Castile Soap, Sabun Berbahan Alami yang Ramah Lingkungan
Ilustrasi castile soap | Foto: Hether Ford/Unsplash

Goodmates, apakah kamu pernah mendengar tentang castile soap? Sabun ini berbahan dasar nabati, tepatnya minyak zaitun dan sama sekali tidak mengandung bahan sintetis apapun.

Berkat kandungannya yang sangat alami, hampir tidak ada efek buruk dari pemakaian sabun jenis ini. Sifatnya yang biodegradable (mudah terurai) juga membuatnya ramah untuk lingkungan.

Sama seperti lerak, sabun castile dapat kamu manfaatkan untuk berbagai hal alias multifungsi. Di antaranya, sebagai cairan pembersih badan dan rumah, deterjen, bahkan untuk hewan peliharaan sekalipun.

Awal Mula Lahirnya Castile Soap

Ilutsrasi minyak zaitun | Foto: Dimitri Karastelev/Unsplash

Kata castile sendiri berasal dari nama sebuah kerajaan di Spanyol, yaitu Kerajaan Castilla. Pada masanya, masyarakat setempat memproduksi sabun secara tradisional dengan bahan dasar minyak zaitun.

Sabun ini mulai mendapatkan pamor berkat khasiatnya yang mampu melembapkan dan membersihkan permukaan. Tidak cuma di daratan Spanyol, penduduk seantero Eropa juga memakainya sebagai sabun serbaguna.

Bahan baku pembuatan castile soap pun mengalami inovasi seiring waktu. Bukan hanya bersumber dari minyak zaitun saja, banyak pula yang memanfaatkan minyak castor, minyak kelapa, almond, serta alpukat.

Baca juga: Benarkah Sabun Batang Lebih Ramah Lingkungan?

Mengingat sabun ini mengandung bahan alami, penggunaannya tentu tidak akan menyebabkan efek samping yang buruk. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan sifatnya yang ramah lingkungan untuk beraneka kegunaan. Berikut beberapa manfaat dari castile soap.

1. Perlengkapan Mandi dan Cuci Tangan

Ilustrasi mencuci tangan | Foto: Jason Jarrach/Unsplash

Aplikasi paling umum untuk castile soap adalah sampo beserta sabun mandi dan cuci tangan. Kamu dapat membersihkan rambut dengan campuran 1 sdm sabun, 1 cangkir air matang, plus ½ sdm minyak esensial bila perlu.

Untuk pemakaian ketika mandi dan cuci tangan, kamu tinggal menuangkan ke tangan dan menggosokkannya ke seluruh bagian tubuh seperti perlengkapan mandi pada umumnya.

2. Cairan Anti-infeksi

Sewaktu terluka, penting untuk menjaganya tetap bersih supaya tidak menimbulkan infeksi. Menurut sebuah studi pada tahun 1999, sabun castile ternyata efektif untuk menyembuhkan dan menekan risiko terjadinya komplikasi luka.

Caranya cukup mudah. Kamu dapat menambahkan 2 sdt sabun ke dalam 2 cangkir air minum untuk bilas ke area luka.

Baca juga: Unik! Intip Ide Hampers Lebaran yang Ramah Lingkungan

3. Deterjen Pakaian

Ilustrasi mencuci pakaian | Foto: Annie Spratt/Unsplash

Produk castile soap dapat berperan sebagai deterjen untuk mencuci baju. Kamu bisa menambahkan ½ cangkir sabun cair ke dalam mesin cuci untuk menghilangkan noda dan kotoran dari pakaianmu.

4. Sabun Cuci Piring

Gunakan kombinasi dengan perbandingan 1:10 (1 bagian castile ke 10 bagian air) sewaktu ingin mencuci piring dan alat makan lainnya.

Pastikan air tersebut sudah matang dan kocok sebelum kamu gunakan supaya bercampur dengan sempurna. Jika ingin mendapatkan busa lebih banyak, kamu tinggal mengurangi jumlah airnya.

5. Bahan Mandi Hewan Peliharaan

Ilustrasi hewan peliharaan | Foto: Jamie Street/Unsplash

Di samping untuk tubuh manusia, kamu juga bisa mengaplikasikan sabun ini pada hewan peliharaan kesayanganmu, lo. Adapun takaran penggunaannya sesuai dengan jumlah dan ukuran dari rambut binatang peliharaan.

6. Pembersih Rumah

Kegunaan berikutnya ialah sebagai cairan pembersih rumah, mulai dari lantai, jendela, meja makan, bahkan kendaraan. Caranya sangatlah mudah. Cukup dengan melarutkan 1 tutup botol castile dalam air keran hangat dengan rasio 1:10 (1 castile, 10 air).

Baca juga: Ada Hobi Baru, Intip Pembuatan Sabun Organik dari Rumah

Catatan Penting Menggunakan Castile Soap

Ilustrasi rambut berwarna | Foto: Luis Quintero/Unsplash

Terdapat beberapa poin yang wajib kamu pahami sebelum menggunakan sabun castile agar tidak salah pakai. Bagi kamu yang sedang mewarnai rambut, sayang sekali kamu harus menghindari penggunaan sabun castile sebagai sampo. Sebab, sabun ini mampu membuat warna dari semir menjadi memudar dan menghilang seiring waktu.

Mencampurkan castile soap dengan cuka dapat mengakibatkan sabun yang terpakai meninggalkan bekas putih di kulit. Hal serupa juga berlaku buat perasan lemon, mengingat kadar asamnya yang mirip dengan cuka sehingga berpotensi menimbulkan masalah yang sama.

Selamat mencoba, Goodmates. Catatan terakhir, gunakan air matang apabila kamu ingin menyimpan campuran sabun untuk jangka panjang dan air mentah untuk aplikasi sekali pakai.

Referensi: SehatQ | Mash Moshem Indonesia | Zerowaste.id