Berkunjung ke Pantai Sunrise di Kepulauan Seribu
Pantai Sunrise di Kepulauan Seribu © Kabupaten Kepulauan Seribu

Siapa yang tidak tahu destinasi wisata favorit di wilayah Jakarta bernama Kepulauan Seribu? Pulau-pulau kecil yang katanya berjumlah seribu ini sudah menjadi destinasi wisata sejak bertahun-tahun lamanya. Maka itu, tidak mengherankan apabila pemerintah setempat terus mengembangkan lokasi ini agar terus menarik.

Salah satu pulau yang paling terkenal di antara pulau lainnya adalah Pulau Pramuka. Pulau Pramuka terkenal dengan pulaunya yang luas dan letak strategis di antara pulau-pulau lainnya. Banyaknya orang-orang yang berjualan di sana berhasil menghidupi suasana pulau yang asri.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu memutuskan untuk menjajaki kerja sama pembangunan kios di salah satu spot di Pulau Pramuka. Pembangunan kios tersebut dibarengi dengan penataan yang dilakukan dalam rangka mempercantik lokasi.

Perampungan spot wisata baru di Pulau Pramuka ini meliputi pembuatan gapura selamat datang, papan nama, pengadaan lokasi swafoto, hingga pengecatan area lokasi. Spot tersebut dikenal dengan nama Pantai Sunrise. Spot wisata ini adalah spot wisata yang baru, dimana diharapkan mampu menambah jumlah kunjungan wisatawan.

Pantai Sunrise suguhkan keindahan matahari terbit

Pemandangan sunrise di Pantai Sunrise | Foto: Jakarta Tribun

Namanya sesuai dengan apa yang ditawarkan dari pantai ini. Pengunjung yang datang akan disuguhkan dengan keindahan matahari terbit sembari menikmati deburan ombak serta pasir putih yang luas. Kamu dapat piknik di sana ataupun sekadar menikmati pemandangan yang ada.

Pengunjung dapat berfoto-foto dengan spot foto yang telah disiapkan di sana. Mulai dari papan nama Pantai Sunrise dengan pengecatan beragam warna agar terlihat lebih indah. Selain apa yang sudah dibuat dan disiapkan manusia, pengunjung dapat puas berfoto dengan keindahan matahari terbit ataupun tenggelam di pulau ini.

Tidak hanya itu, Pemkab Kepulauan Seribu juga menyediakan sarana berjualan berbagai produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk masyarakat di kelurahan setempat.

Hal ini dilakukan untuk mensejahterakan masyarakat di sektor pariwisata dengan mengurangi pengangguran dan memberikan nilai manfaat. Kegiatan ini juga termasuk tindakan pemulihan ekonomi masyarakat dengan membangun kios-kios di Pantai Sunrise.

Dengan keberadaan kios-kios ini, diharapkan dapat meramaikan salah satu ikon baru destinasi wisata pantai di Pulau Pramuka, dan membuat pemasaran para pelaku usaha menjadi lebih laku.

Usaha-usaha yang dimiliki masyarakat dihitung dari makanan, aksesori, sampai souvenir khas Pulau Pramuka. Lokasi ini dapat menjadi mata pencaharian baru bagi sebagian warga.

Wisata baru Pantai Sunrise

Pintu masuk pantai Sunrise | Foto: Wartakota

Berlokasi di area dermaga Pulau Pramuka, Pemkab setempat telah mempersiapkan area dermaga kabupaten dan dermaga timur Pulau Pramuka sebagai wisata baru pantai matahari terbit dan matahari tenggelam.

Dua dermaga tersebut berada dalam proses penjajakan dan penataan agar menjadi lokasi wisata baru yang menarik di Kepulauan Seribu. Berlokasi di sisi dermaga menciptakan satu kelebihan lain bagi Pantai Sunrise.

Pulau Pramuka atau Pantai Sunrise dapat dicapai dengan mudah. Untuk berkunjung ke Pantai Sunrise, kamu bisa menaiki kapal dari Pelabuhan Marina di Ancol atau Kali Adem menuju Pulau Pramuka dengan tarif yang bervariasi.

Setelah sampai di Dermaga, kamu akan langsung melihat gapura selamat datang dan papan tulisan Pantai Sunrise yang berwarna-warni. Apabila kamu hendak mengunjungi tempat ini, disarankan datang saat pagi hari untuk melihat matahari bersinar cerah yang baru muncul di ufuk timur.

Kamu juga dapat datang di sore hari saat matahari tenggelam tentunya, tetapi spot wisata ini lebih dikenal dengan sunrise, atau matahari terbit. Menarik, bukan? Yuk, berkunjung ke Pantai Sunrise di Kepulauan Seribu! Jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan yang ada, ya.

Referensi: Republika | Antara | VOI