Kunci Sukses dalam Hidup, Simak Cara Membangun Grit
Grit sebagai kunci kesuksesan hidup | Foto: Getty Images/Inc.

Goodmates, apa resolusi kamu pada 2022 ini? Umumnya, setiap tahun seseorang membangun resolusi yang berisikan kumpulan goals yang ingin tercapai. Ketika akan mewujudkannya, tentu membutuhkan berbagai macam strategi hingga niat dan kekuatan. Salah satu yang kamu perlu miliki adalah grit.

Apa itu grit? Sebagian dari kamu mungkin masih merasa kurang familiar dengan istilah satu ini. Mengutip penjelasan oleh kompas.com, grit atau kegigihan merupakan sebuah upaya untuk mencapai tujuan, salah satu penentu keberhasilan seseorang.

Menurut Angela Duckworth seorang profesor psikologi di University of Pennsylvania dan juga penulis dari buku Grit: The Power of Passion and Perseverance, kegigihan adalah ketekunan juga gairah untuk mencapai suatu tujuan jangka panjang.

Seseorang yang memiliki grit yang tinggi, mampu untuk bertahan menuntaskan tugas atau tujuan yang belum berhasil tercapai meski harus menghadapi berbagai kesulitan.

Dalam dimensi grit, Angela Duckworth membaginya menjadi dua. The power of passion ialah kemampuan untuk mempertahankan minat pada satu tujuan, sedangkan the power of perseverance suatu kemampuan seseorang untuk tetap berjuang mencapai tujuan jangka panjang meski ada banyak hambatan.

Baca juga: Rendahnya Self Esteem Pengaruhi Pikiran Negatif Diri Sendiri

Angela Duckworth melakukan penelitian mengenai grit ini. Melalui penelitian tersebut, ia menemukan bahwa bakat terhitung sekali, usaha terhitung dua kali. Menurutnya, tanpa menyertakan usaha, bakat yang kita miliki hanyalah sebuah potensi keterampilan yang belum termanfaatkan

Cara Membangun Grit

ilustrasi menyusun goals atau tujuan sebagai salah satu cara membangun grit | Foto: Codemi
Menyusun goals atau tujuan sebagai salah satu cara membangun grit | Foto: Codemi

Kalau sudah tahu pentingnya memiliki grit dalam hidup ini, kamu bisa mulai mnerapkan cara membangun grit. Merangkum penjelasan oleh Sanger Leadership Center University of Michigan, pertama-tama kamu perlu memperjelas goals yang ingin kamu capai.

Kalau kamu masih kesulitan untuk memetakan goals kamu dengan jelas, Angela Duckworth menyarankan proses tiga langkah dari Warren Buffet yang bisa kamu terapkan. Pertama, tuliskan daftar 25 tujuan karier atau impian yang ingin kamu capai.

Kemudian, lingkari lima tujuan dengan prioritas paling tinggi. Setelahnya, melihat kembali pada 20 goals yang tersisa. Mana di antaranya yang paling mendukung lima prioritas tujuan tertinggi kamu? Kamu tinggal menghindari tujuan lainnya agar lebih fokus menggapai prioritas yang telah kamu susun.

Baca juga: Melihat Ragam Tradisi Minum Teh Unik dari Seluruh Dunia

Kedua, kamu perlu menemukan minat dirimu sendiri. Memiliki minat bisa menjadi sumber dari passion atau gairah. Menurut Sanger Leadership Center University of Michigan, sebuah fakta mengatakan orang cenderung lebih puas ketika mengerjakan kegiatan yang sesuai dengan minat pribadi mereka.

Meski begitu, menemukan minat memang bisa menjadi tantangan tersendiri. Kamu mungkin butuh waktu untuk menemukannya. Menemukan minat bisa kamu lakukan dengan cara banyak mengeksplor atau mencoba berbagai macam hal.

Kemudian, lakukan apa yang sebenarnya suka kamu pikirkan, pedulikan, dan sangat penting bagi kamu. Ketiga, practice makes perfect. Salah satu cara agar cepat menguasai sesuatu adalah dengan banyak mempraktikannya dan terus mengulanginya berulang kali.

Baca juga: Fakta Menarik Moon Knight, Serial Marvel yang Rilis 30 Maret 2022

Selanjutnya, pada cara keempat ini memiliki hubungan dengan cara pertama, yakni kamu perlu mengetahui apa tujuanmu. Ketika ada momen saat rintangan terus menghadang kamu, ingatlah kembali tujuan yang ingin kamu capai dan jangan menyerah.

Last but not least, melatih self-talk yang positif dan optimis. Mempraktikkan growth mindset sangat penting untuk membangun grit. Pola pikir yang membangun dan maju serta kalimat-kalimat positif yang menyemangati diri, akan membantu untuk membangun grit dan melewati hambatan.

Referensi: Sanger Leadership | Better Humans | Kompas