Cara Menyimpan Parfum Agar Aroma Tetap Awet
Illustrasi menyimpan parfum agar awet | Foto: Pexels

Banyak orang yang luput untuk memperhatikan cara menyimpan parfum yang benar agar tetap awet. Pasalnya, menyimpan parfum dengan sembarangan bisa mempengaruhi kualitas parfum. Entah terjadinya kerusakan, hingga aroma yang berubah.

Kini, parfum menjadi salah satu produk yang hampir semua orang memilikinya. Meskipun harganya relatif mahal, parfum selalu hadir menjadi pelengkap penampilan seseorang agar lebih wangi dan menyegarkan.

Maka, tak heran apabila parfum menjadi salah satu elemen penting dari sebuah penampilan. Sebagian orang merasa tidak percaya diri jika tidak menggunakan parfum, hanya untuk sekadar pergi berbelanja ke mini market atau bertemu teman.

Sayangnya, banyak produk parfum mengalami perubahan aroma. Bukan karena kualitas, ternyata perubahan aroma juga bisa terjadi karena salah cara menyimpannya. Lalu, bagaimana cara menyimpan parfum yang benar? Berikut penjelasannya untuk Goodmates.

1. Jangan Simpan Parfum di Wastafel Kamar Mandi

Illustrasi menyimpan parfum | Foto: Pexels

Jika kamu adalah orang-orang yang suka menyimpan parfum di wastafel kamar mandi, hentikan kebiasaan itu sekarang. Pasalnya, kamar mandi memiliki suhu ruangan yang lembap dan tidak cocok untuk menyimpan parfum.

Baca juga: Brisk Walking, Jalan Cepat yang Penuh Manfaat

Dalam kondisi ruang yang lembap, hal itu bisa membuat molekul-molekul parfum menjadi rusak. Selain itu, suhu lembap juga bisa mengundang bakteri untuk masuk ke dalam botol parfum. Hal ini dapat menyebabkan aroma menjadi tidak awet.

2. Tidak Terkena Sinar Matahari Langsung

Illustrasi menyimpan parfum | Foto: Pexels

Saat menyimpan parfum, pastikan bebas dari terpaan sinar matahari. Sinar matahari menjadi salah satu faktor yang bisa merusak parfum sekaligus mengubah aromanya. Hal ini karena paparan sinar matahari bisa memecah susunan cairan yang beraroma.

Seiring waktu, sinar matahari dapat menyebabkan perubahan warna dan komposisi kimia di dalamnya. Hal tersebut juga bisa menyebabkan perubahan aroma parfum. Oleh karena itu, pastikan parfum tidak terkena sinar matahari secara langsung.

3. Rapatkan Tutup Botol

Illustrasi menyimpan parfum | Foto: Pexels

Seusai menggunakan parfum, pastikan tutup botol sudah kamu tutup dengan rapat. Hal itu menjadi salah satu upaya agar parfum tetap awet dan tidak mengalami perubahan aroma.

Baca juga: Nostalgia Bersama Komunitas Vintage Indonesia

Seperti yang kita tahu, sebagian parfum yang berbahan alkohol memiliki sifat mudah menguap ketika ada kontak dengan udara. Jika kamu lupa menutupnya, parfum akan berkurang sendiri secara signifikan dan mengalami perubahan aroma.

4. Jangan Kocok Parfum Sebelum Menggunakannya

Illustrasi menyimpan parfum | Foto: Pexels

Banyak orang memiliki kebiasaan mengocok parfum sebelum menggunakannya. Padahal, kebiasaan ini bisa merusak kualitas parfum hingga merubah aroma. Jika kamu juga sering melakukan ini, hentikan kebiasaan ini sekarang.

Kamu tidak perlu mengocok parfum sebelum menggunakannya. Hal tersebut berguna agar bahan-bahan di dalamnya tetap tercampur dengan baik. Jika kamu sering mengocok parfum, kandungan di dalamnya akan rusak.

5. Jangan Pindahkan ke Botol Lain

Illustrasi menyimpan parfum | Foto: Pexels

Cara selanjutnya adalah pastikan kamu menggunakan botol asli dari parfum tersebut. Artinya, jangan pernah memindahkan ke tempat atau botol lain. 

Entah karena ingin memindahkan ke botol yang lebih cantik atau lebih kecil agar mudah saat membawanya keluar. Akan tetapi, memindahkan parfum ke kemasan lain bisa merusak kualitas hingga aroma parfum.

Baca juga: Hindari Self-Sabotage Agar Diri Kamu Lebih Baik

Parfum yang terkena paparan oksigen saat memindahkan ke kemasan lain akan membuat kualitas parfum menurun dan mengubah aromanya. Jadi, pastikan kamu selalu menggunakan kemasan asli dari parfum tersebut.

Nah, itu dia beberapa tips cara menyimpan parfum agar memiliki aroma tetap awet. Kamu bisa menyimpan parfum di tempat, seperti lemari, laci meja, atau lemari pakaian. Pastikan kamu juga menggunakan secara teratur saat pertama membuka. Jika menyimpan dengan benar, parfum bisa bertahan dua hingga tahun.

Referensi: Tempo | Popmama | The Body Shop