Klien yang Banyak Mau dan Menyebalkan? Bagaimana Cara Menghadapinya?
Ilustrasi Klien Banyak Mau dan Menyebalkan | Foto: Freepik.com/yanalya

Dalam dunia kerja, keberadaaan klien tentu menjadi prioritas utama dalam keberhasilan karir dan nama baik perusahaan. Terlebih, kepuasan klien menjadi nilai tambah untuk bisnis yang sedang dijalani.

Agar proyek berjalan mulus, tentu kita harus terus menjalin hubungan baik dengan klien. Tapi kenyataannya, tidak semua klien bisa bekerja sama dengan baik, bahkan tak sedikit diantara mereka yang bersikap menyebalkan. Entah itu banyak permintaan, suka marah-marah, cerewet, atau bahkan hobi mencari-cari kesalahan. Nyebelin banget, kan?

Nah, kalau kamu ngerasa lagi di posisi tersebut, pas banget nih Goodmates. Karena kami akan membahas strategi khusus untuk menghadapi tingkah ajaib sang klien dengan tetap profesional.   

  1. Tak Kenal Maka Tak Sayang
Ilustrasi tak kenal maka tak sayang
Freepik.com/freepik

Seperti judul di atas, sebaiknya kenali dengan baik seperti apa karakter dan permintaan yang diinginkan klien. Hal ini bisa kamu amati saat pertama kali bertemu atau ngobrol lebih lanjut.

Dengan mengenal pribadi klien lebih lanjut, kamu bisa menentukan bagaimana harus bersikap ke depannya. Kamu juga lebih leluasa untuk menyesuaikan gaya bekerja dan berkomunikasi dengan klien, agar bisa memenuhi ekpektasi keinginan mereka. Jangan sampai kamu salah memberikan treatment ke mereka ya, Goodmates.

  1. Jangan Terpancing, Tetaplah Berfikir Logis
Ilustrasi jangan terpancing, tetap berfikir logis
Pexels.com/DrazenZigic

Menghadapi klien yang emosian dan cerewet tentu bikin pusing ya, Goodmates. Kalau sudah begini, kuncinya hanya satu. Tetap tenang dan fokus pada proyek yang sedang dikerjakan.

Jauhkan perasaan baper dan omongan nggak enak dari mulut klien. Karena itu hanya akan semakin memperkeruh keadaan, bahkan hingga hasil kerja kamu nantinya.

Cobalah untuk tetap berfikir logis dan cari solusi terbaik agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Dengan begitu, klien pun akan merasa nyaman dan terus melanjutkan kerja sama dengan perusahaanmu.

  1. Catat Semua Detail Permintaan Klien
Ilustrasi catat semua detail permintaan klien
Pexels.com/KetutSubiyanto

Biasakan untuk merinci secara detail segala bentuk permintaan yang diinginkan klien. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman antara hasil kerja dan ekspektasi yang diinginkan klien.

Selalu berikan progress kerja kamu secara detail dan spesifik. Ini akan memberi kesan bahwa kamu bersikap terbuka dan selalu mengikutsertakan klien dalam setiap proyek yang dikerjakan hingga selesai secara maksimal.

  1. Jadi Pendengar Yang Baik & Bersikap Responsif
Ilustrasi jadi pendengar yang baik
Pexels.com/RODNAEProductions

Jangan langsung ambil pusing saat kamu punya klien yang banyak mau dan suka protes sana-sini. Jadilah pendengar yang baik, dan pahami semua keluhan dari mereka. Kontrol emosi kamu jangan sampai terpancing dengan omelan menyebalkan dari klien. Berikan jawaban dan tanggapan secara responsif agar sang klien merasa didengar dan permintaannya diprioritaskan.

  1. Selalu Ingat, Klien Adalah Raja!
Ilustrasi klien adalah raja
Pexels.com/RODNAEProductions

Dalam dunia kerja, klien diibaratkan sebagai raja. Maka itu, layanilah sebaik-baiknya. Jika sang raja meminta sesuatu di luar ketentuan, jadilah penasehat bijak yang bisa memberikan penjelasan dan solusi terbaik atas permintaan sang raja. Ingat saja Goodmates, jika klien senang, urusan pun berjalan lancar. Ya kan?

Well, semoga cara-cara tersebut bisa membantumu berhasil menaklukkan klien yang menyebalkan. Dalam dunia kerja, bertemu klien dengan beragam macam karakter tentu sudah menjadi hal yang biasa. Jadilah segala bentuk permasalahan sebagai proses pembentukan karakter di dunia profesional.

Selesaikanlah setiap pekerjaan dengan mood yang selalu happy. Jangan sampai klien yang menyebalkan jadi batu sandungan karirmu ya, Goodmates!

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspedia dan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

 

Referensi: Vocasia | Kerja Lepas

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.