Tips Mengasah Otak dan Berpikir Kritis ala Nadiem Makarim
Nadiem Makarim - Mendikbudristekdikti

#FutureSkillsGNFI

Goodmates, otak merupakan salah satu organ tubuh vital yang perlu kita jaga dan lindungi sebagai anugerah dari tuhan. Manusia telah diberikan otak sebagai alat  untuk berpikir dalam aktivitas sehari-hari, sepertimenciptakan karya, memecahkan masalah, dan mencari solusi. Otak manusia memiliki kapasitas yang luar biasa besar dalam menyimpan berbagai informasi bagaikan chip dan memori pada komputer berteknologi canggih, bahkan otak kita lebih jago daripada sebuah komputer, loh!

Mengasah otak sangatlah penting, sebab dengan megasah otak kita mampu mengembangkan dan menstimulasi daya kreasi. Mengasah otak juga dapat meningkatkan daya ingat dan tentunya kreativitas bagi kita tetap produktif berkarya dan berinovasi.

Berpikir kritis merupakan kemampuan untuk berpikir jernih, rasional, dan logis ketika menganalisis informasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan dalam kehidupan atau aktivitas sehari-hari. Orang  kritis juga memiliki kemampuan untuk menilai dan mengevaluasi peristiwa, fenomena, data atau objek tertentu dengan baik. Orang yang fasih, informatif, atau memiliki ingatan yang baik  belum tentu  pemikir kritis. Seorang pemikir kritis dicirikan oleh kemampuan untuk menggunakan informasi dan pengetahuan yang tersedia untuk memecahkan masalah, dan kemampuan untuk terus mengidentifikasi dan  memperbaiki kekurangan atau kesalahan dalam  berpikir.

Manfaat Berfikir Kritis bagi Kehidupan

Berikut ini manfaat berpikir kritis bagi kehidupan setiap individu:

1. Keterampilan Berpikir Utama

Cara berpikir kritis dibutuhkan semua individu dalam berbagai profesi. Termasuk bila Goodmates bekerja di bidang pendidikan, engineers, keuangan, penelitian, manajemen, dan hampir semua bidang.

2. Kunci Kesuksesan

Mengembangkan pemikiran kritis akan membuat hasil pekerjaan Anda lebih maksimal. Kamu juga akan menjadi pribadi berkualitas dalam kebutuhan profesional dan karir.

3. Membuat Keputusan Lebih Baik

Kamu harus membuat banyak keputusan dalam setiap detail kehidupan, termasuk keputusan sederhana seperti rasa kopi apa yang akan  kamu minum pagi ini. Kemampuan berpikir kritis akan memudahkan Kamu dalam keputusan hal besar seperti pekerjaan, dengan siapa kamu akan menikah, pembelian aset baru, dll.

4. Meningkatkan Kreativitas

Orang kreatif bukan hanya tentang ide-ide baru yang luar biasa, namun tentang bagaimana menciptakannya secara relevan. Seseorang yang memiliki jiwa kreatif dan juga kemampuan berpikir kritis dapat menghasilkan karya yang bisa dipertanggungjawabkan dan hasil yang sempurna.

5. Memudahkan Kehidupan

Mengetahui apa yang Goodmates inginkan, lakukan, percayai, dan putuskan tentu akan membuat hidup lebih mudah dan bahagia. Kamu juga bisa mengerti diri lebih baik.Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Goodmates pasti mungkin memiliki gagasan, opini, atau ide yang bisa dikomunikasikan lebih baik bila Goodmates memiliki pemikiran kritis. Kamu juga bisa lebih baik menyerap informasi dan mendengarkan orang lain.

6. Menjaga Hubungan

Goodmates pasti akan memiliki pemikiran lebih terbuka dan memahami lebih banyak jenis orang. Orang dengan pemikiran kritis tidak akan membuat konklusi sendiri atau menghakimi orang lain.

7. Sangat Penting untuk Pengetahuan Baru

Akan lebih mudah beradaptasi dan menerima pengetahuan baru yang akan meningkatkan kehidupan Anda. Anda juga terbuka untuk menerima informasi, gagasan, atau objek lain dari luar.

