Berikan Banyak Peluang, Politeknik Astra Buka Beasiswa untuk 2022
Ilustrasi│RAEng_Publications/Pixabay

Bagi kamu yang saat ini sudah menginjak kelas 12 bangku SMA/SMK dan  ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi, ada sebuah beasiswa yang bisa kamu pertimbangkan. Politeknik Manufaktur Astra atau Polman Astra, saat ini sedang membuka penerimaan mahasiswa baru jalur beasiswa. 

Polman Astra sendiri adalah sebuah lembaga pendidikan di bawah yang dikelola oleh Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI), salah satu anak perusahaan dari PT Astra International, Tbk. Polman Astra terletak di Komplek Astra International, Tbk., Jakarta Utara.

Polman Astra sendiri memiliki enam program Diploma III (D3)  yang bisa kamu pilih. Di antaranya Pembuatan Peralatan dan Perkakas Produksi, Teknik Produksi dan Proses Manufaktur, Manajemen Informatika, Mesin Otomotif, Mekatronika, dan Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung.

Penerimaan mahasiswa baru jalur beasiswa

Seperti yang disinggung sebelumnya, saat ini Polman Astra sedang membuka penerimaan mahasiswa baru jalur beasiswa untuk tahun ajaran 2022/2023. Beasiswa diperuntukkan bagi siswa lulusan 202  atau yang saat ini masih berada di kelas 12 SMA/SMK.

Beasiswa Polman Astra ini mencakup biaya perkuliahan selama studi D3, dan uang saku bulanan. Berarti, dengan beasiswa ini kamu akan mendapatkan kuliah gratis dan diberikan uang saku setiap bulannya. 

Persyaratan pendaftaran jalur beasiswa

Adapun beberapa syarat pendaftaran yang harus kamu penuhi untuk bisa mendapatkan beasiswa di Polma Astra. Berikut persyaratan yang harus kamu penuhi.

  1. Warga Negara Indonesia, usia maksimal 19 tahun, dibuktikan dengan fotokopi akta kelahiran dan kartu keluarga
  2. Lulusan SMA/SMK tahun 2022 atau saat ini sedang menempuh kelas XII (dibuktikan dengan surat keterangan siswa aktif tahun ajaran 2021/2022 yang ditandatangani Kepala Sekolah)
  3. Lebih diutamakan siswa SMA jurusan MIPA, SMK bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa, serta bidang keahlian Teknologi Informasi
  4. Sehat jasmani (tidak menderita penyakit yang terkait paru-paru, hati dan jantung) dan rohani serta tidak buta warna
    • Untuk pilihan program studi Mesin Otomotif (Peminatan Kendaraan Ringan), tidak memiliki masalah indra pendengaran
    • Khusus untuk program studi Mesin Otomotif (Peminatan Alat Berat), tidak memiliki masalah indra pendengaran, diutamakan laki-laki, dan memiliki tinggi badan minimal 160 cm
  5. Nilai rapor semester 1 s/d 4 kelas X dan Xl berada pada rata rata minimal 75 (B) dan tidak ada nilai di bawah 75 (B), untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Bahasa Inggris
  6. Menunjukkan bukti penghasilan orang tua berupa slip gaji (surat keterangan penghasilan) atau surat keterangan tidak mampu dari pejabat yang berwenang (dibawa saat seleksi wawancara)
  7. Melakukan pendaftaran secara online
  8. Mengunggah pas foto berwarna (bentuk portrait berpakaian formal) dengan ukuran file maksimum 500KB
  9. Mempersiapkan dokumen rekening listrik bulan terakhir (dibawa saat seleksi wawancara)
  10. Mempersiapkan dokumen surat keterangan siswa aktif tahun ajaran 2021/2022 (surat diterbitkan bulan Februari 2022 dan dibawa saat seleksi wawancara)
  11. Tidak sedang atau akan mendapat beasiswa dari sumber lain
  12. Diprioritaskan dari keluarga berpenghasilan maksimal 5 juta rupiah per bulan.

Penerimaan mahasiswa baru jalur beasiswa ini telah dibuka sejak 1 Desember 2021 lalu dan akan ditutup pada 6 Februari 2022. Cek panduan PMB Politeknik Astra untuk cara pendaftaran dan informasi selengkapnya. Semoga berhasil, ya!

Referensi: PMB Polman AstraAkuPintarKompas