Bola Ubi, Camilan Manis yang Sehat
Ilustrasi camilan manis sehat bola ubi. | Merdeka/Shutterstock

Penyuka camilan manis? Mari merapat! Apabila Kawan menyukai camilan manis tetapi mencari yang tetap sehat, mungkin bola-bola ubi dapat menjadi salah satu pilihan. Pernah mencobanya?

Dahulu bola ubi terkenal sebagai jajanan khas Kota Bandung, tapi kini telah tersebar di berbagai kota. Bola ubi bukan pendatang baru lo di jajaran dunia camilan. Tumbuhan ubi memang dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan, seperti ubi goreng, ubi kukus, donat ubi, kolak ubi, dan masih banyak lagi. 

Tidak hanya harganya yang terjangkau, kini sajian bola ubi juga memiliki banyak variasi. Selain bola ubi kopong, biasanya variasi terdapat pada topping-nya. Rasa-rasa kekinian seperti matcha, taro, keju, dan masing banyak lagi yang dapat disesuaikan dengan selera Kawan.

Ternyata bahan-bahan yang dibutuhkan serta cara membuatnya juga sangat sederhana lo Kawan. Mengutip dari Kompas.com, pembuatan bola ubi disarankan menggunakan ubi cilembu sebab memiliki rasa yang manis. Ubi yang dibutuhkan untuk membuat bola ubi kopong adalah ubi dengan kandungan gula yang cukup tinggi. Sebab kadar gula yang rendah dapat menghasilkan bola ubi yang kosong pada bagian tengah.

Selain ubi cilembu, siapkan juga gula pasir, garam, baking powder, tepung tapioka, dan minyak untuk menggorengnya. Setelah mengukus ubi, haluskan dalam keadaan masih panas kemudian diaduk bersama gula, garam dan baking powder. Aduk hingga merata lalu tambahkan tepung tapioka dan diuleni kembali. Ambil adonan secukupnya untuk dibulatkan. Panaskan minyak goreng untuk menggoreng bola ubi. Kemudian, bola ubi siap disajikan! Kawan dapat menambahkan berbagai macam topping kesukaan atau disajikan dengan rasa orisinal manis dan gurihnya ubi cilembu.

Manfaat ubi bagi kesehatan

Ilustrasi ubi sebagai bahan baku camilan bola ubi. | Sumber:  Louis Hansel/Unsplash
Ilustrasi ubi sebagai bahan baku camilan bola ubi. | Sumber:  Louis Hansel/Unsplash

Merangkum dari Health, ubi memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan lo Kawan. Satu cangkir berisikan ubi dapat memenuhi setengah kebutuhan harian kita akan vitamin A dan vitamin C. kedua vitamin ini sangat penting untuk mendukung fungsi kekebalan tubuh terutama di saat pandemi seperti ini. Keduanya juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel dari penuaan dan penyakit.

Selain itu, vitamin A juga menjadi kunci untuk menjaga kesehatan kulit, penglihatan, dan fungsi organ. Satu porsi ubi juga dapat memberikan sedikit vitamin B dan mineral yang membantu memproduksi kolagen dan meningkatkan kesehatan kulit dan tulang.

Jika Kawan sedang menjalani diet, ubi juga dapat membantu menurunkan berat badan lo Kawan. Sebab ubi memiliki kandungan pati resisten yang mampu mendorong tubuh untuk memompa lebih banyak hormon pemicu rasa kenyang. Asik bukan sedang menjalani diet, tapi tetap bisa memakan camilan manis yang sehat?

Selamat mencoba membuat bola ubi, Kawan!

Referensi: Kompas.com | Health | Kompas.com