Pahami Kehidupan Bersama Komunitas Filsafat Berikut
Illustrasi komunitas filsafat | Foto: Pixabay

Komunitas filsafat adalah salah satu komunitas yang eksis di Indonesia. Keberadaan komunitas filsafat membantu masyarakat mengenal arti filsafat, termasuk tujuan dari mempelajari ilmu filsafat.

Tak heran, banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenal filsafat. Sebenarnya, kata filsafat bukanlah hal yang asing, tetapi tidak banyak orang yang paham pengertiannya.

Padahal, dengan mempelajari ilmu ini ada beberapa keuntungan yang kamu dapatkan. Salah satunya memahami beragam aspek kehidupan. Stereotype yang tumbuh dalam masyarakat terkait filsafat adalah ilmu yang sangat sulit.

Memang, mempelajari filsafat memerlukan fokus dan keinginan belajar yang tinggi. Namun, jika kamu ingin mempelajari ilmu filsafat lebih jauh, ada beberapa komunitas yang bisa mewadahi keinginan kamu.

Masyarakat mulai memiliki minat untuk bergabung dalam komunitas ini. Bahkan, hampir setiap daerah memiliki komunitas yang mewadahi belajar kajian ilmu filsafat. Mau tahu komunitas filsafat apa saja? Berikut daftarnya.

1. Komunitas Filsafat LSF Cogito

Komunitas filsafat LSF Cogito | Foto: IDN Times

Lingkar Studi Filsafat Cogito atau LSF Cogito adalah komunitas studi filsafat yang terbentuk oleh sekelompok mahasiswa filsafat di lingkungan akademik Universitas Gadjah Mada pada 14 Mei 2014 di Bulaksumur, Yogyakarta.

Hadirnya LSF Cogito untuk mewadahi mahasiswa/mahasiswi, maupun masyarakat untuk mengembangkan ilmu filsafat yang tidak hanya sekadar dalam ruang kelas akademis.

Eksistensi LSF Cogito mencoba menghadirkan filosofis yang peka terhadap fenomena dan praktik kehidupan sehari-hari. Selain itu, komunitas ini sudah tergabung dalam Sophia Indonesia (Sophia ID), sebuah komunitas nasional yang menghimpun komunitas filsafat.

Ada beberapa kegiatan rutin dari LSF Cogito, yakni penerbitan Jurnal Mahasiswa Filsafat Cogito, rembug filsafat, dan ruang baca sebagai kegiatan baca serta bincang buku yang secara kolektif. Jika kamu ingin mengenal LSF Cogito lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website resminya di lsfcogito.org.

2. Komunitas Filsafat LSF Discourse

Komunitas filsafat LSF Discourse | Foto: IDN Times

Lingkar Studi Filsafat Discourse atau LSF Discourse adalah komunitas belajar filsafat yang berada di kota Malang dan memiliki format sederhana dalam setiap kegiatan pembelajarannya.

LSF Discourse memiliki banyak kegiatan secara rutin. Mulai dari belajar bersama, berbagi pengetahuan, serta pengalaman yang menjadi refleksi dalam kehidupan sehari-hari.

Selama proses kegiatannya, LSF Discourse berupaya mempelajari dan mengembangkan pemahaman mengenai filsafat dasar, seperti metafisika, epistemologi, aksiologi, logika, dan sejarah pemikiran tanpa terlepas dari ragam filsafat kontemporer.

Kamu bisa mengunjungi website resmi LSF Discourse di lsfdiscourse.org untuk mengenal komunitas ini lebih jauh.

3. Komunitas Betang Filsafat

Komunitas Betang Filsafat | Foto: Hipwee

Komunitas Betang Filsafat hadir dari kegelisahan dan minat para mahasiswa STKIP Pamane Talino Ngabang untuk belajar dan terus menekuni kajian-kajian filsafat.

Nama Betang Filsafat menunjukkan identitas dan visi dari komunitas. Nama tersebut terpilih karena rumah adat Dayak dari Kalimantan. Artinya, Betang sebagai rumah setiap anggota bisa duduk dan berbincang, serta bersemangat dalam kebersamaan dan kesetaraan.

Harapannya, Betang Filsafat mampu memantik banyak perbincangan, kajian, dan telaah kritis-filosofis di Kalimantan Barat. Jika ingin mengenal komunitas ini lebih jauh, kamu bisa membuka website resminya di betangfilsafat.org.

Itulah beberapa komunitas filsafat yang eksis di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Jika kamu tertarik untuk mempelajari kajian filsafat lebih jauh, kamu bisa bergabung dengan komunitas tersebut untuk agar menjadi wadah belajar bersama.

Referensi: LSF Cogito | LSF Discourse | Betang Filsafat