Channel YouTube Berikut Bisa Bantu Kamu Selesaikan Skripsi
Ilustrasi Skripsi | Foto: Freepik/Freepik.com

#FutureSkillsGNFI

Skripsi merupakan salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa yang menempuh tingkat sarjana. Namun proses penyusunan skripsi kerap kali dipenuhi dengan lika-liku. Mulai dari mencari dosen pembimbing skripsi, pencarian judul, seminar proposal, sampai sidang akhir, setiap prosesnya memiliki beban tersendiri bagi mahasiswa.

Masalah yang seringkali ditemui adalah kebingungan dalam mencari inspirasi menulis. Hal tersebut salah satunya dikarenakan keterbatasan pengetahuan mahasiswa mengenai penyusunan skripsi. Selain itu, mahasiswa juga dihadapkan pada dinamika mood dalam mengerjakan skripsi. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menonton konten YouTube yang membahas seputar skripsi sehingga mampu memantik inspirasi dan menambah pengetahuan dalam menyusun skripsi. Tak jarang, konten tersebut juga menyisipkan berbagai pesan motivasi untuk meningkatkan semangat mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. 

 

Berikut penulis telah merangkum 3 rekomendasi channel YouTube yang dapat membantu meningkatkan pengetahuan sekaligus motivasi bagi para pejuang skripsi. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini! 

 

1. Buiramira Official

Buiramira Official | Foto: Buiramira Official/YouTube
Channel YouTube Buiramira Official | Foto: Buiramira Official/YouTube

GoodMates mungkin sudah sangat familiar dengan channel YouTube satu ini. Pemilik channel ini adalah Dr. Ira Mirawati, M.Si atau lebih dikenal dengan Buiramira, yang merupakan Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran. Sebelum berkecimpung di YouTube, Buiramira dikenal aktif mengunggah beragam konten seputar skripsi di akun TikToknya. 

 

Channel Buiramira Official banyak memberikan informasi edukatif mengenai penyusunan skripsi dari awal sampai akhir, mulai dari menentukan judul penelitian, menyusun draft proposal skripsi, menyusun bab dalam skripsi, sampai gambaran simulasi sidang skripsi. Beliau juga kerap kali memberikan tips cara menjawab pertanyaan dosen penguji saat seminar proposal dan sidang akhir. Meskipun materi yang disampaikan kelihatannya berat, namun pembawaannya yang santai dan ceria, serta kerap dibumbui dengan humor membuat penjelasannya mudah dimengerti.

 

Tak lupa, beliau juga banyak memberikan motivasi pada mahasiswa akhir terutama bagi mereka yang merasa buntu ataupun stres terhadap skripsi. Hal tersebut bertujuan untuk membuka pandangan mahasiswa bahwa skripsi bukanlah sesuatu yang menakutkan. Juga untuk mendorong mahasiswa agar mampu menyusun skripsi secara asyik dan gembira. 

 

2. Skripsi Bisa

Channel YouTube Skripsi Bisa | Foto: Skripsi Bisa/YouTube

Channel YouTube ini cocok untuk pejuang skripsi yang menggunakan metode penelitian kuantitatif. Beberapa yang dibahas diantaranya cara menghitung sampel, menyusun dan menguji kuesioner, tutorial uji validitas dan reliabilitas, input data, uji normalitas data, sampai teknik analisis data. Materi disampaikan secara detail dan step by step sehingga dapat memudahkan mahasiswa terutama bagi mereka yang cenderung awam dalam penelitian kuantitatif. 

 

Seperti channel skripsi sebelumnya, channel ini juga membahas mengenai tips-tips penyusunan skripsi seperti menentukan judul penelitian, menyusun latar belakang, mencari literatur yang kredibel, menentukan kebaruan penelitian, menentukan teori, hingga simulasi sidang skripsi. Namun channel ini membahas tentang cara menjawab berbagai kemungkinan pertanyaan saat sidang secara lebih mendetail. Selain itu, channel ini juga membahas mengenai cara membangun relasi yang baik dengan dosen pembimbing untuk kelancaran penyusunan skripsi.

 

3. SALAM CERDAS

Channel YouTube SALAM CERDAS | Foto: SALAM CERDAS/YouTube

Channel SALAM CERDAS dimiliki oleh Dr. Muhammad Faishal, M.Us, yang merupakan seorang dosen di UIN Sumatera Utara. Channel ini memiliki kesamaan dengan channel-channel sebelumnya yang membahas tips menyusun skripsi dan kisi-kisi pertanyaan sebagai bekal mahasiswa dalam menghadapi sidang. Perbedaannya, channel ini lebih banyak membahas mengenai penelitian kualitatif. 

 

Channel ini juga banyak mendokumentasikan pengalaman proses menyelesaikan skripsi dari para mahasiswa. Juga beragam cerita sukses dari para alumni. Konten-konten tersebut dapat menjadi gambaran sekaligus sumber inspirasi bagi mahasiswa tidak hanya dalam mengerjakan skripsi tapi juga dalam menyusun rencana karir setelah lulus. 

 

Itulah tiga rekomendasi channel YouTube seputar skripsi. Semoga dapat menjadi sumber informasi sekaligus motivasi bagi GoodMates yang tengah menjalani status sebagai pejuang skripsi. Semangat berjuang!