Catat! Berikut Beasiswa Dalam Negeri untuk Tahun 2022
Ilustrasi mahasiswa yang sedang mendaftar beasiswa dalam negeri tahun 2022. | Sumber: Avel Chuklanov/Unsplash

Minat pelajar terhadap beasiswa dapat dibilang cukup besar setiap tahunnya. Hal ini dapat dilihat dari beasiswa-beasiswa yang memiliki jumlah pendaftar yang cukup banyak. Namun, berbanding jauh sekali dengan kuota peserta yang dapat diterima. Bagaimana tidak? Sejumlah beasiswa memberikan manfaat seperti keringanan biaya untuk pendidikan sampai terdapat kegiatan-kegiatan yang dapat menambah wawasan dan keahlian.

Apabila Kawan merupakan seorang mahasiswa yang sedang mencari beasiswa, atau pelajar menjelang lulus sekolah menengah atas dan ingin menyiapkan diri untuk mendaftar beasiswa saat kuliah kelak. Mari merapat, berikut ini adalah daftar beasiswa yang umumnya rutin dibuka setiap tahun.

Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE). | Sumber: Scholars Official
Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE). | Sumber: Scholars Official

Berdasarkan ketentuan beasiswa KSE di tahun-tahun sebelumnya, beasiswa ini diperuntukan untuk Kawan di tingkat D4/S1 dengan syarat telah mengikuti kuliah minimal semester dua dan tidak sedang menerima beasiswa dari tempat lain. Beasiswa yang digelar oleh Yayasan Karya Salemba Empat ini memiliki empat program lo, di antaranya adalah regular scholarship (beasiswa reguler) di mana mahasiswa mendapat bantuan finansial setiap bulannya, achievement scholarship (beasiswa unggul), academy entrepreneur, dan technology for Indonesia.

Selain empat program utama tadi, terdapat program tambahan juga nih. Seperti program kepemimpinan untuk melatih leadership, workshop/coaching/seminar/tatap muka untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja, program komunitas mahasiswa yang dapat membantu Kawan memperluas relasi lo, serta program komunitas alumni.

Kawan dapat mendaftar pada program yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan. Selain itu, pada tahun kemarin beasiswa KSE membuka sampai tiga gelombang lo, biasanya pendaftarannya sendiri mulai dibuka sejak awal tahun. Untuk mengetahui apakah kampus Kawan terdaftar sebagai mitra beasiswa KSE dan untuk mengikuti informasi-informasi lainnya, Kawan dapat rutin mengecek di situs resminya pada kse.or.id atau melalui akun Instagramnya @beasiswa_kse

Jabar Future Leaders Scholarship

Jabar Future Leaders Scholarship merupakan beasiswa untuk jenjang D3, D4, S1, S2, S3. | Sumber: Jabar Future Leaders Scholarship
Jabar Future Leaders Scholarship merupakan beasiswa untuk jenjang D3, D4, S1, S2, S3. | Sumber: Jabar Future Leaders Scholarship

Sedikit berbeda dengan beasiswa KSE, Jabar Future Leaders Scholarship atau yang biasa disingkat beasiswa JFLS menawarkan program bantuan biaya pendidikan tinggi untuk Kawan yang menempuh pendidikan jenjang D3. D4. S1, S2, atau S3 yang berprestasi di bidang akademik atau non-akademik.. Beasiswa ini diadakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan diperuntukan bagi para Kawan yang berkedudukan di Jawa Barat dan berkuliah di kampus yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pada jenis beasiswa prestasi akademik terdapat beasiswa selama empat tahun lo bagi pendidikan D4/S1 dan S3. Sedangkan, pada jenis beasiswa pendidikan prestasi non-akademik, terdapat empat pilihan, prestasi keagamaan, prestasi olahraga, prestasi seni dan budaya, serta prestasi aktivis yang masing-masing berlaku selama satu tahun.

Beasiswa ini umumnya disosialisasikan sejak awal tahun dan mulai membuka pendaftaran sekitar pertengahan tahun. Kawan dapat mengecek daftar kampus yang bermitra dengan JFLS serta melihat ketentuan dan syarat-syarat detail melalui situs resmi beasiswa-jfl.disdik.jabarprov.go.id

Djarum Beasiswa Plus

Tampilan lama situs resmi Djarum Beasiswa Plus. | Sumber: tangkapan layar pribadi/Djarum Beasiswa Plus
Tampilan lama situs resmi Djarum Beasiswa Plus. | Sumber: tangkapan layar pribadi/Djarum Beasiswa Plus

Beasiswa yang satu ini diadakan oleh Djarum Foundation. Tidak hanya mendapat bantuan finansial, beasiswa ini juga disertai dengan pembekalan berbagai macam soft skills yang tentunya dapat membantu Kawan baik di kehidupan kampus maupun nanti saat memasuki dunia kerja. Di antaranya terdapat character building, leadership development, competition challenges, international exposure, community empowerment, dan nation building.

Tidak jauh berbeda dengan kedua beasiswa sebelumnya, terdapat beberapa syarat apabila Kawan ingin mendaftar Djarum Beasiswa Plus, Kawan diwajibkan sedang menempuh pendidikan D4/S1 di semester empat, memiliki IPK minimum 3.20 pada semester 3, aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun di luar kampus, dan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.

Pada tahun 2021 lalu, beasiswa ini dibuka sekitar awal tahun. Untuk memeriksa apakah kampus Kawan bermitra dengan Djarum Beasiswa Plus dan untuk mengikuti perkembangan informasi terbarunya pada tahun 2022, Kawan dapat mengunjungi situs resminya di djarumbeasiswaplus.org

Referensi: Indbeasiswa | Djarum Beasiswa Plus | Jabar Future Leaders Scholarship