Cara Sederhana Tingkatkan Produktivitas dengan The Ivy Lee Method
Produktivitas | Foto: Pexels

Pada tahun 1918, salah seorang pengusaha terkaya di dunia bernama Charles M. Schwab mempekerjakan seorang konsultan produktivitas bernama Ivy Lee. Schwab meminta Lee ke membantunya untuk menemukan cara yang lebih efisien dalam menyelesaikan sesuatu. 

Dalam pertemuan tersebut, Lee bertemu dengan para eksekutif di perusahaan Schwab untuk merumuskan metode apa yang paling sesuai untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Metode ini kemudian dikenal dengan The Ivy Lee Method.

Ivy Lee Method menjadi metode yang sangat disukai oleh Schwab, produktivitas di perusahaannya meningkat dan ia menghadiahkan cek sebesar 25.000 USD. Di masa sekarang, nominal tersebut setara dengan 450.000 USD.

Kendati terlihat seperti metode yang prestis karena diterapkan pada perusahaan besar, The Ivy Lee Method sebenarnya adalah metode yang amat mudah untuk diaplikasikan oleh siapapun. Yuk, simak lebih lanjut tentang The Ivy Lee Method!

The Ivy Lee Method

Metode yang diusulkan oleh Lee adalah suatu kebiasaan sederhana harian.

Pertama-tama, sebelum mengakhiri hari, Kawan perlu menuliskan enam hal terpenting yang perlu dilakukan di esok hari. Perlu diingat, bahwa Kawan tidak boleh menuliskan lebih dari enam tugas.

Selanjutnya, prioritaskan enam hal tersebut menjadi urutan berdasarkan dari yang terpenting. 

Ketika hari esok telah tiba, Kawan hanya perlu berkonsentrasi pada tugas pertama saja. Kawan diharapkan mengerjakan tugas “terpenting” itu hingga selesai. Baru setelah itu, Kawan dapat melanjutkan ke tugas kedua.

Cara yang sama diaplikasikan pada tugas-tugas selanjutnya hingga tugas hari ini selesai.

Proses ini diulang terus-menerus tiap hari hingga menjadi kabisaan baik. Lee menyarankan melakukan strategi ini pada hari-hari kerja, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa Kawan dapat mengaplikasikannya pada hari apapun tergantung kebutuhan.

Strategi Ivy Lee mengenai pembatasan tugas dan perhatian, serta skala prioritas, memang tampak sederhana. Bagaimana metode ini dapat dihargai begitu tinggi oleh Schwab?

 

Kelebihan menggunakan Ivy Lee Method

Inilah beberapa alasan mengapa metode Ivy Lee dinilai sangat efektif:

1. Sederhana dan mudah untuk diaplikasikan

Menggunakan metode Ivy Lee sangat mudah bagi siapapun, bahkan bagi pelajar maupun mahasiswa. Kemudahan ini menjadikannya sebagai metode yang menarik untuk dicoba.

Beberapa kritik terhadap metode ini mempertanyakan mengenai antisipasi jika terjadi hal-hal tidak terduga yang menginterupsi flow pekerjaan. Jika hal tersebut terjadi, maka tetap perlu ditangani di saat itu juga. Selanjutnya, Kawan perlu kembali lagi melakukan daftar prioritas sesegera mungkin.

Aturan sederhana ini dapat memandu perilaku kompleks kita sehat-hari dan menjadikan kita menjadi lebih teratur dalam memanajemen waktu dan energi.

2. Memaksa Kawan untuk membuat keputusan sulit setiap hari

Batasan enam tugas adalah hal utama yang menjadikan metode Ivy Lee berbeda dengan metode lainnya. Hal ini dikarenakan sering kali kita memiliki terlalu banyak tugas untuk dikerjakan dalam sehari, menjadikan kita kewalahan dan patah semangat.

The Ivy Lee Method memaksa Kawan untuk memangkas kegiatan-kegiatan yang kalah penting dengan kegiatan lainnya. Hal ini dapat mengasah kemampuan mengambil keputusan berdasarkan prioritas, beserta meringankan beban Kawan di hari esok.

3. Menghilangkan hambatan awal untuk memulai sesuatu

Pada dasarnya, rintangan terbesar untuk menyelesaikan sebagian besar tugas adalah untuk memulainya. 

Metode ini memaksa Kawan untuk memutuskan tugas apa yang akan dikerjakan di hari sebelumnya, sehingga Kawan tidak perlu mengalami kebingungan untuk memulai pekerjaan di esok harinya.

4. Mengharuskan Kawan untuk melakukan tugas tunggal (single task)

Sebagai masyarakat modern, kita seringkali mengedepankan multi-tasking. “Mitos” multi-tasking menjadikan kita percaya bahwa menjadi sibuk identik dengan menjadi produktif.

Kepercayaan itu telah dibantai di berbagai penelitian. Kenyataannya, memiliki prioritas dan fokus pada satu pekerjaan jauh lebih baik dan efektif. Mencurahkan waktu, fokus, dan tenaga pada satu pekerjaan tiap waktu menjadikan pekerjaan menjadi lebih cepat dan tepat terselesaikan.

Itulah penjelasan dan manfaat mengenai metode Ivy Lee yang dapat Kawan coba aplikasikan di kehidupan sehari-hari. Semoga berhasil, Kawan!