Bisa Ditonton Gratis, Ini 5 Rekomendasi Film yang Tayang di Japanese Film Festival Online 2022
Bread of Happiness film di Japanese Film Festival 2022 | Foto: Asianwiki.com

Kabar baik bagi kamu yang hobi menonton film, sebab acara tahunan satu ini menawarkan kumpulan film yang dapat kamu tonton secara streaming digital dan gratis! Ya, Japanese Film Festival 2022 tengah berlangsung hingga 27 Februari 2022 mendatang.

Dilansir dari situs Japanese Film Festival Online 2022, festival yang juga dikenal dengan singkatan JFF ini merupakan salah satu proyek Japan Foundation yang dibentuk untuk membagikan antusiasme film Jepang kepada orang-orang di seluruh dunia. Japanese Film Festival yang digelar sejak 14 Februari 2022 lalu ini diselenggarakan secara serentak di 25 negara.

Japanese Film Festival Online pertama kali diadakan di 20 negara pada lima benua pada bulan November 2020 hingga Maret 2021 lalu. Dengan 30 film Jepang yang terdiri dari karya klasik dan karya baru, festival ini diselenggarakan secara gratis dan telah disaksikan lebih dari 210.000 kali.

Pada tahun kedua penyelenggaraannya, Japanese Film Festival Online 2022 disebar di 25 negara dan memiliki fokus pada area yang memiliki keterbatasan untuk mengakses film Jepang. Beruntung, salah satunya berada di negara Indonesia. Tersedia 20 film Jepang mulai dari genre drama, animasi, hingga sejarah yang dilengkapi dengan subtitle dalam 15 bahasa.

Rekomendasi film Japanese Film Festival Online 2022

Japanese Film Festival Online 2022 dapat disaksikan secara gratis. | Foto: dewipuspasari's weblog
Japanese Film Festival Online 2022 dapat disaksikan secara gratis. | Foto: dewipuspasari's weblog

Kamu merupakan penggemar film-film karya Studio Ghibli? Langit biru cerah dengan gumpalan awan putih, hamparan lahan hijau yang luas sejauh mata memandang, visual yang menenangkan yang dilahirkan animasi Studio Ghibli memang juaranya. Nah, bagaimana jika hal itu diwujudkan dalam dunia nyata?

Film "Bread of Happiness" yang telah rilis sejak tahun 2012 ini menceritakan sepasang suami istri yang pindah dari Tokyo ke Hokkaido untuk membuka kafe di tengah alam. Pasangan muda ini menyuguhkan kopi dan roti serta berbagai hidangan yang disesuaikan dengan empat musim berbeda.

Diceritakan setiap pengunjung yang datang memiliki beragam beban emosional dan hidangan yang disajikan kafe tersebut dapat menyembuhkan hati mereka yang terluka. Film dengan genre drama yang disutradarai Mishima Yukiko ini siap memberikan visual dan jalan cerita yang menenangkan juga menghangatkan hati para penontonnya.

Film tentang perjuangan dan kasih sayang seorang Ibu selalu berhasil menguras air mata. Seperti salah satu film yang disajikan pada Japanese Film Festival Online 2022 berjudul "Her Love Boils Bathwater".

Film yang rilis pada tahun 2016 ini akan menyuguhkan kisah perjuangan seorang ibu bernama Futaba dalam membesarkan putrinya, Azumi. Futaba yang kemudian didiagnosa mengidap sebuah penyakit dan memiliki batas waktu hidup sebentar lagi pun menyusun bucket list berisikan kumpulan misi yang harus diselesaikan sebelum semuanya terlambat. 

Jika kamu memiliki kesempatan untuk mengulang kembali kehidupan masa SMA, maukah kamu mencobanya? Film "ReLIFE" menceritakan tokoh Arata yang berusia 27 tahun dan tidak memiliki pekerjaan juga tujuan hidup.

Suatu ketika ia direkrut ke dalam proyek bernama “ReLIFE” yang menjanjikannya untuk mengulang satu tahun di SMA. Saat kehidupan SMA-nya kembali dimulai, ia justru malah memulai kisah cinta dengan salah seorang gadis bernama Hishiro.

Bagaimana jadinya jika seorang mantan yakuza ingin hidup normal di masyarakat? Akankah masyarakat menerimanya? Atau justru sebaliknya?

Film "Under the Open Sky" akan menyuguhkan kisah Mikami, seorang mantan yakuza yang telah bebas dari penjara dan memiliki tekad hidup lebih baik saat ini. Film yang rilis pada tahun 2021 dengan arahan sutradara Nishikawa Miwa ini akan menunjukan kesulitan yang dihadapi Mikami untuk beradaptasi serta sudut pandang baru tentang manusia.

Lagi-lagi salah satu film dengan jalan cerita menyentuh lainnya. Jika kamu diberikan kesempatan untuk sekali lagi dapat bertemu dengan orang yang sudah meninggal, siapa yang akan kamu pilih untuk bertemu? Ada film "Until the Break of Dawn" menceritakan seorang anak SMA bernama Ayumi yang memiliki kemampuan bernama “Tsunagu”. Kemampuan ini membuatnya bisa memanggil orang yang telah meninggal dan membuat mereka bisa bertemu satu kali lagi dengan orang yang masih hidup.

Itu dia beberapa rekomendasi film yang dapat kamu tonton pada Japanese Film Festival Online 2022. Jika tertarik dengan genre lain, kamu juga dapat melihat film lainnya pada situs resmi mereka.

Deretan film ini dapat kamu simpan untuk ditonton saat berakhir pekan nanti atau kamu dapat menontonnya di waktu luang untuk bersantai. Cara menontonnya juga cukup mudah. Kamu dapat mengunjungi situs watch.jff.jpf.go.jp kemudian melakukan registrasi pembuatan akun.

Situs tersebut dapat diakses melalui perangkat digital yang sudah terhubung dengan akses internet. Setelahnya, tanpa dipungut biaya sepeserpun, kamu dapat memilih film apa saja yang akan kamu tonton. Selamat menikmati, Goodmates!

Referensi: Japanese Film Festival | Pikiran Rakyat