Buah-Buah Segar Bikin Puasa Kamu Tambah Lancar
Buah-buahan | Foto: Pexels

#FutureSkillsGNFI

Ketika berpuasa, penting bagi kita untuk menjaga asupan gizi bagi tubuh agar tidak kekurangan energi atau defisit kalori. Oleh sebab itu, kita harus menjaga asupan makanan yang bernutrisi supaya tubuh tetap fit dan tidak lemas selama menjalankan ibadah puasa.

Asupan gizi setiap individu tentu berbeda dengan kesesuaian kebutuhan dan kondisi tubuh masing-masing. Selain memastikan asupan makanan bergizi dari sayur dan lauk pauk, konsumsi buah-buahan segar juga penting dalam menjaga keseimbangan nutrisi tubuh.

Berikut rekomendasi buah-buah segar yang cocok untuk kamu konsumsi agar puasa tambah lancar.

1. Semangka

Sepotong semangka mengandung banyak nutrisi dari asupan harian
Buah semangka | Foto: Pixabay

Zat likopen selaku penghasil warna merah pada semangka mempunyai peran penting terhadap tulang. Selain itu, zat tersebut juga dapat menekan risiko terserang kanker payudara, prostat, paru-paru, uterus, dan kolon.

Sepotong semangka mengandung 46 persen kalori dan mencukupi 17 persen dari asupan vitamin A. Tidak hanya itu, Goodmates juga perlu tahu kalau semangka memiliki kandungan vitamin C tingkat tinggi (mencukupi 20 persen dari asupan harian) dan kandungan vitamin B juga, lo.

Baca juga: Intip 8 Tempat Bukber di Jakarta Selatan

2. Nanas

Kalium yang ada dalam kandungan nanas, mempunyai peran penting sebagai elektrolit dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
Buah nanas | Foto: Pixabay

Selain memiliki kandungan vitamin A, B, dan C, nanas juga memiliki kandungan nutrisi lain. Kalsium dalam kandungan buah nanas cukup melimpah. Ada juga kalsium yang berperan penting terhadap fungsi-fungsi dasar tubuh, seperti menjaga fungsi jantung, menjaga fungsi otot, impuls saraf, dan pembentukan tulang dan gigi

Kemudian, Kalium yang ada dalam kandungan nanas mempunyai peran penting sebagai elektrolit dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Tak hanya itu saja, konsumsi nanas juga bisa mengendalikan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung dan ginjal, serta membantu mengoptimalkan fungsi dari sistem saraf dan masih banyak lagi.

3. Apel

Kalium yang ada dalam kandungan nanas, mempunyai peran penting sebagai elektrolit dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
Buah apel | Foto: Pixabay

Antioksidan dalam kandungan apel bermanfaat dalam melindungi sel-sel di pankreas dan memperlambat pertumbuhan sel kanker. Goodmates perlu tahu kalau serat pada kulit apel juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Nutrisi yang terkandung dalam buah apel meliputi 95 kalori, karbohidrat 25 gram, 4 gram serat, 14 persen vitamin C, dan 6 persen kalium. Tak hanya itu, ada juga 5 persen vitamin K, serta vitamin A, E, B1, B2, dan B6 dari asupan harian (RDI atau Reference Daily Intake).

Baca juga: Hindari Kebanyakan Tidur Saat Puasa, Berikut Alasannya

4. Kurma

Kurma juga bermanfaat untuk mencukupi kalori dan gizi yang diperlukan tubuh
Buah kurma | Foto: Pixabay

Hampir 70 persen dari kurma terdiri dari karbohirat. Kurma juga mengandung beberapa sumber nutrisi lainnya, seperti 7 gram serat, 2 gram protein, 20 persen kebutuhan kalium harian, 14 persen kebutuhan magnesium harian, 18 persen kebutuhan tembaga, 15 persen kebutuhan mangan, 5 persen kebutuhan zat besi harian, dan 12 persen kebutuhan vitamin B6 harian.

Nutrisi kurma berbeda berdasarkan tingkat kematangannya. Kurma segar memiliki kandungan air, serat, dan protein yang jauh lebih banyak daripada versi keringnya. Uniknya, meskipun kurma memiliki zat gula yang cukup tinggi, nyatanya tetap tidak sama dengan nasi yang biasa kamu santap saat sahur dan berbuka.

5. Anggur

Anggur mengandung senyawa resveratrol, yang bertugas dalam memperlancar peredaran darah yang kaya akan oksigen menuju ke otak.
Buah anggur | Foto: Pixabay

Dalam satu buah anggur, terdapat beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti serat, mineral, vitamin C dan K, serta senyawa aktif yang berperang sebagai antioksidan.

Kandungan air dalam buah anggur nyatanya berperan dalam menghidrasi kulit dan menjaga kesehatannya. Selain itu, kandungan senyawa aktif dalam buah ini juga bisa meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Baca juga: Tips Agar Puasa dan Aktivitas Kamu Berjalan Lancar

6. Jeruk

Kandungan vitamin C pada 100 gram buah jeruk mampu mencukupi 90 persen kebutuhan vitamin C harian
Buah jeruk | Foto: Pixabay

Buah jeruk mengantongi banyak sekali vitamin dan mineral yang baik oleh tubuh. Kandungan jeruk yang membuatnya sangat spesial adalah beragam senyawa dan zat khas tumbuhan.

Dua golongan senyawa dalam buah jeruk, yaitu senyawa fenolik (golongan senyawa yang memiliki efek antioksidan) dan karotenoid (golongan zat antioksidan yang memberikan warna oranye cerah pada buah jeruk).

Segelas jeruk hangat bisa kamu konsumsi untuk membantumu yang merasa enggak enak badan atau kurang istirahat ketika sahur.

Perlu Goodmates ingat, sebaiknya hindari buah-buahan yang mengandung kadar keasaman tinggi agar tidak memicu timbulnya penyakit seperti maag saat perut kosong. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buah di atas agar puasa Goodmates semakin lancar.

Referensi: hellosehat | kompas | cnbc