Berikut Tips Mengasah otak dan berpikir kritis ala Pak Nadiem Makarim

foto : Nadiem Makarim /Instagram

1. Membaca Buku Setiap Hari

Membaca mungkin menjadi sesuatu yang membosankan bagi sebagian orang, namun bagi sebagian orang lagi membaca merupakan aktivitas yang harus dilakukan setiap harinya walaupun 2 sampai 10 halaman per harinya.

Rutin membaca buku setiap harinya dapat memiliki efek positif bagi memori, kesehatan, dan hubungan Anda. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk otak Anda setiap harinya ternyata tidak membutuhkan sesuatu yang sulit, hanya membaca buku. Sama halnya dengan berolahraga dan memakan sayuran setiap hari, Goodmates pasti  akan mendapatkan hasil positif yang cukup signifikan ketika kamu membaca buku secara teratur. Berikut adalah beberapa manfaat dari membaca :

  • Meningkatkan IQ
  • Menambah kosakata
  • Menurunkan tingkat stress
  • Memiliki empati

2. Tidak Menerima Informasi Secara Mentah – Mentah

Segala informasi yang terdengar bagi kita jangan langsung share atau membagikan ke orang lain. Informasi tersebut perlu kita pahami terlebih dahulu dan melakukan riset mengenai kebenaran informasi tersebut agar nantinya informasi tersebut tidak menjadi fitnah atau menjadi berita bohong bagi masyarakat luas.

3. Berteman dengan Siapa Saja

Teman yang memiliki pendapat yang berbeda, itu wajar. Orang tidak harus selalu bersama kita, mereka selalu bersama kita dan kita merasa orang itu adalah sahabat terbaik kita dan selalu memiliki pendapat yang sama dengan kita.

Kita juga tidak perlu mencari teman yang selalu berbagi pendapat, tentang politik misalnya kita selalu mencari teman yang sependapat dengan kita, kita tidak bisa tidak berteman. yang lain. Sebenarnya, yang harus kita lakukan bukanlah memilih orang yang memiliki pandangan yang sama dengan kita, tetapi jika itu membuat kamu merasa baik, maka lakukanlah. Namun, ada keterampilan penting yang harus kita miliki, yaitu menormalkan perbedaan pendapat.

Sebagai makhluk yang dibesarkan dengan cara yang berbeda, diberi informasi yang berbeda dan menggunakan buku yang berbeda, wajar jika pendapat kita berbeda. Nyatanya, kita tetap bisa menjadi sahabat meski sering berbeda pendapat.

4. Melakukan aktivitas di luar zona nyaman

Banyak orang yang enggan untuk keluar dari zona nyamannya, karena takut terjun ke dunia baru atau hal baru. Berada di zona nyaman membuat kamu kurang tertarik dalam mencoba berbagai hal baru atau untuk meraih pencapaian yang lebih. Padahal jika terus berdiam diri di zona tersebut, bisa membat kamu tidak berkembang.  Ada pertanyaan mengenai pentingnya keluar di zona nyaman. Terus di zona nyaman sebenrnya tidak baik bagi diri kita jika kelamaan akan membuat Goodmates bosan dan merasa lelah bahkan tidak bahagia. Terkadang, Goodmates pernah melamun tentang kehidupan, petualangan atau tantangan yang berbeda. Beriku beberapa alasan mengapa Goodmates harus bergerak atau keluar dari zona nyaman :

  • Bisa membuat kamu lebih dalam menggali potensi diri dan berkembang
  • Membuat hidup menjadi lebih menarik karena kamu dapat mengeksplorasi diri
  • Menjadi cara yang tepat untuk mengenal diri sendiri
  • Meningkatkan kebahagiaan karena kamu akan menemukan dan mengalami hal-hal baru yang dapat memicu lepasnya dopamin
  • Memperluas hubungan jejaring, relasi dan sosial yang kamu miliki, baik teman maupun kolega baru
  • Bisa membuat kamu menjadi orang yang lebih percaya diri.

 

Jadi tadi merupakan tips bagi Goodmates cara mengasah otak dan berpikir kritis Ala Pak Nadiem Makarim, semoga Goodmates bisa memahami dan menggunakan tips yang sudah Aku bagikan ya!

Referensi : sehatq I doktersehat