Canggih! Ada Teknologi Bisa Ubah Kata jadi Gambar
Tampilan GauGAN2, teknologi yang menyulap kata menjadi gambar. | Sumber: VOI ID/NVIDIA

Dua gundukan gunung berwarna biru atau hijau, jalanan lurus atau berkelok yang membentang muncul dari tengah-tengah pegunungan, dan sawah hijau di kanan kirinya. Tidak lupa membubuhkan gumpalan awan serta satu dua burung yang sedang terbang di langit. Siapa masih ingat dengan gambar legendaris ini?

Mungkin Kawan masih ingat saat dahulu bersekolah di taman kanan-kanak atau di sekolah dasar, ketika ada tugas kesenian dan diminta menggambar, gambar ini pasti akan ditemukan. Entah digambar oleh teman-teman sekelas atau oleh Kawan sendiri.

Sekarang dengan kehadiran teknologi yang semakin maju, hanya mengetikan kata-kata dapat menghasilkan suatu gambaran utuh lo! Wah, memang secanggih apa sih sampai bisa menyulap kumpulan kata menjadi sebuah gambar? Mari berkenalan dengan teknologi GauGAN2.

Serba-serbi GauGAN2, si pesulap kata menjadi gambar

Memanfaatkan kecerdasan buatan dan teknologi deep learning, GauGAN2 mampu merubah kata-kata menjadi gambar. | Sumber: NVIDIA
Memanfaatkan kecerdasan buatan dan teknologi deep learning, GauGAN2 mampu merubah kata-kata menjadi gambar. | Sumber: NVIDIA

Memanfaatkan kecerdasan buatan dan teknologi deep learning, GauGAN2 mampu merubah kata-kata menjadi gambar. | Sumber: NVIDIA

Menggunakan kecerdasan buatan, NVIDIA Corporation sebuah perusahaan teknologi multinasional Amerika baru saja meluncurkan produk baru mereka yang diberi nama GauGAN2. Mengutip dari NVIDIA, GauGAN sendiri berasal dari seorang pelukis pasca-impresionisme yang berasal dari Prancis bernama Paul Gauguin.

Apabila sebelumnya pada GauGAN versi pertama di tahun 2019, menawarkan sketsa sederhana yang dibikin oleh manusia kemudian dapat merubahnya menjadi gambar foto realistik, kini setelah terus melakukan perkembangan, pada GauGAN versi kedua yang diluncurkan pada tahun 2021 ini dapat membentuk gambar hanya bermodalkan menulis tiga hingga empat kata saja.

Cukup mengetikan frasa seperti “deburan ombak air laut di pantai” dan AI (Artificial Intelligence) dapat menghasilkan pemandangan secara real time. Kawan juga dapat menyesuaikan gambar sesuai keinginan, sebab dilansir dari NVIDIA, GauGAN2 menggabungkan pemetaan segmentasi, pengecatan, dan pembuatan teks menjadi gambar dalam satu model.

Sketsa yang telah terbentuk menggunakan teknologi teks menjadi gambar dapat dijadikan sebagai titik awal. Kemudian, pengguna dapat mengubah sketsa dengan fitur-fitur yang telah ada. Fitur ini dapat digabungkan ke dalam gambar yang telah dibentuk oleh teknologi GauGAN2. Ingin membuat gunung terlihat lebih tinggi? Atau menambahkan beberapa awan di langit? Sama seperti teknologi GauGAN versi pertama, tinggal mengatur titik awal saja sesuai keinginan dan kebutuhan, lalu jadilah mahakarya!

Teknologi GauGAN2 menggunakan teknologi deep learning. Model kecerdasan buatan yang digunakan oleh GauGAN2 telah dilatih pada sepuluh juta gambar lanskap berkualitas tinggi menggunakan NVIDIA Selene supercomputer. Para peneliti yang mengembangkan teknologi ini telah menggunakan jaringan saraf yang mempelajari hubungan antara kata-kata dan visual yang dapat disesuaikan seperti “berkabut” atau “musim dingin”. Hanya dengan memasukan beberapa kata atau menambahkan kata sifat, dapat langsung membentuk sebuah gambar.

Menarik, ya? Bagi Kawan yang tertarik mencoba teknologi GauGAN2, kini tersedia versi demo-nya yang dapat dicoba melalui situs resmi NVIDIA. Hanya dengan memasukan beberapa kata, kini Kawan dapat menghasilkan gambar yang menakjubkan. Selamat mencoba!

Referensi: Voi ID | Gamebrott | NVIDIA