Cara Rapikan Rumah dengan Metode KonMari
ilustrasi merapikan barang dengan metode KonMari. | Sumber: bob vila/istockphoto.com

“Merapikan adalah tentang apa yang ingin kamu pertahankan dalam hidupmu, bukan apa yang ingin kamu eliminasi. Pencerahan ini yang menjadi dasar dari metode KonMari. If something brings you joy, keep it!” - Marie Kondo, ahli merapikan/konsultan merapikan

Sudah sering merapikan rumah, tapi rasanya barang terus menumpuk dan ruangan mudah kembali berantakan. Kegiatan beberes rumah pun menjadi kegiatan yang terasa melelahkan dan menjemukan. Namun, bagaimana jika kegiatan merapikan rumah dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan?

Pernah mencoba merapikan rumah dengan metode KonMari? Metode ini ditemukan oleh Marie Kondo, seorang ahli merapikan yang berasal dari Jepang. Sejak kecil, Marie Kondo memang sudah tertarik dengan kegiatan merapikan.

Sampai suatu ketika ia jatuh pingsan saat sesi merapikan yang sangat sulit, saat tersadar dia mendapatkan aha! Moment alih-alih mencari alasan untuk membuang suatu barang, ia harus mencari alasan untuk menyimpannya. Dari sini lahirlah konsep “spark joy”.

Kenali Metode KonMari untuk merapikan rumah

ilustrasi merapikan kamar dengan metode KonMari. | Sumber: Zoe van Poetsprins.nl/Unsplash
ilustrasi merapikan kamar dengan metode KonMari. | Sumber: Zoe van Poetsprins.nl/Unsplash

Berdasarkan penjelasan oleh situs resmi KonMari, metode KonMari merupakan metode merapikan yang sederhana namun efektif. Metode ini menggunakan kriteria pemilihan yang unik yaitu hanya memilih barang yang memberikan kesenangan.

Jika sebagian metode merapikan akan menyarankan merapikan berdasarkan lokasi seperti kamar demi kamar atau sedikit demi sedikit. Metode KonMari menganjurkan untuk merapikan berdasarkan kategori. Seperti dimulai dari pakaian, kemudian beralih ke buku, sepatu, sampai barang-barang lainnya.

Metode ini memiliki satu konsep yakni konsep “spark joy”, jika suatu barang sudah tidak memicu kegembiraan lagi, ucapkan terima kasih atas jasa yang diberikan lalu biarkan pergi. Bukan hanya berhasil membantu kegiatan merapikan, metode ini juga digemari sebab makna yang dimilikinya yang mementingkan kesadaran, intropeksi dan pandangan ke depan.

6 aturan dasar beberes menurut Marie Kondo

ilustrasi barang-barang yang masih memberikan kegembiraan. | Sumber: Vladimir Mokry/Unsplash
ilustrasi barang-barang yang masih memberikan kegembiraan. | Sumber: Vladimir Mokry/Unsplash

Dilansir dari situs resmi miliknya, Marie Kondo menerapkan 6 aturan dasar saat merapikan. Pertama, kamu perlu berkomitmen pada diri sendiri untuk merapikan. Metode KonMari bukanlah solusi cepat untuk merapikan ruangan yang berantakan, atau satu kali merapikan langsung memberikan hasil. Kamu perlu betul-betul menetapkan niat dan meluangkan waktu juga tenaga untuk merapikan.

Kedua, bayangkan gaya hidup ideal yang kamu inginkan. Rumah seperti apa yang ingin kamu tinggali? Ketika kamu membayangkan gaya hidup yang ingin kamu punya, kamu mendapat gambaran jelas mengapa ingin merapikan rumah.

Ketiga, saat menggunakan metode KonMari, ingatlah untuk fokus pada apa yang ingin kamu simpan. Lepaskan sisanya dengan rasa syukur atas pengalaman dan pembelajaran yang telah diberikan.

Keempat, yang menjadikan metode ini berbeda dengan metode merapikan lainnya adalah metode KonMari merapikan berdasarkan kategori bukan berdasarkan lokasi. Mungkin kamu pernah merapikan dari ruang tamu dulu baru menuju kamar tidur, kini saatnya untuk mencoba merapikan berdasarkan kategori. Misalnya, kamu ingin merapikan tumpukan baju di lemari baru merapikan barang-barang pajangan di ruang tamu.

Alasannya karena biasanya orang menyimpan satu jenis bank yang sama pada beberapa lokasi. Saat merapikan lokasi lain, secara gak langsung kamu akan kerja dua kali karena mengulangi pekerjaan yang sama di lokasi lainnya. Pada akhirnya, kamu akan terjebak pada siklus merapikan yang tidak akan pernah berakhir.

Kelima, ikuti urutan yang tepat. Urutan kategori yang dirapikan menjadi krusial. Dalam metode KonMari, Marie Kondo memiliki urutan merapikan mulai dari pakaian, buku, kertas-kertas, dan barang-barang sentimental atau berharga atau memiliki nilai dan kenangan tertentu. Urutan ini telah dibuktikan sangat efisien dan efektif.

Pakaian menjadi urutan pertama sebab relatif mudah juga bila berhasil melalui urutan pertama kamu berhasil membuktikan diri dan semakin antusias untuk melanjutkan proses berikutnya. Barang yang sentimental berada di urutan terakhir, sebab cukup menantang untuk memilih mana saja barang yang masih memberikan kesenangan.

Aturan terakhir adalah tanyakan pada diri sendiri apakah barang ini masih memberikan kegembiraan? Dalam metode KonMari, perasaan yang kita miliki menjadi standar untuk mengambil keputusan. Kuncinya untuk mengambil satu per satu setiap benda kemudian tanyakan pada diri sendiri apakah barang ini masih memicu kegembiraan atau tidak?

Perasaan gembira bersifat pribadi dan setiap orang dapat mengalaminya secara berbeda. Melalui proses ini, kamu dapat mengidentifikasi apa saja yang kamu sukai dan kamu butuhkan.

Merapikan rumah dapat memberi banyak manfaat, tidak hanya membuat rumah nyaman untuk dilihat dan ditempati juga dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri, di antaranya lebih mengenal diri sendiri. Selamat mencoba metode KonMari, Goodmates!

Referensi: KonMari Method | The 6 Basic Rules of Tidying | Marie Kondo