Cari Tahu Perbedaan Kelas Reguler, Karyawan, dan Internasional di Perguruan Tinggi
Ilustrasi mahasiswa perguruan tinggi | Foto: javier trueba/Unsplash

Goodmates yang sedang duduk di tahun terakhir sekolah menengah atas, mungkin sedang bersiap-siap untuk mendaftar ke perguruan tinggi. Sebelum menuju ke sana, penting untuk kamu tahu seputar jenis kelas mulai dari kelas reguler, kelas karyawan, dan kelas internasional yang ada di perguruan tinggi.

Pasalnya, pendaftaran jalur SNMPTN sudah mulai dibuka sejak 14 hingga 28 Februari 2022 mendatang. Dilanjutkan dengan pembukaan pendaftaran UTBK-SBMPTN yang akan dilaksanakan mulai 23 Maret sampai 15 April 2022. Selain kedua jalur pendaftaran tersebut, umumnya juga terdapat pendaftaran jalur mandiri yang diadakan setiap kampus.

Memasuki perguruan tinggi bisa dibilang cukup membutuhkan banyak persiapan. Selain harus memahami setiap jalur pendaftaran perkuliahan, kamu juga perlu menyiapkan berbagai kebutuhan yang diperlukan, seperti berkas-berkas dan banyak berlatih soal bagi yang mengambil tes tertulis.

Selain itu, tentu kamu juga perlu mempertimbangan dengan baik jurusan perkuliahan yang akan kamu pilih.Perguruan tinggi memang memiliki sistem pendidikan yang berbeda dengan sekolah menengah atas yang sudah ditempuh. Jangan terkejut kalau nanti kamu akan menemukan banyak istilah yang baru didengar saat berkuliah.

Salah satunya, kamu harus tahu bahwa kelas di perkuliahan tidak hanya tersedia untuk program reguler saja. Yuk, simak perbedaan jenis kelas di perguruan tinggi. Siapa tahu bisa jadi referensi kamu saat mendaftar.

Program Kelas Reguler

ilustrasi perkuliahan di program kelas reguler. | Foto: NeONBRAND/Unsplash
Perkuliahan di program kelas reguler | Foto: NeONBRAND/Unsplash

Untuk program yang satu ini, mungkin banyak dari Goodmates sudah familiar. Menurut Ristek Dikti, program reguler merupakan program pendidikan yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi Negeri dengan diikuti oleh peserta didik secara penuh waktu, pada program studi yang telah memperoleh izin penyelenggaraan dari pemerintah.

Program reguler umum dimiliki pada kebanyakan perguruan tinggi. Jalur pendaftarannya terdiri dari SNMPTN, UTBK SBMPTN dan seleksi mandiri dari masing-masing kampus. Biasanya setiap semester juga terdapat UKT atau uang kuliah tunggal yang perlu dibayarkan.

Program Kelas Internasional

Universitas Gadjah Mada, salah satu kampus yang memiliki program kelas internasional. | foto: NusantaraNews
Universitas Gadjah Mada, salah satu kampus yang memiliki program kelas internasional | Foto: NusantaraNews

Tidak seperti kelas reguler yang umum berada di mana saja, program satu ini terbilang masih cukup jarang ada di kampus-kampus Indonesia. Merangkum penjelasan oleh Rencanamu.id, kelas internasional merupakan program kuliah di perguruan tinggi Indonesia yang bekerja sama dengan perguruan tinggi asing yang menjadi rekannya.

Biasanya sistem yang berlaku menawarkan kesempatan bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi luar negeri. Program ini memiliki pembagian masa studi sekian tahun, untuk berkuliah di Indonesia dan sekian tahun untuk berkuliah di luar negeri. Kebijakan tersebut tergantung dari universitas dan fakultas yang bersangkutan.

Meski materi yang diajarkan pada kelas reguler dan kelas internasional relatif sama, yang membedakan adalah bahasa pengantar yang digunakan selama masa perkuliahan. Selain menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, kurikulum kelas internasional juga disesuaikan dengan kurikulum mitra perguruan tinggi di luar negeri.

Nah, jika mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri biasanya melalui jalur SNMPTN, UTBK SBMPTN atau seleksi mandiri. Mendaftar kelas internasional tidak diadakan secara serentak. Proses pendaftaran berbeda-beda tergantung masing-masing universitas yang kamu tuju.

Misalnya di Universitas Gadjah Mada, terdapat pendaftaran International Undergraduate Program (IUP) yang dilakukan dalam 3 gelombang. Untuk jadwalnya ditentukan langsung oleh pihak kampus.

Kemudian di Universitas Indonesia menerima mahasiswa kelas internasional melalui talent scouting dan tes SIMAK UI. Selain itu, pada tahapan mendaftar biasanya juga diberi persyaratan untuk memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris dengan minimal skor tertentu.

Gak cuman cara daftar yang berbeda, biaya perkuliahan kelas internasional juga biasanya lebih besar dari program reguler. Mengingat mahasiswa kelas internasional memiliki kurikulum berbeda, fasilitas yang berbeda, belum lagi berbagai macam jenis kegiatan lainnya untuk menunjang masa perkuliahan.

Kalau kamu tertarik melanjutkan perkuliahan pada program kelas internasional, ada beberapa universitas dalam negeri yang memiliki program ini. Di antaranya di Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Lampung.

Program Kelas Karyawan

Kalau kamu sudah bekerja tetapi tetap ingin melanjutkan kuliah, program kelas karyawan mungkin bisa menjadi solusinya. Berdasarkan penjelasan oleh Kelas Karyawan, kelas karyawan merupakan program kuliah di perguruan tinggi yang dirancang dan diselenggarakan khusus bagi mahasiswa yang sudah bekerja.

Perbedaan paling terlihat dari program kelas karyawan dan program kelas reguler adalah pada waktu perkuliahannya. Jika umumnya kelas reguler diselenggarakan dari pagi hingga sore hari dan pada hari-hari kerja, kelas karyawan biasanya dimulai dari sore hingga malam hari. Kelas juga mungkin digelar pada akhir pekan.

Hal ini telah disesuaikan dan memang dirancang khusus untuk para mahasiswa yang telah bekerja. Kebijakan ini juga tergantung dengan masing-masing perguruan tinggi yang menyelenggarakan.

Di Indonesia sendiri, beberapa universitas yang memiliki program kelas karyawan terdapat di Universitas Terbuka, Universitas Mercu Buana, Universitas Negeri Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah, dan masih banyak lagi.

Nah, sudah tau bukan dengan perbedaannya? Baik kelas reguler, kelas karyawan, maupun kelas internasional bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, sebelum kamu memilih, jangan lupa untuk riset terlebih dahulu agar kamu tidak salah selama menempuh pendidikan.

Referensi: Kompas.com | Ristek Dikti | Rencanamu.id | Indonesia College | Kelas Karyawan