Cari Tahu 6 Kebiasaan Kecil yang Bisa Hilangkan Jerawat
Ilustrasi│Kjerstin_Mikaela/Pixabay

Jerawat adalah sebuah permasalahan yang hampir semua remaja alami. Bagi sebagian orang, jerawat dianggap sedikit mengganggu penampilan. Lebih dari itu, sebagian orang juga kesusahan menghilangkan jerawatnya yang membandel.

Ternyata ada beberapa kebiasaan kecil yang bisa membantu menghilangkan jerawat pada wajah, loh! Kebiasaan-kebiasaan kecil ini bisa kamu terapkan sehari-hari secara rutin, dan dengan perlahan akan membantu menghilangkan jerawat di wajah.

Nah, di bawah ini adalah beberapa kebiasaan kecil yang mulai bisa kamu terapkan untuk menghilangkan jerawat. Selengkapnya, bisa kamu cek di bawah ini.

Banyak minum air putih

70 persen tubuh kita terdiri dari air, karena itulah konsumsi air memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Konsumsi air yang cukup, setidaknya delapan gelas per hari, bisa menjaga tubuh kita tetap terhidrasi. Minum air putih dalam jumlah yang cukup bisa membantu menjaga kelembaban kulit, termasuk membantu menghilangkan jerawat di kulit wajah. 

Mengkonsumsi air putih mungkin tidak akan membuat wajah langsung bersih dari jerawat. Namun, dengan membiasakan mengkonsumsi cukup air setiap harinya secara rutin, perlahan jerawat pada kulit akan menghilang dengan sendirinya.

Kurangi menyentuh bagian wajah

Sebagian orang mungkin terbiasa menyentuh wajahnya dengan tangan yang bisa jadi tidak bersih. Beberapa orang juga suka menyentuh jerawat di wajah dengan tangannya. Hal ini tidak baik, karena sangat mungkin tangan kita masih kotor dan malah akan memperparah jerawat di wajah.

Maka dari itu, sebisa mungkin hindari menyentuh bagian wajah dengan tangan secara langsung untuk mencegah jerawat menjadi semakin parah. Selain itu, kebiasaan mengopek jerawat yang muncul di wajah juga harus dihindari. Kebiasaan ini tidak akan membuat jerawat sembuh, malah bisa membuat luka, infeksi dan dapat meninggalkan bekas jerawat.

Mencuci wajah secara teratur

Ilustrasi│vargazs/Pixabay

Banyak orang yang malas untuk mencuci wajahnya. Padahal kebiasaan ini dapat membantu untuk menghilangkan dan mencegah jerawat di muka, loh! Mencuci wajah dapat membantu mengangkat sel kulit mati, serta menghilangkan bakteri yang dapat memperparah jerawat.

Mencuci wajah setelah melakukan aktivitas di luar rumah atau setelah berolahraga. Penting untuk dibiasakan untuk mencegah terjadinya jerawat.

Olahraga secara rutin

Dengan berolahraga, meski hanya olahraga ringan pun dapat membantu menghilangkan jerawat. Hal ini dikarenakan dengan olahraga secara rutin, suplai oksigen dalam tubuh akan menjadi lancar, serta dapat menjaga kestabilan hormon dalam tubuh.

Konsumsi makanan bergizi

Makan makanan bergizi memanglah memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah dalam mengatasi jerawat. Mengkonsumsi buah dan sayuran dapat membantu menghilangkan jerawat, terutama yang mengandung vitamin C.

Vitamin C mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Vitamin C juga mampu membantu menghilangkan bekas jerawat pada kulit wajah.

Tidur yang cukup

Ilustrasi│ddimitrova/Pixabay

Salah satu kebiasaan yang dapat menimbulkan jerawat adalah tidur yang tidak teratur dan kebiasaan begadang pada malam hari. Maka dari itu, untuk melawan jerawat kamu bisa mulai dengan melawan kebiasaan buruk itu terlebih dahulu. 

Mulai dengan hindari begadang pada malam hari, serta tidur malam dengan cukup. Tidur malam yang cukup adalah 7-9 jam. Selain dapat menimbulkan jerawat, tidur yang tidak teratur juga dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai biasakanlah untuk menghindari kebiasaan buruk ini.

Itu dia beberapa kebiasaan kecil yang bisa membantu melawan jerawat. Mungkin beberapa kebiasaan diatas tidak dapat menghilangkan jerawat dalam hitungan hari. Namun, jika kebiasaan ini rutin kamu lakukan, bukan tidak mungkin jerawat akan hilang dalam hitungan minggu atau bulan.

Referensi: WebMDDetikLiputan6