Kenali Cara Atasi Terlena Paylater
Ilustrasi | Source: Lifepal

#FutureSkillsGNFI

Generasi z siapa sih yang tidak mengenal Paylater?, fitur yang ditawarkan oleh ecommerce untuk menarik minat generasi z agar memudahkan untuk berbelanja. Generasi saat ini tidak jarang yang menggunakannya, bagaimana tidak? Selain Fiturnya yang memudahkan pembayaran untuk berbelanja online ternyata Paylater juga menawarkan cicilan hingga 6-12 bulan dengan jumlah tertentu, dari kelebihan tersebut maka paylater sangat digandrungi oleh masyarakat terutama generasi z.

Kemudahan untuk belanja hari ini dan bayar nanti, saat ini sudah menjadi kebiasaan yang melekat pada generasi z, sehingga aktivitas tersebut sudah terdengar biasa lagi, padahal fitur paylater sama halnya dengan mengutang bahkan lebih dari itu.

Ketika orang tua zaman dulu bilang berutanglah ketika keadaan mendesak dan penting, artinya jika memang tidak penting lebih baik tahan terlebih dahulu dan beli nanti ketika sudah memiliki uang. Tetapi berbanding terbalik dengan generasi z saat ini, pemakain paylater seakan menjadi penyelamat saat kepepet ingin berbelanja, ternyata Tidak jarang paylater digunakan hanya untuk sekadar memenuhi keinginan, mereka cenderung membeli barang yang dirasa tidak penting.

Hati-hati untuk generasi z yang sudah terlanjur memakai paylater, ternyata dibalik kemudahan dan kecanggihan dalam menggunakannya,  tentu memiliki dampak negatif tersendiri bagi penggunanya, salah satunya yaitu adanya efek kecanduan. Karena dengan sentuhan layar diponsel saja sudah bisa membeli segalanya, dan  tanpa perlu repot barang yang kita inginkan akan datang dengan segera, maka disinilah timbul rasa kenyamanan dan terlena, akhirnya karena merasa enak dengan kebiasaan tersebut, alhasil akan terus menerus dilakukan. Yang pada akhirnya akan kbiingungan sendiri ketika akan membayar cicilannya.

Maka agar tidak terlena dengan kebiasan yang kurang baik, diperlukan cara dan langkah untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa cara untuk menghindari kebiasaan menggunakan paylater:

Menjauhkan diri dari Aplikasi

Kecanduan paylater tadinya memang berasal dari aplikasi yang menyediakan fitur, Kecanduan membuatmu terus mendambakan barang tersebut karena substansi di otak terus tercipta akibat konsumsi. Untuk mengurangi produksi substansi tersebut, tentu saja konsumsi itu harus dikurangi.

Mau tidak mau, menjauhkan barang yang menciptakan kecanduan adalah hal utama menyembuhkan candu itu. Memang dirasa sangat sulit tapi semua butuh waktu jika kita benar-benar ingin berhenti menggunakan fitur tersebut maka dengan menjauhkan diri dari aplikasi yang memiliki fitur paylater sangat efektif. Tidak bisa langsung dijauhkan. Harus dikurangi secara perlahan-lahan.

 Mengasah Keterampilan

Cara yang kedua yaitu dengan mengasah keterampilan, aktivitas ini dirasa cukup efektif, Kembalinya seseorang ke barang yang dicandu bisa terjadi karena tidak adanya aktivitas. Menyibukkan diri dengan aktivitas lain bisa sangat membantu melupakan barang candu tersebut. Maka dengan cara melakukan hal-hal yang menjadi hoby kamu, seperti membaca, mendengarkan musik, menonton, dan lain sebagainya. Sehingga kamu dapat teralihkan dari kebiasaan membuka aplikasi yang memiliki fitur paylater.

Mengetahui Porsi Keinginan dan kebutuhan

Cermati setiap apa yang kamu inginkan bukan berarti itu kebutuhan, maka mecoba memetakan mana yang menjadi kebutuhan dan hanya sekadar keinginan agar setiap porsinya tertata dengan maksimal dan keuangan dapat terkontrol. Bila perlu berkomitmenlah sama diri kamu sendiri bahwa setiap keinginan tidak melulu harus dikabulkan karena keinginan sifatnya tidak terlalu penting, maka porsinya secukupnya saja, selain itu tegas pada batasan untuk mengontrol diri juga dirasa sangat diperlukan saat memutuskan mana keinginan dan mana kebutuhan di sanalah kita dapat tegas pada diri sendiri untuk mengatakan tidak pada setiap keinginan.

Jauhi lingkungan yang dapat memengaruhi

Peran lingkungan sekitar sangat memengaruhi pada setiap keputusan dan langkah yang diambil oleh diri sendiri, sebagai contoh kamu memiliki teman yang suka berbelanja online dan menggunakan fitur paylater karena setiap hari sering berkomunikasi dengannya maka tidak menutup kemungkinan kamu juga akan terbawa dengan kebiasaan temanmu tersebut. Maka kurangilah interaksi dengan lingkungan yang dapat memengaruhi dirimu sendiri.