Ingin Tahu Cara Hadapi Orang Temperamental? Simak Langkah Berikut!
Ilustrasi Temperamental | Foto: Freepik.com

Apakah kalian pernah berhadapan dengan orang yang mudah marah? Emosi di saat tiba-tiba? atau bahkan ada yang sampai membanting-banting barang di sekitarnya?

Ya, orang seperti itu adalah orang yang temperamental.

Apa sih temperamenal itu? Temperamental atau emosi berlebihan merupakan salah satu ciri dari kepribadian yang terjadi ketika seseorang berada di bawah tekanan atau stres. Pada saat berada di bawah tekanan, emosi seseorang dapat menjadi tidak terkendali, mudah melampiaskan kemarahan kepada orang yang berada di sekitarnya.

Namun, temperamental ini pun banyak faktornya. Bisa saja karena seseorang, lingkungan pertemanan, keluarga, budaya, bahkan pengalaman hidup pribadi seseorang tersebut. Temperamen memberikan pengaruh terhadap sikap dan perilaku, serta cara Anda berinteraksi dengan orang lain.

Ilustrasi Orang Temperamental | Foto : Unsplash

Bagaimana Menghadapi Orang Berwatak Temperamental?

nda memiliki pasangan, saudara, orangtua, atau teman yang temperamental, Anda bisa membantunya untuk mengurangi kebiasaan mudah marahnya dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Menjadi Pendengar yang Baik

Ilustrasi Menjadi Pendengar yang Baik | Foto : Unsplash

Cara utama menghadapi orang temperamental adalah berusaha menjadi pendengar yang baik saat ia menyampaikan perasaannya. Saat merasa didengar, orang temperamental akan lebih mudah memahami bagaimana sudut pandang orang lain terhadap masalah yang dihadapinya. Dengan begitu, ia bisa menerima masukan yang kita berikan.

2. Memberikan Ruang Waktu untuk Sendiri

Ilustrasi Menyendiri | Foto : Unsplash

Memiliki waktu untuk sendiri adalah sebuah keharusan. Menurut para ahli, bahwasanya mengkhususkan waktu untuk menyendiri dapat membantu untuk menenangkan diri dan berpikir lebih jernih. Maka, sudah sepantasnya kita memberikan waktu untuk orang temperamental agar menyendiri untuk beberapa saat. Dengan begitu, barangkali bisa meredakan emosinya kepada orang lain.

3. Membantu Mencari Tahu Penyebabnya

Ilustrasi saling bertukar pikiran | Foto : Unsplash

Ketika dalam suatu kesempatan bersama, ada baiknya kita coba untuk membantu mencari tahu faktor penyebab orang tersebut menjadi temperamental. Dengan begitu, kita bisa mencari solusi agar bisa menghindari berbagai situasi yang dapat memancing perasaan marah tersebut.

Tak hanya itu, mengidentifikasi penyebabnya juga bisa membantu orang dengan watak tempramental dalam mengontrol emosi dan menyampaikan amarahnya dengan cara yang lebih baik dan tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Nah, itulah beberapa tips menghadapi orang dengan watak temperamental. Jangan lupa untuk melakukannya dengan perkataan yang baik ya teman-teman! Supaya merasuk ke dalam hati orang tersebut.

 

Referensi:  Hello Sehat | Alodokter | Telisik