Bukan Berasal dari Perancis, Ternyata Croffle dari Negara Ini
Croffle | Foto: Kompas

Mendengar kata ‘viral’, pasti banyak hal yang dapat kita pikirkan. Mulai dari tempat, peristiwa, hingga makanan. Setiap tahun, ada banyak hal yang menjadi viral. Dari sisi makanan, ada croffle yang sempat viral pada 2021.

Camilan berbahan dasar adonan croissant ini ramai diborong oleh masyarakat setelah penyanyi asal Korea Selatan, Kang Min-Kyung, menggemari jajanan satu ini. Bagi kamu yang belum tahu, croffle sendiri merupakan gabungan dari dua jenis kudapan, yaitu waffle dan croissant.

Croffle dibuat dari bahan dasar croissant yang kemudian di-press menggunakan cetakan waffle. Croffle biasanya disajikan dengan berbagai topping, seperti buah-buahan, meses, olahan daging, dan topping lain sesuai dengan selera. Croffle juga bisa menjadi makanan pelengkap untuk menemani sesi ngopi di sore hari.

Croffle sendiri memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan croissant. Tidak seperti croissant yang terkesan sedikit kering dan berongga, croffle hadir dengan tekstur yang sedikit lebih lembut.

Kudapan ini sudah mulai terkenal di Korea Selatan sejak 2020. Namun, jauh sebelum itu croffle juga sudah populer di kalangan masyarakat Eropa, khususnya di negara Irlandia. Kepopuleran croffle di Irlandia dimulai pada tahun 2017 lalu.

Croffle masuk ke Indonesia pada pertengahan tahun 2021. Sejak saat itu, banyak toko makanan dan kue yang menjajakan kenikmatan croffle. Tak hanya itu, banyak gerai yang dibuka khusus untuk menjual croffle saja, lo!

Croffle bukan dari Belgia atau Perancis

Ilustrasi peta Kota Dublin | Foto: Deposit Photos

Jika dilihat dari gabungan namanya, banyak orang mengira kalau croffle berasal dari Belgia atau Perancis. Kenyataannya, croffle tidak berasal dari kedua negara tersebut.

Croffle sendiri berasal dari Irlandia, tepatnya di Kota Dublin. Croffle merupakan hasil kreasi dari seorang koki bernama Louise Lennox. Ia kemudian mulai menjual kreasinya ini di sebuah kafe bernama ‘La Petite Boulangerie’.

Kepopuleran croffle akhirnya dilirik oleh toko roti terkenal, yaitu Cuisine de France. Akhirnya, mereka pun mengajak Lennox untuk bekerja sama. Dari sini, nama croffle pun semakin dikenal oleh masyarakat di berbagai penjuru dunia.

Kreasi pertama croffle

Croffle dengan selai stroberi | Foto: freepik

Sebelum sevariatif sekarang, kreasi pertama croffle oleh chef Louise Lennox adalah croffle yang diberikan campuran alpukat, tomat manis, krim keju feta, dan taburan gremolata. Hingga sekarang, banyak topping yang sudah digunakan di atas croffle untuk memperkaya cita rasanya.

Salah satu kreasi croffle yang paling terkenal di tahun 2021 adalah croffle yang dibaluti dengan gula pasir. Croffle ini akan menghasilkan lapisan karamelisasi gula pasir di atanya. Biasanya, croffle jenis ini juga akan dilengkapi dengan saus coklat, bluberi, ataupun stroberi.

Itu dia serba-serbi croffle yang mungkin belum kamu ketahui. Buat kamu yang tertarik untuk membuat croffle, berikut ada resep ala chef Devina Hermawan:

  • 6 gr ragi
  • 150 gr mentega, suhu ruangan
  • 290 gr tepung terigu protein tinggi
  • 3 sdm gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 200 ml susu hangat

Semua bahan ini bisa kamu ganti dengan menggunakan adonan croissant instan. Cara membuat:

  1. Campurkan gula, susu hangat, dan ragi. Tutup tempat adonan dengan plastic wrap dan diamkan selama 5 sampai 10 menit.
  2. Di mangkuk terpisah, masukkan garam dan tepung terigu lalu aduk rata. Kemudian campurkan bahan basah dengan bahan kering dan aduk rata. Lalu, uleni adonan selama kurang lebih 5 menit.
  3. Oleskan mangkuk dengan sedikit minyak dan masukkan adonan yang sudah diuleni. Diamkan selama kurang lebih satu jam sampai adonan mengembang.
  4. Siapkan alas rata yang luas lalu taburi dengan sedikit tepung terigu. Pipihkan adonan hingga berbentuk persegi panjang.
  5. Oleskan mentega di atas adonan yang sudah dipipihkan dan belah adonan menjadi empat bagian. Tumpuk adonan kemudian lipat. Jika sudah, simpan adonan dalam freezer selama 45 menit.
  6. Keluarkan adonan dari freezer, kemudian pipihkan adonan menjadi 10 bagian dan bentuk adonan menjadi segitiga dengan pisau atau pemotong adonan.
  7. Ambil adonan dan belah di bagian tengah bawah, kemudian tarik dan gulung. Lakukan ini hingga semua adonan habis.
  8. Diamkan adonan selama 15 sampai 20 menit agar mengembang. Olesi adonan dengan air lalu masukkan ke dalam gula pasir
  9. Panaskan cetakan waffle, masukkan adonan ke dalam cetakan waffle dan panggang hingga kecokelatan.
  10. Croffle siap dihidangkan.

Resep di atas dapat kamu praktikkan kalau kamu mau ikut mencoba menikmati croffle. Hanya dengan enam bahan, kamu juga bisa memulai bisnis croffle sendiri, lo! Apakah kamu tertarik?

Referensi: Kompas | The Asian ParentPergi Kuliner