ramadhan Jogokariyan Yogyakarta

Pengunjung Kampung Ramadhan Jogokaryaan | Foto : Dokumentasi Pribadi

Di Kampung Ramadan Jogokaryan, Goodmates akan menemui aneka kuliner, seperti jajanan pasar dan aneka gorengan, hingga makanan berat, seperti nasi, mie, dan seafood. Baik makanan tradisional maupun modern dapat kamu temui di sini.

Pada ujung jalan sebelah barat, Goodmates akan menemui salah satu penjaja pecel yang tak pernah sepi pembeli. Penjual makanan modern justru mendominasi, seperti aneka makanan khas korea.

Harga di KRJ masih ramah di kantong pelajar dan mahasiswa sebagai mayoritas pengunjung KRJ. Aneka kuliner ini hadir dari ratusan UMKM. Jadi, selain dapat menikmati kuliner, Goodmates juga secara langsung berkontribusi baik bagi pelaku usaha lokal, lo.

Baca juga: Deretan Takjil yang Selalu Ada Saat Bulan Ramadan

Selain dapat membeli aneka kuliner, Goodmates juga dapat menikmati takjil gratis dari takmir Masjid Jogokaryan. Setiap harinya, takmir Masjid Jogokaryan menyediakan tak kurang dari 1.000 porsi makanan berbuka untuk para pengunjung.

Saat berjalan-jalan berburu makanan berbuka di KRJ, Goodmates juga akan tersuguhkan nuansa unik. Lampion yang terpasang di sepanjang jalan memberi kesan aesthetic dan menjadi spot foto andalan pengunjung.

Langit yang jingga saat senja menjelang berbuka puasa pun semakin menghangatkan suasana. Iringan nada salawat yang berkumandang dari Masjid Jogokaryan menjelang berbuka puasa, semakin menegaskan nuansa bulan suci yang hanya hadir sekali dalam setahun ini.

Berbagai tips perlu Goodmates ketahui jika berencana mengunjungi Kampung Ramadan Jogokaryan. Pertama, hari-hari di akhir pekan cenderung lebih ramai pengunjung. Jadi, jika Goodmates ingin menikmati jalan-jalan dengan lebih santai, sebaiknya berkunjung saat hari biasa saja.

Baca juga: Praktis! Kreasi 4 Menu Sehat Buka Puasa dan Sahur

Kedua, banyak makanan yang terjual akan habis tidak lama setelah berbuka puasa karena pengunjung membludak saat waktu ngabuburit. Goodmates sebaiknya membawa cadangan makanan dan minuman untuk membatalkan puasa.

Ketiga, sulitnya mencari parkiran saat pengunjung sedang ramai. Parkiran yang ada dari pihak pengelola terkadang penuh dan jalan penuh oleh pejalan kaki. Goodmates dapat mencari lahan parkir di gang-gang kecil sekitar, meskipun harus berjalan kaki lagi menuju Jalan Jogokaryan.

Akhir kata, Kampung Ramadan Jogokaryan sangat recommended untuk berburu kuliner saat mengisi waktu menjelang berbuka puasa atau ngabuburit di Yogyakarta. Saat berkunjung, jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan, ya.

Referensi: Tempo | Pikiran Rakyat | Republika