Bukan Hanya Ada Ekstraknya, Berikut Manfaat Kulit Manggis bagi Kesehatan
Illustrasi Manfaat Kulit Manggis | Foto: Pexels

Banyak orang belum sadar akan manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh. Selain buahnya yang dikonsumsi, kulit manggis ternyata memiliki banyak manfaat yang baik. Sejak lama, kulit manggis banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal tradisional.

Buah manggis adalah pohon cemara tropis asli Indonesia. Buah satu ini memiliki warna ungu tua atau merah tua dengan daging buah berwarna putih. Buah manggis banyak dikonsumsi di Indonesia karena memiliki rasa yang manis, asam, dan menyegarkan.

Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa kulit manggis mengandung antioksidan berupa xanthone yang memberikan efek antibakteri, antiinflamasi, dan anti jamur. Selain itu, kulit manggis juga mengandung vitamin, mineral, hingga asam amino.

Tak heran jika banyak produk obat herbal yang memanfaatkan khasiat dari kulit manggis. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat dari kulit manggis yang baik untuk kesehatan tubuh.

Menurunkan kadar kolesterol

Illustrasi kolesterol | Foto: Pexels

Kadar serat yang terkandung dalam ekstrak kulit manggis dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Ekstrak kulit manggis juga mampu mencegah terjadinya penumpukan kolesterol di pembuluh darah. Dengan demikian, kulit manggis bisa meminimalisir risiko terjadinya penyakit stroke dan jantung.

Menghambat pertumbuhan sel kanker

Illustrasi menghambat kanker | Foto: Pexels

Kulit manggis menjadi sumber antioksidan yang tinggi sehingga sangat penting melawan radikal bebas penyebab kanker. Kandungan dalam kulit manggis xanthone juga dapat membantu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker.

Misalnya saja seperti kanker payudara dan kanker paru-paru. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa efek anti kanker dalam kulit manggis mampu menghambat perkembangan kanker usus besar.

Untuk daya tahan tubuh

Illustrasi daya tahan tubuh | Foto: Pexels

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam kulit manggis mampu menurunkan gejala peradangan dan meningkatkan daya tubuh. Sebuah studi menunjukan bahwa mengonsumsi suplemen ekstrak kulit manggis efektif untuk meningkatkan daya tubuh.

Oleh karena itu, ekstrak kulit manggis cocok dikonsumsi saat ini terutama untuk mencegah penularan penyakit seperti flu termasuk COVID-19

Membantu menurunkan berat badan

Illustrasi menurunkan berat badan | Foto: Pexels

Kulit manggis bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian yang dilakukan selama delapan minggu menunjukan orang-orang yang mengonsumsi jus kulit manggis dua kali sehari, memiliki indeks masa tubuh lebih rendah.

Kandungan antiinflamasi pada kulit manggis diyakini memiliki peran penting, khususnya meningkatkan metabolisme lemak. Oleh karena itu, kulit manggis cocok untuk menurunkan berat badan.

Mengontrol gula darah

Illustrasi kontrol gula darah | Foto: Pexels

Manfaat kandungan xanthone pada kulit manggis bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Hal ini ditunjukan pada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa ekstrak kulit manggis dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaga agar tetap stabil.

Oleh karena itu, kulit manggis menjadi salah satu obat herbal yang berpotensi untuk mencegah resistensi insulin dan diabetes.

Manfaat kulit manggis untuk kulit

Illustrasi manfaat kulit manggis untuk kulit | Foto: Pexels

Kandungan antiinflamasi, antibakteri, antijamur, antialergi, dan antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis dipercaya membantu mengurangi resiko beragam permasalahan kulit seperti peradangan kulit, penuaan kulit, eksim, alergi, dan infeksi bakteri.

Antioksidan dalam kulit manggis juga efektif untuk menghilangkan jerawat. Ini disebabkan karena antioksidan berperan penting untuk mengurangi spesies oksigen reaktif yang mempengaruhi pertumbuhan jerawat.

Untuk mengonsumsi kulit manggis, kamu bisa merebus, jus, dijadikan teh herbal, maupun suplemen. Terkait suplemen kulit manggis, kamu sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk memastikan keamanannya.

Begitu banyak manfaat kulit manggis yang baik bagi kesehatan tubuh. Tentu, manggis bisa kamu konsumsi sebagai upaya menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari beragam penyakit. Selamat hidup sehat, Goodmates!

Referensi: Kompas | Alodokter | Halodoc