Praktis! Begini Cara Potong Rambut Sendiri di Rumah
Ilustrasi memotong rambut sendiri di rumah | Foto: GETTY/EYEEM/Martha Stewart

Bagi sebagian orang, memotong rambut merupakan salah satu kebutuhan yang penting. Sebelum memotong rambut, kamu pasti akan mencari referensi jenis potongan rambut terlebih dahulu sesuai dengan wajahmu. Namun, apa jadinya jika referensi potongan rambut itu kamu coba sendiri tanpa pergi ke salon?

Semenjak pandemi, selain sebisa mungkin menghindari kerumunan dan tempat yang ramai, kebanyakan orang juga mulai mencoba beradaptasi dari segala kegiatan tatap muka menjadi acara online.

Hampir semua hal dapat kamu lakukan di rumah termasuk memotong rambut. Jangan takut, kini ada banyak tutorial potong rambut yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah.

Tutorial Potong Rambut Sendiri

ilustrasi memotong rambut sendiri dari rumah | Foto: Basak Gurbuz Derman/Getty Images/netdoctor
Memotong rambut sendiri dari rumah | Foto: Basak Gurbuz Derman/Getty Images/netdoctor

Jika sebelumnya kamu selalu mengandalkan jasa potong rambut, kini saatnya untuk mencoba tantangan baru. Sebagian dari kamu mungkin masih merasa ragu-ragu dan takut gagal saat memotong rambut sendiri di rumah.

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba. Siapa yang tahu ternyata kamu memiliki bakat tersembunyi dan menambah kemampuan baru, yakni memotong rambut sendiri. Daripada bingung, kamu bisa coba lakukan tutorial ini merangkum penjelasan oleh All Things Hair.

Baca juga: Hal yang Bisa Kita Pelajari dari Fenomena Crazy Rich Palsu

Langkah pertama, kamu perlu membahasi rambut terlebih dahulu. Masih ingat kan jika kamu pergi ke salon, hal pertama yang mereka lakukan adalah mencuci atau menyemprot rambut kamu hingga basah?

Ternyata, memotong rambut dalam keadaan basah akan sangat membantu untuk mendapatkan hasil potongan rambut yang lebih simetris. Tak hanya itu, hasilnya juga nanti rambut akan lebih rapi.

Sebagai tambahan, jangan lupa untuk menggunakan sisir rambut bergigi rapat saat menyisir rambut yang basah. Perhatikan pula rambut yang sering ada di belakang telinga, jangan sampai terlewat.

Bagi kamu yang memiliki rambut keriting, perlu lebih memperhatikan seberapa pendek saat memotong rambut. Biasanya, rambut berjenis keriting akan terlihat lebih panjang dalam keadaan basah.

Baca juga: Rendahnya Self Esteem Pengaruhi Pikiran Negatif Diri Sendiri

Selanjutnya, kamu bisa membagi rambut menjadi dua bagian dengan mengikatnya menggunakan karet atau kuncir rambut kecil. Pada tahap ini, kamu bisa membelah rambut tepat di bagian tengah.

Kemudian, pastikan kedua sisinya seimbang dan sama banyak. Letak ikatan ini juga bisa mempengaruhi hasil potongan rambut kamu, lo.

Ketiga, tandai ujung rambut dengan ikatan. Setelah membagi rambut menjadi dua bagian, kamu perlu menandai bagian bawah rambut yang akan kamu gunting menggunakan karet atau ikatan rambut. Ikatan rambut tersebut akan berperan sebagai penentu batas panjang rambut.

Keempat, kamu memerlukan gunting yang tajam untuk memotong rambut tepat di bawah ikatan karet. Pastikan juga posisi gunting cukup simetris agar hasil guntingan yang lebih rapi.

Jangan lupa untuk menghindari ukuran gunting yang terlalu kecil atau tumpul. Gunting yang tidak tajam dengan ukuran kurang pas dapat menghasilkan guntingan zig-zag dan tidak merata.

Baca juga: Cara Ampuh Atasi Kulit Belang dengan Bahan Alami

Selanjutnya, meski sudah berhasil menggunting rambut hingga panjang atau model yang kamu inginkan, kamu harus memeriksa kembali apakah sudah rapi atau belum. Caranya, kamu perlu mengambil rambut bagian belakang yang berada tepat di tengkuk.

Kemudian, satukan untuk melihat hasil potongannya. Jika masih terlihat belum rapi, kamu dapat kembali menggunting dan meratakannya. Gunakan acuan ini untuk merapikan rambut di bagian samping menuju depan.

Itulah sedikit tutorial memotong rambut sendiri. Sebelum memulai, pastikan kamu sudah riset dan mencari referensi jenis potongan rambut. Dengan begitu, model rambut akan sesuai dengan bentuk wajah yang kamu miliki. Selamat mencoba, Goodmates!

Referensi: All Things Hair | Tresemme | Orami