Bikin Rajin Baca, Simak 3 Komunitas Buku yang Bisa Kamu Ikuti
Ilustrasi membangun kebiasaan membaca buku. | Sumber: Patrick Tomasso/Unsplash

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang hampir setiap hari dilakukan oleh banyak orang di dunia. Mulai dari membaca papan petunjuk di jalan, membaca pesan melalui gawai, membaca papan pengumuman di tempat umum, dan lainnya.

Kebiasaan membaca juga perlu dipelihara lo Kawan. Tidak hanya tubuh kita saja yang membutuhkan asupan makanan dan minuman bergizi, otak kita juga perlu diberi asupan berupa wawasan yang bisa didapatkan melalui membaca.

Siapa yang suka merasa kesulitan untuk membangun kebiasaan membaca? Rasanya susah sekali untuk membangun niat dan disiplin berkomitmen untuk terus melanjutkan kebiasaan membaca buku. Nah, mungkin komunitas baca buku ini dapat membantu Kawan menumbuhkan kebiasaan membaca buku.

Bertumbuh bersama buku dengan Arketipe

Salah satu tantangan membaca buku oleh komunitas Arketipe. | Sumber: Instagram/Menjadi.arketipe
Salah satu tantangan membaca buku oleh komunitas Arketipe. | Sumber: Instagram/Menjadi.arketipe

Melansir dari akun Instagram @menjadi.arketipe, Arketipe merupakan lambang dari sebuah harapan. Harapan akan bangkitnya semangat untuk memulai langkah awal kebaikan yang nantinya akan berkembang menjadi hal baru yang lebih besar. Sebagaimana yang dipercayai bahwa nama adalah sebuah doa, komunitas baca buku ini memiliki serangkaian challenge unik yang dapat membantu Kawan menumbuhkan kebiasaan membaca buku.

Baru saja pada Juni 2021 lalu, Arketipe mengadakan kegiatan membangun habit membaca bersama Arketipe melalui tantangan 66 Hari Baca Buku. 66 hari dipilih bukan tanpa sebab. Melalui akun Instagramnya @menjadi.arketipe, komunitas ini menyampaikan berdasarkan sebuah artikel ilmiah yang mengatakan sebuah riset menemukan bahwa sebuah perilaku yang terus diulang dalam konteks yang sama otomatis stabil rata-rata sekitar 66 hari setelah dilakukan pada hari pertama.

Setelah mendaftar, nantinya Kawan akan diajak masuk ke dalam grup, kemudian melaporkan bacaan setiap harinya. Apabila telah selesai membaca, Kawan dapat menuliskan ulasan buku dan berkesempatan diunggah pada akun Instagram Menjadi Arketipe lo. Dalam challenge-nya, Arketipe juga mengadakan sesi sharing yang dapat membantu Kawan menumbuhkan semangat kebiasaan membaca buku.

Sebelum tantangan 66 Hari Baca Buku, juga terdapat dua tantangan lainnya yaitu SERI (10 Halaman 1 Hari) dan SABUK (1 Bulan 1 Buku). Meski bukan seorang member, Kawan tetap dapat mencoba mengikuti tantangan ini secara mandiri.

Tantangan Baca Satu Buku Satu Minggu

Membaca satu buku satu minggu dapat menjadi salah satu metode untuk membangun kebiasaan membaca buku. | Sumber: Florencia Viadana/Unsplash
Membaca satu buku satu minggu dapat menjadi salah satu metode untuk membangun kebiasaan membaca buku. | Sumber: Florencia Viadana/Unsplash

Komunitas yang satu ini telah ada sejak tahun 2018. Salah satu kegiatan andalannya adalah gerakan rutin membaca 1 minggu 1 buku. Kawan juga dapat bergabung menjadi anggota komunitasnya agar lebih terdata.

Dilansir dari akun Instagram @gerakan_1week1book, sebagai anggota nantinya Kawan mendapatkan nomor identitas untuk sistem presensi, mendapatkan laporan progress baca setiap bulan, dapat mengikuti challenge dan giveaway serta semua kegiatan yang diadakan oleh komunitas.

Apabila rapot Kawan berhasil penuh terisi, nantinya akan mendapatkan sertifikat Consistent Reader. Kawan juga dapat mengunggah kiriman berisikan ulasan mengenai buku yang telah tuntas dibaca, apabila beruntung, unggahan Kawan akan di repost oleh akun Instagram @gerakan_1week1book. Meski tidak bergabung, metode ini juga boleh dicoba lo untuk membangun kebiasaan membaca buku.

Satu jam bersama buku

Meluangkan waktu satu jam untuk membaca buku dapat menjadi salah satu cara menumbuhkan kebiasaan membaca. | Sumber: Jasmin Sessler/Unsplash
Meluangkan waktu satu jam untuk membaca buku dapat menjadi salah satu cara menumbuhkan kebiasaan membaca. | Sumber: Jasmin Sessler/Unsplash

Komunitas ini telah berdiri sejak tahun 2019. Sebelum pandemi, komunitas ini rutin mengadakan kegiatan membaca buku bersama selama satu jam di tempat sekitaran Kota Jakarta, kemudian mengadakan sesi sharing untuk mendiskusikan hal-hal seputar membaca. Kegiatannya juga terbuka untuk umum dan tidak ada biaya pendaftaran alias gratis!

Selain membantu menumbuhkan kebiasaan buku, Kawan juga dapat menemukan teman baca dan memperluas relasi. Dilansir dari akun Instagram @kumpulbaca, kegiatan lain yang diadakan komunitas ini adalah diskusi buku bersama dan bedah buku, kegiatan ini dapat menambah rekomendasi buku bacaan untuk Kawan lo. Metode menyisihkan waktu satu jam untuk membaca buku juga dapat Kawan terapkan secara mandiri.

Itu dia beberapa rekomendasi komunitas baca buku yang menyediakan berbagai tantangan dan metode untuk menumbuhkan kebiasaan membaca buku. Namun, apapun tantangan atau metode yang sedang diterapkan, tidak kalah penting yang paling utama adalah memiliki niat, semangat dan komitmen yang kuat untuk terus menumbuhkan kebiasaan membaca buku.

Seperti peribahasa yang berbunyi sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Sehari selembar benang, setahun selembar kain. Begitu juga dalam membangun kebiasaan, lama-lama akan menjadi terbiasa. Selamat mencoba!

Referensi: Instagram Menjadi Arketipe | Instagram Gerakan One Week One Book | Instagram Kumpul Baca