Bukan Sekadar Jalan-Jalan, Berikut Hal yang Dipelajari di Sekolah Pariwisata
Sekolah Pariwisata | STPBI

Apa yang terbenak dalam pikiran Goodmates tentang Sekolah Pariwisata? Banyak yang mengira bahwa Sekolah Parawisata merupakan sekolah yang ideal bagi kamu yang senang belajar sebari jalan-jalan.

Tidak mengherankan, dari segi namanya saja sudah terlihat bahwa sekolah yang satu ini akan banyak mempelajari mengenai seluk beluk parawisata yang ada di nusantara maupun mancanegara.

Tetapi jangan salah, Goodmates! Di balik kesenangan, tentu akan ada kesulitan yang melanda. Sekolah Parawisata juga memiliki tingkat kesulitan yang sama seperti sekolah-sekolah tinggi pada umumnya.

Terdapat banyak pelajaran baik secara teori maupun praktek mengenai perhotelan, tour and travel, dan lainnya. Lantas, apa saja yang dipelajari di Sekolah Parawisata? Berikut informasinya.

Hal yang dipelajari di Sekolah Parawisata

Hal yang Dipelajari di Sekolah Parawisata | Unsplash - SPS Universal
Hal yang Dipelajari di Sekolah Parawisata | Unsplash - SPS Universal

Jalan-jalan mengelilingi tempat yang menakjubkan baik di dalam negeri maupun di luar negeri memang sudah menjadi ciri khas yang melekat jika kamu bersekolah di Sekolah Parawisata. Tidak hanya sekedar hiburan, tetapi juga pembelajaran mengenai tempat wisata, turis, serta kebudayaan yang dianut oleh penduduk yang menempati tempat tersebut.

Selain itu, di Sekolah Parawisata kamu juga akan belajar hal lain baik secara teori dan praktek yang tidak kalah seru dengan jalan-jalan, lho. Apa saja, ya?

1. Tourism Law

Siapa sangka jika bersekolah di Sekolah Parawisata itu tandanya akan dijauhkan dari aturan dan hukum? Tentu saja tidak, karena kamu akan mempelajari Tourism Law. Sama seperti pekerjaan pada umumnya, parawisata juga diatur oleh undang-undang yang harus dipatuhi oleh para pekerjanya kelak.

Dalam Tourism Law, kamu akan mempelajari mengenai aturan-aturan untuk mendirikan objek wisata, hotel, restoran, dan lainnya. Nantinya, kamu akan mengetahui pasal-pasal yang telah disepakati oleh pemerintah sehingga tidak ada lagi cerita membuat objek wisata tanpa adanya izin dan menyalahi aturan.

2. Statistik Parawisata

Setelah hukum, ada hitungan? Ya, kamu akan mempelajari hitungan pada mata pelajaran Statistik Parawisata. Tenang Goodmates, hitungan pada materi ini berbeda dengan matematika di SMA pada umumnya, kok!

Dilansir dari Ruang Guru, Statistik Parawisata akan membawa kamu belajar menghitung jumlah kunjungan wisatawan pada objek wisata untuk mengetahui demografinya. Sehingga kelak kamu dapat memprediksi dan membentuk kebijakan objek wisata tersebut.

3. Ekonomi Parawisata

Tidak hanya memberikan kesenangan bagi para wisatawan, keberadaan objek wisata juga menjadi faktor besar bertumbuhnya ekonomi pada sebuah negara. Hal tersebut akan kamu pelajari juga pada saat memasuki Sekolah Parawisata.

Sesuai dengan nama mata pelajarannya, Ekonomi Parawisata akan mengajarkan kamu bagaimana cara menghitung prediksi keuntungan dan juga kerugian dari segi makro dan mikro. Selain itu juga, kamu dapat memprediksi dampak dari tumbuhnya objek wisata tersebut bagi sekitarnya seperti daerah tempat objek wisata berdiri dan lainnya.

4. Ekowisata

Eits, mata pelajaran ini berbeda dengan Ekonomi Parawisata, ya! Dikutip dari Sun Education, Ekowisata akan mempelajari cara pengembangan wisata yang berlandaskan lingkungan dan mengutamakan aspek konservasi alam.

5. Geografi Parawisata

Mendirikan objek wisata tentu perlu mengenal wilayah yang akan dijadikan tempat wisata tersebut dibentuk. Nantinya, kamu akan pelajari itu di mata pelajaran Geografi Parawisata, seperti pembelajaran geografi pada umumnya kamu akan mengenal pemetaan wilayah baik dari segi daerah, provinsi, dan lainnya.

Nantinya juga kamu dapat memprediksi seperti apa wilayah yang sesuai dengan tema objek wisata yang akan didirikan. Tentu saja tempat yang sesuai akan mendukung kehebatan objek wisata buatanmu, bukan?

6. Tourism Behaviour

Belajar psikologi di Sekolah Pariwisata? Kenapa tidak, Goodmates! Membangun objek wisata tidak hanya sekedar mencari keuntungan, kamu juga harus mementingkan masyarakat yang akan mengunjungi objek wisatamu.

Dengan Tourism Behaviour, kamu akan mengenal dari segi psikologis mengenai bagaimana reaksi para pengunjung mengenai objek wisatamu. Sehingga nanti kamu dapat memprediksi apa yang tidak disukai dan apa yang disukai oleh mereka untuk kamu jadikan evaluasi nantinya.

7. Bahasa dan Budaya

Pastinya Goodmates masih ingat dengan topik jalan-jalan yang sebelumnya sudah kita bahas sebelumnya, bukan? Jalan-jalan juga merupakan bagi pembelajaran bagi siswa Sekolah Parawisata dengan tujuan dua diantaranya adalah untuk mempelajari bahasa serta budaya daerah yang dikunjungi.

Dengan mengenal bahasa dan budaya, tentu saja akan mempermudah kita berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, para stakeholder yang membantu jalan pembangunan objek wisata, serta para wisatawan juga.

Prospek kerja lulusan Sekolah Parawisata

Prospek Kerja Lulusan Sekolah Pariwisata | Unsplash - Hunters Race
Prospek Kerja Lulusan Sekolah Pariwisata | Unsplash - Hunters Race

Parawisata merupakan salah satu sektor industri yang sangat luas dan memberikan impact besar khususnya pada ekonomi negara. Tentu saja sektor ini memberikan peluang yang besar bagi para lulusan Sekolah Parawisata.

Dilansir dari Quipper, pilihan kerja yang dapat dipilih oleh para lulusan Sekolah Parawisata adalah Wedding Organizer, Tour Guide, Sales Hotel, Staf Maskapai Penerbangan, dan lainnya.

Jika kamu berkenan, kamu juga dapat membuat hotel, restoran, cafe, atau juga objek wisata versimu sendiri. Apakah kamu tertarik untuk menjadi salah satu siswa dari Sekolah Pariwisata?

Referensi: Ruang Guru | Sun Educations | Quipper