Bulu Kucing Dapat Mengakibatkan Susah Hamil? Simak Faktanya!
Bulu Kucing | Unsplash - Jonathan Cooper

Kehadiran anak bulu menggemaskan seperti kucing di rumah rasanya sudah tidak aneh lagi, sebab kucing menjadi salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh sebagian manusia, sama seperti anjing pada umumnya.

Jika Kawan menjadi salah satu pemilik si anabul, rasanya sudah tidak asing dengan kehadiran bulu yang menempel pada baju dan furnitur rumah, dan juga kotoran di pasir yang harus dibersihkan setiap harinya.

Walau menggemaskan dan disukai banyak orang, tak jarang juga lho kehadiran kucing ditakuti oleh sebagian orang terutama perempuan yang belum maupun yang tengah hamil. Hal tersebut dikarenakan bulu kucing yang katanya berpotensi menularkan virus Toksoplasma yang menyebabkan para kaum hawa ini sulit memiliki keturunan alias sulit hamil.

Apakah Kawan pernah mendengar hal tersebut? Kira-kira benar tidak ya bulu kucing dapat menyebabkan sulit memiliki keturunan? Simak faktanya sebagai berikut.

Benarkah Bulu Kucing Dapat Sebabkan Susah Hamil?

Kucing | Unsplash - Paul Hanaoka
Kucing | Unsplash - Paul Hanaoka

Mitos atau fakta bulu kucing dapat sebabkan susah hamil? Pertanyaan ini memang riskan dan harus diluruskan agar tidak salah kaprah. Faktanya dilansir dari Popmama, memang betul kucing merupakan salah satu hewan yang dapat menularkan virus Toksoplasma. Namun bukan karena bulunya, namun karena kotoran yang dihasilkan oleh kucing.

Eits, namun Kawan juga harus garis bawahi bahwasannya tidak semua kucing mengalami Toksoplasma. Hewan yang pernah tertular penyakit Tokso kemungkinan adalah hewan yang pernah memakan tikus, burung, ataupun juga hewan yang tidak terjaga kebersihannya.

Walaupun begitu, kita juga dapat terkena penyakit Tokso tanpa menyentuh kucing, lho. Dilansir dari Hello Sehat, virus Toksoplasma juga dapat menjangkit tubuh jika kita pernah memakan daging mentah, buah, ataupun sayur yang menyentuh tanah yang kemungkinan pernah menjadi tempat pembuangan kucing.

Apa yang Harus Kita Lakukan?

Langkah Pencegahan dari Kucing | Unsplash - kazuend
Langkah Pencegahan dari Kucing | Unsplash - kazuend 

Bagi Kawan yang mungkin sudah memelihara kucing, tidak perlu risau setelah mendengar fakta yang telah disampaikan di atas. Sebab ada langkah pencegahan yang bisa Kawan lakukan untuk mencegah penyakit Tokso ini masuk ke dalam tubuh.

Jaga Kebersihan Kandang dan Kucing

Hal pertama yang harus Kawan pastikan adalah kebersihan kandang, pastikan kandang kucing selalu bersih. Namun karena kotoran kucing menjadi penyebab utama datangnya virus, akan lebih baik jika Kawan yang tengah hamil bisa meminta bantuan orang lain untuk membersihkan kotorannya.

Namun jika memang terpaksa dan tidak punya orang untuk diminta bantuan, Kawan bisa menggunakan sarung tangan untuk membersihkan kotoran tersebut dan langsung membuangnya agar tidak terkontaminasi.

Tidak lupa dengan memperhatikan kesehatan si anabul. Sama seperti manusia, hewan juga harus diperhatikan kebersihannya. Mungkin cara seperti grooming bisa Kawan coba. Tak lupa juga untuk memperhatikan jadwal vaksin, dan juga vitamin yang di konsumsi untuk memperkuat daya imun kucing.

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi Kucing

Makanan menjadi hal faktor utama yang harus diperhatikan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kucing bisa terkena virus jika mengkonsumsi daging mentah, atau hewan yang tidak diketahui keberadaannya darimana seperti burung, tikus, dan lainnya.

Akan lebih baik jika Kawan memberikan si anabul makanan khusus kucing yang biasa disediakan di pet shop. Jika memang ingin membuat makanan sendiri pun boleh, namun harus diperhatikan tingkat kematangannya ya.

Sebaiknya Kucing Tidak Dikeluarkan dari Rumah

Bagi Kawan yang memiliki kucing yang 'malas', harus banyak bersyukur karena jarang keluar rumah. Namun jika sebaliknya, Kawan harus mulai memperhatikan kemana kucing Kawan pergi. Namun ada baiknya jika Kawan tidak mengeluarkan kucing dari rumah untuk sementara.

Dilansir dari Alo Dokter, ada baiknya juga Kawan menghindari untuk mengadopsi kucing terlebih dahulu terlebih lagi kucing liar sebab ada kemungkinan besar kucing liar telah terjangkit virus tersebut.

Mencuci Makanan dan Kurangi Memakan Daging Mentah

Hal ini ditunjukan untuk para kaum hawa yang memelihara maupun tidak memelihara kucing. Seperti yang disebutkan sebelumnya, makanan juga menjadi salah satu faktor yang membuat virus masuk ke dalam tubuh.

Ada baiknya jika Kawan sedang hamil, Kawan mulai memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Pastikan buah dan sayur dicuci bersih, dan kalau bisa mulai mengurangi konsumsi daging mentah untuk saat ini sebagai tindak pencegahan.

Mencuci Tangan Sebelum Makan

Kekuatan mencuci tangan memang sangat besar. Salah satunya adalah menghindarkan kita dari penyakit Tokso ini, sebab tangan berperan besar dalam segala aktivitas yang kita lakukan. Lingkungan sekitar kita tidak dapat menjamin berkembangnya bakteri dan virus.

Maka dari itu, wajib hukumnya mencuci tangan sebelum makan untuk hindari kita dari virus dan bakteri mematikan lainnya.

Bagaimana Kawan, sudah mulai paham mengenai keberadaan kucing serta bulunya? Kali ini jangan sampai salah, ya. Bukan bulunya yang menjadi akar keberadaan penyakit Tokso, namun kotorannya. 

Referensi: Popmama Hello Sehat | Alo Dokter