Bingung Belum Menentukan Kampus Impian?  Mari Tentukan Bersama Komunitas Adekakaconnect!
ADKC Goes To Campus | Foto: Dokumentasi Adekakaconnect

#FutureSkillsGNFI

Setelah perjalanan panjang tiga tahun di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), perguruan tinggi merupakan salah satu opsi melanjutkan langkah di bidang akademik. Tak jarang banyak orang yang sudah memilih kampus impian mereka karena mereka sudah paham apa yang mereka inginkan dan bagaimana kemampuannya akan dimanfaatkan. 

Bagaimana dengan Goodmates? Penting sekali mengenali sejak dini tujuan dan target kamu, tetapi tidak hanya perguruan tingginya saja, jurusan atau program studi yang akan diambil juga memerlukan perhatian lebih.

Ketika Goodmates sudah menentukan kampus impian dan jurusan yang akan dipilih, kamu juga bisa mulai mencari tahu jalur apa saja untuk meraih ke kampus tersebut. Perhatikan juga timeline setiap jalur yang ada, dengan begitu kamu bisa merancang strategi jitu yang terstruktur.

Seringkali ditemui para pelajar yang patah semangat di tengah jalan karena tidak diterima melalui satu atau dua jalur yang sudah didaftar. Namun tentunya hal ini tidak dapat dibenarkan sebab Goodmates masih memiliki banyak peluang lainnya. Terlalu larut dalam kesedihan hanya akan memecahkan konsentrasimu.

Mengenal Adekakaconnect

Goodmates tidak perlu bersedih sendiri jika merasa kebingungan untuk mencari tahu seputar perkuliahan atau setiap langkah yang dijelaskan pada beberapa paragraf sebelumnya. Dyah Pitaloka Putri Sutanto atau akrab dipanggil Dyah seorang mahasiswa jurusan Psikologi, Universitas Gadjah Mada mendirikan komunitas bernama Adekakaconnect (ADKC).

ADKC merupakan platform pendampingan pelajar SMA berbasis pendekatan psikologi terintegrasi yang dibentuk pada tahun 2020 dengan visi menjadi wadah pelajar dan mahasiswa untuk saling terkoneksi dalam rangka memberdayakan diri mencapai mimpi. 

“Ada adik-adik pelajar yang butuh pendampingan dari kakak tingkat yang gap usianya nggak terlalu jauh, bisa relate, dan bisa bantu mereka. Habis itu ada kakak-kakak yang mau berkontribusi tapi nggak ada wadahnya. Nah, ini yang jadi titik temu yang bikin aku semakin yakin untuk ajak temen-temen aku yang seangkatan dengan kemampuan dan jurusan yang berbeda-beda untuk bergabung di ADKC di beberapa departemen yang ada,” ujar Dyah (20/06).

ADKC memberikan wadah kepada adik-adik yang butuh pendampingan dan juga kakak-kakak yang ingin berkontribusi dalam membagikan pengalamannya. ADKC tidak hanya sekedar melakukan sharing session, tetapi juga pendampingan hingga mencari tahu jurusan dan kampus impiann mereka.

“Kalau di webinar-webinar orang-orang bisa bilang “ini loh matriks prioritas,” tapi nggak dikasih tau cara praktiknya. Nah, itu tuh kami nggak sekedar ngasih tau. Jadi, kalau di ADKC kami akan ajak mereka melakukan dan menganalisis diri mereka sendiri,” perjelas Dyah.

Program yang sudah terlaksana berawal dari tahun 2020 di bulan Juli, Dyah sebagai founder membuka sesi konsultasi dengan adik-adik kelasnya. Kemudian dilanjut pada tahun 2021, ADKC memiliki program bernama ADKC Goes To Campus dengan pelaksanaan dalam tiga waktu yang berbeda. 

Waktu pelaksanaan tersebut terbagi menjadi tiga bulan yaitu di bulan Juli, November, dan Maret. Pada tahun 2021 di bulan Juli dilakukan sharing session dengan mengundang narasumber, kemudian di bulan November dibentuk Forum Group Discussion (FGD) bertujuan untuk mengeksplorasi dan eksploitasi lebih dalam informasi seputar perkuliahan, dan diakhiri di bulan Maret dengan konsep ADKC sebagai fasilitator.

Karakteristik Adekakaconnect

Pada kegiatan di bulan Maret merupakan ciri khas dari komunitas ini karena proses pendampingan akan dirasakan langsung oleh adik-adik. Kegiatan ini diusung dari konsep Cognitive Behavioral Therapy (CBT) yang mana akan dilakukan journaling dalam mengidentifikasi perasaan, pikiran, dan tindakan mereka. ADKC memodifikasi CBT dengan tujuan adik-adik siap menghadapi UTBK.

Para pelajar akan mendapatkan progress card dengan tujuan mengetahui sejauh mana ilmu yang didapatkan selama program berlangsung. Bagi yang memiliki hasil progress card terbaik akan diberi hadiah konsultasi lebih dalam dengan kakak-kakak ADKC. 

Teruntuk Goodmates yang berada di bangku SMA dan merasa butuh pendampingan dalam menentukan kampus impian dapat langsung mengikuti Instagram @adekakaconnect dan menunggu informasi terbaru. Selain itu, untuk Goodmates mahasiswa yang ingin menjadi bagian dari keberlangsungan program dapat mengikuti rekrutmen yang diadakan pada project selanjutnya. So, stay tuned and keep the fire alive!

 

Referensi: Instagram ADKC