Ada 2 Brand Indonesia Tampil di Paris Fashion Week 2022
Paris Fashion Week 2022 | Foto: Reuters

Setelah dua tahun tertunda karena pandemi COVID-19, akhirnya tahun ini ajang gelaran busana bergengsi, yakni Paris Fashion Week (PFW) 2022 secara resmi hadir. Seperti biasa, deretan brand lokal Indonesia pun ikut meramaikan.

PFW atau dalam bahasa Perancis Semaine des Créateurs du Mode ini merupakan pusat mode dunia. Gelaran busana PFW sudah ada di Paris sejak tahun 1700-an. Awalnya, pameran busana ini digelar di rumah mode Perancis sebagai tindakan komersil menggunakan maneken.

Memasuki abad ke-19 hingga ke-20, Charles Worth dengan labelnya House of Worth menjadi desainer pertama yang menggunakan model manusia untuk memamerkan busana karyanya.

Kemudian pada tahun 1911, Paul Poiret menggabungkan teater dengan parade busana untuk menunjukkan karyanya. Ia mengharuskan 300 tamu undangannya datang menggunakan kostum oriental dan berdandan glamor.

Sekitar tahun 1920 sampai 1930, demi menjaga hak cipta, gelaran busana dilangsungkan secara eksklusif. Namun, tidak satupun jurnalis ataupun photographer yang boleh hadir di acara tersebut. Hingga 1984, Thierry Mugler menjadi desainer pertama yang menggelar acara peragaan busana secara terbuka di stadium yang dihadiri lebih dari 6000 orang.

Pasca perang dunia ke-2 telah banyak perubahan yang terjadi, termasuk di bidang fesyen. Untuk pertama kalinya, pada 1973 French Fashion Federation menggelar Paris Fashion Week dengan menghadirkan desainer asal Perancis dan Amerika.

Paris Fashion Week 2022

Penampilan model di Paris Fashion Week 2022 | Foto: Sortparis

Paris Fashion Week tahun ini terbagi dalam 3 kategori, yaitu Mens Fashion, Haute Couture, dan Prêt-à-Porter. Paris Fashion Week 2022 berlangsung pada 28 Februari 2022 sampai 8 maret 2022.

Terdapat dua brand lokal Indonesia yang berkesempatan memamerkan koleksi Autumn/Winter 2022, dalam program Indonesian Designers in Paris by L’Adresse Paris Agency. Meski tidak tampil di runway, kedua brand ini mendapatkan spot di showroom yang berlokasi di Palais Brongniart.

1. Sean Sheila

Koleksi Sean Sheila | Foto: Marie Lourier/Instagram @Sean_Sheila

Sean Sheila merupakan label mewah untuk pria dan wanita yang terkenal dengan ciri khas desain yang dramatis, edgy, serta pemilihan kain yang berkualitas. Brand ini besutan dari sepasang suami istri, yakni Sean dan Sheila yang keduanya merupakan lulusan Raffles Design Institute, Singapura.

Keterlibatan Sean Sheila di acara bergengsi ini sudah ada sejak 2017. Khusus tahun ini, Sean Sheila menampilkan 23 look yang terinspirasi dari bentuk makhluk-makhluk yang bermutasi secara organik dari benda-benda mati.

2. Jewel Rocks Bijoux

Koleksi Jewel Rocks | Foto: Indie Market

Berbeda dengan Sean Sheila, brand satu ini merupakan merek perhiasan asal Bali oleh Imelda Widjaja sejak 2006. Hasil rancangan Jewel Rocks identik dengan gayanya yang sangat chic dan elegan.

Perhiasan dibuat dari pecahan batu mulia, manik-manik Jepang dalam warna yang unik dengan melibatkan sejumlah pengrajin perak, resin, manik kaca, dan pembuat warna natural. Di PWF, Jewel Rocks akan memamerkan koleksi favorit dan 10 desain terbarunya yang belum rilis di Indonesia.

Sementara itu, Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) bekerja sama dengan 10 brand lokal Indonesia untuk menggelar Gekrafs Fashion Show di The Westin Paris Vendome. Sepuluh brand ini akan tampil secara off schedule dikarenakan acara on schedule PWF, khusus untuk brand lokal Paris dan brand tertentu saja.

Deretan selebritis Indonesia di Paris menggunakan batik | Foto: JPPN

Di antaranya ada Scarlett X I.K.Y.K, official beauty partner selama acara tersebut. Kemudian ada pula 3SECOND X “Heeji”, Greenlight X Ican Harem, La Sabelle X Em.En Hair Design, BRAND NO BRAND, Shade Signature X Shademulsk, Dekranasda Banjarbaru, Chayra by Tika Ramlan, Yanti Adeni X Ayam Geprek Bensu, dan yang terakhir ada MS Glow x Leanne Marshall

Itulah sederet brand asal Indonesia yang ikut memeriahkan Paris Fashion Week 2022 dan Gekrafs Fashion Show 2022. Adakah brand favorit Goodmates di sana?

Referensi: Liputan6Kompas |  Kemenparekraf | Tirto |Popbela