Mengenal Biomass Briquette, Pengganti Batu Bara Ramah Lingkungan
Gambar Biomass Briquette | Foto: IndiaMART

Halo goodmate! Kalian pasti sudah tidak asing dengan bahan pembakaran yang dikenal dengan batu bara. yaitu, residu hitam berisi karbon yang terbentuk dengan memanaskan kayu, gula, tulang dan benda lainnya. 

Namun, kira-kira goodmates kenal tidak dengan yang namanya biomass briquette? biomass briquette adalah sebuah bahan bakar pengganti arang yang terbentuk dari bahan-bahan alami yang ramah lingkungan

Bahannya yang alami menyebabkan biomass briquette mampu mengurangi deforestasi yang terjadi di hutan. disamping itu, biomass briquette juga dibuat menggunakan bahan alami  terbarukan sehingga bersifat sustainable

Saat ini, telah banyak negara di dunia yang mulai beralih menggunakan biomass briquetee ini loh goodmates! Mereka meyakini bahwa penggunaan biomass briquette lebih efisien dari segi biaya, lebih efektif dalam penggunaannya, dan dapat membantu dalam mengurangi efek global warming.

Apa itu Biomass Briquette?

gamabar pembuatan biomass briquette
Gambar Pembuatan Biomass Briquette | Foto: Instructable

Biomass briquette terdiri dari dua kata, yaitu biomass dan briquette. Briquette berasal dari bahasa perancis yaitu brique yang artinya bata. sementara secara istilah, briquette bermakna bahan bakar yang berbentuk bahan bakar. Pada awal pembuatannya, briquette dibuat dengan menggunakan arang dan juga kayu. 

Sementara kata biomass memiliki makna yaitu, energi terbarukan yang berasal dari hewan dan juga tumbuhan. Maka kita dapat mengatakan bahwa biomass briquette adalah sebuah sumber energi terbarukan berbentuk balok, yang berasal dari hewan dan juga tumbuhan. 

Biomass briquette pada umumnya dibuat dengan menggunakan green waste atau sisa-sisa tumbuhan seperti jerami, kulit padi, batok dan sabut kelapa, dll. Bahan pembuatan bahan bakar ini akan berbeda-beda di tiap daerah sesuai dengan limbah tanaman yang mudah diperoleh. 

Penggunaan biomass briquette memiliki banyak manfaat yang tidak hanya dapat dirasakan oleh banyak makhluk hidup di masa sekarang saja, namun juga oleh makhluk hidup di masa-masa yang akan datang. Berikut beberapa manfaat dari biomass briquette

1. Ramah Lingkungan

Ilustrasi ramah lingkungan
Ilustrasi Ramah Lingkungan | Foto: Tribun News

Briket yang terbuat dari bio masa seperti green waste adalah pengganti terbaik untuk bahan bakar seperti batu bara, dikarenakan terbuat dari bahan-bahan alami. Hal ini menyebabkan biomass briquette tidak menimbulkan polusi yang mencemari lingkungan. 

2. Dapat Diperbaharui

Ilustrasi renewable energy
Ilustrasi Renewable Energy | Foto: University of Richmond

Biomass briquette dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan, dan dapat dihasilkan dalam jangka waktu yang relatif singkat, sehingga tidak akan menimbulkan kelangkaan di kemudian hari. 

hal ini bertolak belakang dengan batu bara yang dihasilkan melalui proses yang relatif lama, karena merupakan endapan dari makhluk hidup yang telah mati. Proses yang lama, dan jumlah masyarakat yang semakin meningkat menyebabkan jumlah batu bara yang tersedia ditakutkan tidak akan mencukupi di kemudian hari. 

3. Sumber Energi yang Bersih

Ilustrasi clean energy
Ilustrasi Clean Energy | Foto: Vecteezy

Penggunaan Batu bara yang mengandung karbon monoksida dan logam berat seperti halnya merkuri, serta pelepasan gas sulfur dioksida juga berkontribusi terhadap fenomena-fenomena yang merugikan seperti halnya gas rumah kaca, dan juga hujan asam. 

Dengan menggunakan biomass briquettegoodmate dapat berkontribusi dalam mengurangi pemanasan global, dan perubahan iklim yang membahayakan masyarakat. 

4. Efektifitas Biaya

Ilustarasi efektivitas biaya
Ilustrasi Efektivitas Biaya | Foto: techyyive

Bahan bakar tidak terbarukan seperti batu bara yang membutuhkan waktu cukup lama dalam pembuatannya, dan juga jumlah populasi yang semakin meningkat dapat mengancam persediaan batu bara yang ada pada suatu daerah atau negara. 

Oleh karena itu, batu bara menjadi salah satu komoditas yang diperjualbelikan dalam pasar internasional. Adanya kegiatan ekspor impor yang terjadi akan menyebabkan harga batu bara mengalami kenaikan dikarenakan adanya biaya pengiriman yang cukup besar.

hal ini berbeda dengan biomass briquette yang bahan bakunya mudah ditemukan di tiap daerah, sehingga dapat diproduksi secara domestik. Dengan bahan baku yang murah dan berjumlah banyak, akan banyak masyarakat yang mampu untuk menikmati sumber energi ini. 

5. Efisiensi Energi

Efisiensi Energi
Ilustrasi Efisiensi Energi | Foto: beritanusa.id

 Goodmate perlu mengetahui bahwa berdasarkan pengujian yang dilakukan, biomass briquette dapat terbakar dalam waktu yang lebih lama. Ketahanan biosmass briquette diperoleh melaui kegiatan compression yang mengurangi kadar air dalam briket, dan memadatkan struktur briket

Dengan daya tahan briket yang lebih lama, industri dapat berproduksi dengan lebih efisien, sehingga mampu memperoleh margin keutungan yang lebih besar. 

Itulah pengenalan dan juga beberapa manfaat dari biomass briquette. Briket ini sendiri saat ini telah ada di Indonesia dengan bahan baku utama berupa serbuk kayu, dan juga batok kelapa. Kira-kira goodmate tertarik tidak untuk menggunakannya?

 

Referensi: Hi Tech Agro Energy | Wikipedia | Ronak Engineering