Hindari Boros, Begini Cara Atur Keuangan Saat Bulan Puasa
Ilustrasi atur keuangan saat bulan puasa | Foto: Pixabay/Pexels

Bulan puasa menjadi saat yang istimewa bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia. Melaksanakan ibadah puasa, sahur, dan tarawih menjadi fokus utama saat Ramadan.

Hal ini tentunya memerlukan banyak persiapan yang matang, seperti fisik, mental, dan batin. Meski begitu, rupanya ada hal lain yang perlu kamu persiapkan dan perhatikan selama bulan puasa berlangsung. Hal tersebut adalah anggaran pengeluaran.

Anggaran menjadi satu hal penting karena di bulan puasa karena seringkali kita memiliki banyak keinginan yang ingin terpenuhi. Maka, terkadang secara tidak sadar, pengeluaran Goodmates bisa menjadi lebih besar dari bulan biasanya.

Namun, Goodmates tidak perlu khawatir. Ada beberapa hal yang patut kamu pertimbangkan untuk mengantisipasi godaan agar pengeluaran tidak membengkak di bulan puasa.

1. Buat Daftar Pengeluaran

Ilustrasi anggaran keuangan | Foto: Pexels

Dengan membuat daftar pengeluaran selama bulan puasa, bisa menjadi awal untuk Goodmates mengetahui berapa besar dana yang kamu butuhkan.

Dahulukanlah daftar prioritas, seperti biaya operasional rumah, dana buka puasa atau sahur, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Baca juga: Daftar Aplikasi di Android dan IOS untuk Menunjang Ibadah Selama Ramadan

Jangan lupa juga untuk menyiapkan daftar menu masakan selama satu bulan penuh agar dapat berbelanja sesuai kebutuhan menu masakan. Selalu sediakan dana cadangan untuk hal tak terduga, seperti acara buka puasa bersama, membeli baju baru, dan lain-lain.

Selain itu, Goodmates juga harus cermat dan konsisten memilih mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang hanya sekadar keinginan. Jika hanya menuruti keinginan yang sebenarnya kurang kamu perlukan, hal itu bisa mengakibatkan pemborosan.

2. Batasi Acara Buka Bersama di Luar

Ilustrasi buka puasa bersama | Foto: Pexels

Bulan puasa terasa kurang lengkap rasanya jika tidak mengadakan acara buka puasa Bersama. Berkumpul dan bertemu dengan teman, rekan kerja, atau keluarga untuk melakukan buka seakan menjadi jadwal yang sayang untuk kita lewatkan.

Meski menyenangkan, hal ini tentu akan membuat kita semakin boros. Ada baiknya untuk lebih berhemat dengan berbuka puasa di rumah dengan sajian makanan yang sederhana. Hal ini akan mengurangi pengeluaran selama bulan puasa.

Baca juga: Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan Selama Berpuasa

3. Hindari Pengeluaran Tidak Perlu

Ilustrasi anggaran keuangan | Foto: Pexels

Cara mengatur keuangan selama bulan puasa selanjutnya adalah dengan menghindari pengeluaran yang tidak perlu. Sama halnya dengan menahan godaan untuk makan dan minum, kita juga harus bisa menahan keinginan untuk berbelanja selama bulan puasa.

Meski banyak promosi dan diskon yang menjadi godaan berat, Goodmates harus sebisa mungkin menahan diri untuk tidak boros, lo. Selalu utamakan semua kebutuhan yang lebih penting selama bulan ini, setelah itu barulah gunakan dana lebih untuk berbelanja.

Namun, perlu kamu ingat juga, kendalikan diri agar pengeluaran tidak membengkak. Tetaplah berkomitmen pada perencanaan yang telah kamu siapkan.

Catatan pengeluaran yang penting juga bisa menjadi cara mengatur anggaran bulan puasa. Dengan mencatat pengeluaran, Goodmates bisa mengetahui berapa biaya yang sudah kamu keluarkan sehingga bisa menjadi pengingat agar bisa lebih berhemat.

Baca juga: Resep Makanan Tanpa Minyak, Bisa jadi Menu Sahur dan Berbuka Puasa

4. Sisihkan Dana Zakat dan Hari Raya

Ilustrasi pembagian zakat | Foto: Pexels

Jangan lupa untuk menyisihkan dana khas Ramadan, seperti zakat fitrah dan memberikan bingkisan untuk keluarga maupun kerabat. Selain itu, Goodmates juga harus memperhatikan harga kebutuhan pokok yang kerap meningkat jelang Hari Raya Idulfitri.

Untuk Goodmates yang ingin pergi mudik, siapkan juga dana tambahan untuk pulang kampung dan dana bingkisan lebaran untuk keluarga, rekan kerja, dan teman-teman di kampung halaman.

Jadi, sudah paham kan apa saja hal yang patut kamu pertimbangkan agar keuangan Goodmates tidak boros saat bulan puasa? Dengan begitu, pengeluaran kamu jadi lebih aman dan terkontrol. Selamat berpuasa, Goodmates!

Referensi: Kumparan | Tempo | Kompas

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.