Bukan Hanya Olahraga, 5 Hobi Berikut Bisa Jaga Diri Tetap Bugar
Menari jadi salah satu hobi yang bisa menjaga tubuh tetap bugar | Foto: Allegro

Menjaga kesehatan sangatlah penting. Tidak hanya menjaga kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga sama pentingnya. Terlebih pada masa-masa seperti saat ini. Menjaga tubuh bukan hanya dilakukan dengan olahraga, melakukan hobi juga bisa.

Ketika dilanda kebosanan saat work from home, tak jarang banyak orang yang menjadikan media sosial sebagai tempat pelariannya. Apakah kamu salah satunya? Padahal, sudah banyak penelitian yang juga menunjukan dampak lain dari media sosial. Salah satunya media sosial kerap kali mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Daripada menghabiskan waktu dengan scrolling media sosial untuk mengusir rasa bosan, mengapa tidak mencoba memiliki hobi-hobi baru? Faktanya, bukan hanya olahraga saja yang dapat menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Memiliki hobi juga mempunyai manfaat bagi kesehatan kita.

Dilansir dari Longevity, menurut penelitian yang dipublikasi di Procedia - Social and Behavioral Sciences Journal, hobi dapat membantu meningkatkan kebahagiaan, mengurangi kebosanan dan tingkat stres. Memiliki hobi juga dapat meningkatkan kreativitas dan kesehatan kognitif. Simak ragam hobi yang punya banyak manfaat bagi kesehatan diri berikut ini.

1. Menari

Menari bersama teman-teman | Foto: Pexels/Helena

Cause we don’t need permission to dance~ hayo, bacanya sambil nyanyi juga enggak, nih? Menari menjadi salah satu hobi yang menyenangkan dan kegiatan yang seru untuk menghabiskan waktu tanpa merasa kebosanan.

Menurut Longevity, menari dapat meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas. Tak hanya itu, menari juga bisa mengurangi risiko demensia, mengurangi stres, dan meningkatkan kebahagiaan.

Mengikuti alunan musik, menggerakan tubuh dan mengeluarkan keringat akan membantu menjaga tubuh kamu tetap bugar. Kapan lagi kan menggerakan tubuh dengan cara yang menyenangkan?

2. Menjadi relawan

Menjadi relawan lingkungan | Foto: Pexels/Anna Shevts

Ya, selain menjaga kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga sama pentingnya. Ada banyak segudang manfaat menjadi relawan pada kegiatan atau acara-acara tertentu.

Merangkum penjelasan oleh Help Guide, menjadi relawan memberikan manfaat untuk melawan efek dari stres, kemarahan dan kecemasan. Berkat kontak sosial yang dilakukan dengan memberikan bantuan serta bekerja bersama orang lain atau bersama hewan-hean dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi stres dan kecemasan.

3. Berkebun

ilustrasi berkebun. berkebun merupakan salah satu hobi yang bermanfaat menjaga tubuh tetap bugar. | Foto: Fort Bend County Libraries
Berkebun merupakan salah satu hobi yang bermanfaat menjaga tubuh tetap bugar | Foto: Fort Bend County Libraries

Kalau kamu belum pernah terpikirkan untuk mencoba berkebun, mungkin sekaranglah waktu yang tepat untuk memulainya. Fakta menariknya, berkebun memiliki manfaat untuk kesehatan.

Melansir dari Longevity pada sebuah penelitian yang dipublikasi melalui Medical Journal of Australia, menemukan bahwa rutin berkebun setiap hari dapat membantu mengurangi risiko demensia sebanyak 36 persen. Penelitian lain juga menemukan berkebun dapat membantu mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke sebanyak 30 persen.

Kelebihan lainnya, kamu memiliki aktivitas fisik yang memanfaatkan kekuatan dan ketangkasan tangan. Bunga atau sayur atau buah-buahan yang kamu tanam juga bisa dimanfaatkan untuk diri sendiri.

Tak perlu merasa bingung untuk mulai dari mana, sebab kamu dapat melihat ragam tutorial yang tersebar secara online. Khawatir tidak memiliki cukup lahan hijau terbuka untuk berkebun? Kini telah hadir berbagai macam cara menanam dengan memanfaatkan lahan-lahan terbatas.

4. Travelling & belajar bahasa baru

Travelling menjadi hobi | Foto: Pexels/Rodnae

Siapa yang tak suka travelling? Dapat melancong bepergian ke berbagai tempat baru tentu dapat memberikan pengalaman-pengalaman baru yang berharga dan tak terlupakan. Dengan mengunjungi tempat-tempat baru, kamu dapat memiliki perspektif baru saat memandang sesuatu.

Bertemu dengan banyak orang baru dan mempelajari budaya serta bahasa baru juga dapat memberikan kesempatan untuk dirimu bertumbuh. Selain itu, mempelajari bahasa baru juga dapat memperkuat daya ingat sebab diperlukan untuk mengingat vocabulary dan grammar yang baru.

5. Menulis

ilustrasi menulis buku harian. menulis merupakan salah satu hobi yang bermanfaat menjaga tubuh tetap bugar. | Foto: Freepik.com/Prambors FM
Menulis merupakan salah satu hobi yang bermanfaat menjaga tubuh tetap bugar | Foto: Freepik.com/Prambors FM

Sebuah perasaan atau pikiran-pikiran tertentu tidak mungkin selamanya akan dipendam. Seperti sebuah bom waktu, hanya tinggal menunggu waktu saja hingga semuanya akan meledak pada satu waktu. Begitu pula perasaan yang kita miliki.

Menulis dapat membantu kamu mengekspresikan diri. Baik menuangkan pemikiran atau meluapkan emosi, menurut Longevity kegiatan menulis dapat membantu memperkuat imun tubuh, mengurangi stres dan meningkatkan kreativitas.

Kamu dapat menulis melalui media yang membuatmu nyaman. Entah pada buku diary atau jurnal pribadi, atau juga melalui sebuah blog.

Masih banyak lagi berbagai macam hobi yang dapat menjaga tubuh kamu agar tetap bugar. Apa hobi yang kamu gemari, Goodmates?

Referensi: Longevity | Huff Post | Help Guide