Tips Cara Menulis Motivation Letter untuk Beasiswa
Ilustrasi menulis motivation letter | Foto: Pexels

#FutureSkillsGNFI

Hai Goodmates! Sepertinya istilah motivation letter sudah tidak asing lagi bagi kamu yang sedang mencari beasiswa kuliah baik dalam negeri maupun luar negeri. Motivation Letter menjadi salah satu syarat penting yang digunakan untuk melamar suatu program beasiswa ke universitas. Yuk, simak penjelasan berikut terkait pengertian dan tips menulis motivation letter agar surat motivasimu lebih menarik.

Apa Itu Motivation Letter

Foto: JobStreet.com

Motivation letter adalah sebuah tulisan yang bentuknya berupa esai yang berisi tentang diri kamu, latar belakang pendidikan, kelebihan dan kekurangan, motivasi atau alasan mendaftar beasiswa dan universitas, serta potensi apa yang ada dalam dirimu yang dapat meyakinkan penyedia beasiswa bahwa kamu layak untuk menerima beasiswa (awardee). Motivation letter ini menjadi salah satu hal yang penting ketika mendaftar beasiswa sebelum penilaian nilai rapor, sertifikat, atau prestasi yang kamu miliki.

Selain menulis tentang prestasi yang kamu miliki, perlu juga untuk menulis rencana di masa depan setelah menyelesaikan studi, seperti mau melanjutkan pendidikan atau bekerja. Lembaga penyedia beasiswa juga ingin tahu tentang personality dan harapanmu jika diterima di universitas yang dituju. Tidak hanya itu, motivation letter ini menjadi sarana bagi kamu untuk menunjukkan niat baikmu dalam berkontribusi bagi orang sekitar.

Tips Menulis Motivation Letter Agar Menarik

Ilustrasi Menulis | Gambar: pngtree (Pinterest)
  • Jelaskan dengan singkat mengenai dirimu. Pada bagian awal kamu juga bisa menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Jika kamu ingin bercerita tentang riwayat hidupmu, kamu juga bisa memaparkan tentang kehidupan keluargamu secara singkat.
  • Tuliskan latar belakang pendidikanmu, salah satu contohnya adalah pendidikan terakhirmu. Jangan lupa untuk kemas dalam bentuk tulisan yang menarik ya, Goodmates.
  • Selanjutnya, jabarkan prestasi yang diraih dan pengalaman yang kamu miliki. Pengalaman dan prestasi dalam pendidikan akan menarik perhatian penyedia beasiswa untuk memahami dan mengenal dirimu lebih baik.
  • Berikan alasan mengapa kamu mendaftar program beasiswa tersebut. Jelaskan secara jelas dan lugas agar penyedia beasiswa dapat melihat minat serta argumen yang kuat untuk menerima kamu.
  • Karena kamu ingin mendaftar beasiswa untuk berkuliah, kamu perlu menjelaskan juga program studi yang menjadi pilihanmu. Ceritakan bahwa kamu memiliki kemampuan dan minat yang sesuai dengan pilihanmu.
  • Jelaskan mengapa kamu pantas mendapat beasiswa tersebut. Goodmates harus menguraikan keunggulan dan rencana apa saja jika terpilih menjadi awardee.
  • Lembaga penyedia beasiswa selain ingin melihat kemampuan dan prestasimu, mereka ingin tahu tentang rencanamu di masa depan. Bagian ini penting ya Goodmates, agar mereka dapat memahami bahwa kamu memiliki tujuan dan gambaran apa yang akan kamu lakukan dari hasil studi dengan beasiswa tersebut.

Itulah gambaran sedikit mengenai tips menulis motivation letter. Goodmates, sebelum kamu menulis motivation letter, langkah awal yang perlu kalian lakukan adalah mengenal diri sendiri dengan baik. Jika bisa mengenal diri sendiri dengan baik, maka kamu dapat mengetahui kekuatan yang ada dalam dirimu agar bisa berkembang dan mampu melihat secara jernih bahwa kamu memiliki kemampuan yang luar biasa dan belum tentu orang lain bisa sepertimu.

Bagian terpenting saat kamu menulis esai adalah kamu harus menjadi diri sendiri, harus tetap autentik dan jangan menunjukkan ingin menjadi orang lain. Esai atau motivation letter yang sukses adalah yang bisa menunjukkan atau menggambarkan dirimu sebagai individu yang unik.

Tetap semangat ya Goodmates!

Referensi: Gramedia | Ruangguru

Nicola Ananda
Mahasiswa

Saya suka berpetualang, saya suka belajar, saya suka mengeskplor sesuatu yang baru.