Canggih! Ada Kacamata Pintar Mampu Ambil Foto dan Dengarkan Lagu
Ilustrasi kacama pintar Ray-Ban Stories. | Sumber: BlackExperience.com

Mungkin kamu pernah melihat film yang memiliki cerita seorang mata-mata atau intelijen yang memiliki berbagai macam peralatan canggih untuk membuntuti musuhnya. Misalnya, seperti kacamata super canggih yang tidak hanya dapat menjadi aksesoris penyamaran dan melindungi mata dari silaunya matahari, tetapi dapat memotret atau merekam kejadian di sekitar.

Kamu pernah berkhayal memiliki sebuah kacamata canggih tersebut? Pasalnya, bisa jadi mimpimu akan menjadi kenyataan dengan teknologi baru yang dibuat oleh Facebook.

Mendengar kata Facebook mungkin akan mengingatkanmu dengan salah satu media sosial bernuansa biru. Tapi baru-baru ini, perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini juga merilis produk-produk teknologi.

Di antaranya perangkat VR (Virtual Reality) Oculus, aplikasi VR Horizon Workrooms, dan yang terbaru adalah smart glasses Ray-Ban Stories. Kacamata pintar ini merupakan hasil kerjasama Facebook dengan EssilorLuxottica, perusahaan yang membuat kacamata Ray-Ban.

Smart Glasses Ray-Ban Stories: Mulai dari dengarkan lagu hingga mengambil foto

Dilengkapi dengan kamera 5MP, Smart Glasses Ray-Ban Stories mampu mengambil foto dan video. | Sumber: The Verge
Dilengkapi dengan kamera 5MP, Smart Glasses Ray-Ban Stories mampu mengambil foto dan video. | Sumber: The Verge

Meski bentuknya terlihat seperti kacamata biasa, tapi jangan salah, Goodmates. Melansir situs resmi Ray-Ban, kacamata pintar ini dapat mengambil foto, merekam video, mendengarkan musik, menerima panggilan telepon, dan membagikan konten langsung ke media sosial milik kita. Wah, keren banget, ya?

Kacamata pintar ini tersedia dalam 20 variasi yang memiliki beragam bentuk bingkai dan lensa yang bisa disesuaikan dengan selera kamu. Mengutip penjelasan oleh NBC News, smart glasses Ray-Ban Stories dilengkapi dengan dua kamera yang memiliki kualitas 5 Megapiksel, dengan fitur ini kamu bisa mengambil foto dan merekam video maksimal sepanjang 30 detik.

Kamu bisa mengklik tombol di frame kacamata atau menggunakan perintah suara dari Facebook Assistant, dengan kata sederhana “hey Facebook” kemudian arahkan perangkat untuk mengambil gambar atau mulai merekam video.

Ingin mendengarkan lagu atau siniar favoritmu? Tenang saja, kacamata pintar ini juga dilengkapi dengan speaker mikro telinga terbuka dan tiga mikrofon. Kamu dapat menghubungkan gawai ke kacamata melalui bluetooth.

Terdapat touchpad yang ada di lengan frame kacamata untuk memudahkan kamu menyesuaikan volume suara, serta mengatur memutar atau menjeda konten audio. Selain mendengarkan lagu atau siniar, kamu juga dapat menerima telefon.

Setelah mengambil foto atau video, ingin langsung mengunggahnya ke media sosial? Hal ini mungkin terjadi dengan kacamata pintar milik Ray-Ban Stories. Dengan memasangkan kacamata ke aplikasi Facebook View yang terbaru, kamu dapat mengimpor foto atau video ke aplikasi, mengedit dan membagikannya ke media sosial kesayanganmu seperti Facebook, Instagram, TikTok, WhatsApp dan lainnya. Kamu juga dapat menyimpan hasil foto atau video tersebut ke gawai milikmu.

Kacamata pintar ini dilengkapi dengan wadah pengisi daya portabel yang mampu memberi daya ulang kacamata hingga tiga kali sebelum perlu mengisi daya ulang sendiri. Jika ingin memakainya sebagai kacamata biasa tanpa fitur pintar, kamu dapat mematikan fitur kamera dan mikrofon. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Referensi: Kompas.com | NBC News | Daily Social ID | Ray-Ban