Buka Sampai Maret, Inilah Beasiswa Pemerintah Irlandia untuk Jenjang S1-S3
University College Dublin, Irlandia | Foto: API Abroad

Kuliah di benua biru alias Eropa merupakan impian banyak orang. Tak hanya untuk menambah pengalaman dan koneksi global, negara-negara di Eropa dikenal memiliki sistem dan kualitas pendidikan yang unggul. Salah satu dari negara tersebut adalah Irlandia.

Berdasarkan laporan dari OECD (Organisation of Economic Co-operation and Development) tahun 2019, generasi muda di Irlandia memiliki standar pendidikan tertinggi ke-4 di dunia. Data lain dari The Bloomberg Innovation Index tahun 2020 menobatkan Irlandia sebagai negara paling inovatif ke-16 di dunia.

Tak heran, negara ini menjadi “rumah” bagi perusahaan-perusahaan besar seperti Apple, Google, Amazon, TikTok, Alphabet, dan Samsung hingga sering disebut sebagai Silicon Valley of Europe.

Irlandia juga terkenal akan pemandangan alamnya yang indah, meliputi lautan dan pegunungan. Untuk Goodmates yang tertarik di bidang seni, negara ini juga memiliki banyak galeri seni, museum, hingga band-band ternama seperti U2 dan The Script.

Berbicara mengenai beasiswa untuk jenjang pendidikan tinggi, pemerintah Irlandia memiliki sebuah program bernama GOI-IES atau Government of Ireland - International Education Scholarship. Beasiswa yang dibuka setahun sekali ini menawarkan berbagai macam program studi untuk jenjang S1 sampai S3.

Keuntungan Beasiswa GOI-IES Irlandia

Trinity College Dublin | Foto: BBC

Beberapa bantuan pendidikan akan Goodmates terima bila menjadi awardee dari beasiswa GOI-IES Irlandia. Di antaranya bebas biaya pendaftaran ke perguruan tinggi dan seluruh biaya pendidikan selama satu tahun gratis.

Tak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan tunjangan sebesar 10.000 euro selama satu tahun dan visa gratis, serta tinggal satu tahun setelah lulus untuk bekerja (stay-back option).

Perlu diperhatikan pada poin kedua bahwa beasiswa ini hanya membiayai satu tahun pendidikan dari awardeenya. Tak perlu khawatir, bila sudah resmi menjadi mahasiswa di Irlandia, Goodmates bisa mendapatkan tambahan uang dengan bekerja paruh waktu.

Durasi pekerjaan ini bisa menyesuaikan dengan jadwal kuliah, yaitu selama 20 jam per minggu. Memasuki waktu liburan, barulah durasi akan diperpanjang menjadi 40 jam.

Dalam masa pandemi, pemerintah Irlandia memberi insentif sebesar 350 euro per minggu bagi para mahasiswa untuk menunjang kehidupan mereka setelah kehilangan pekerjaan part time. Mahasiswa internasional yang terjangkit COVID-19  pun mendapat fasilitas kesehatan secara gratis.

Berkas yang diperlukan dan cara mendaftar

Ilustrasi mendaftar secara online | Foto: Lisa Fotios/Pexels

Adapun berkas-berkas yang perlu Goodmates persiapkan untuk mendaftar beasiswa ini adalah transkrip akademik, dua surat referensi atau rekomendasi, paspor, dan offer letter.

Selain itu, karena Irlandia merupakan negara berbahasa Inggris, Goodmates perlu memiliki skor overall IELTS sebesar 6,5. Baru-baru ini, sebagai kebijakan pandemi, terdapat opsi tes kebahasaan lain yaitu Duolingo dengan minimal skor 110.

Keseluruhan alur pendaftaran beasiswa dilakukan secara online. Goodmates bisa membuat akun dan mengikuti proses pendaftaran di website ini. Lalu, mengunggah dokumen scan dari semua berkas yang diperlukan, termasuk offer letter dari perguruan tinggi yang dituju.

Bobot skor paling tinggi ada pada bagian personal statement sebesar 45 poin, disusul dengan kualifikasi akademik maupun penghargaan serta pengalaman profesional sebesar 40 poin, dan surat referensi sebesar 40 poin.

Disarankan agar Goodmates menggunakan browser pada laptop saat mendaftar agar lebih lancar dan teliti. Jangan lupa untuk memperhatikan batasan jumlah kata saat memasukkan data seperti personal statement.

Terakhir, beasiswa pemerintah Irlandia membuka kuota untuk 60 orang di seluruh dunia. Tahun ini pendaftaran akan dibuka sampai tanggal 25 Maret pukul 17.00 GMT (26 Maret di Indonesia, pukul 00.00 WIB). Hasilnya akan diumumkan 3 bulan kemudian pada bulan Juli 2022.

Refrensi: EHEF | Scholarships 365 | UCD | Scholarships Corner