Rekomendasi 4 Channel YouTube yang Tayangkan Dakwah Jelang Buka Puasa
Salah satu acara dakwah menjelang buka puasa di YouTube | Foto: Adi Hidayat Official/YouTube

Salah satu ciri khas dari bulan Ramadan adalah banyaknya tayangan islami yang mengudara di berbagai media. Tayangan semacam ini biasanya muncul di waktu sahur dan saat menunggu buka puasa. Seiring berkembangnya zaman, tayangan islami seperti konten dakwah dan semacamnya mulai merambah ke platform YouTube.

Di YouTube sendiri, konten dakwah dan hal-hal yang berbau religi mendapat perhatian besar dari para warganet. Tak heran, di platform video yang terunggah bisa kita tonton kapan saja, tidak seperti di TV atau radio.

Nah, agar referensi Goodmates tentang konten dakwah islami di YouTube makin bertambah, pada artikel ini GoodSide akan memberikan 4 rekomendasi channel YouTube yang aktif mengunggah konten dakwah di waktu menjelang buka puasa. Konten-konten di bawah ini sangat cocok untuk jadi teman Goodmates ngabuburit. 

1. Cahaya Untuk Indonesia

Cahaya Untuk Indonesia Ngabuburit | Foto: Cahaya Untuk Indonesia/YouTube

Goodmates mungkin familiar dengan sosok Habib Ja’far Al Hadar. Pendakwah sekaligus penulis ini memang terkenal karena gaya dakwahnya yang dekat dan bersahabat dengan generasi muda. Dakwah yang ia bawakan cukup ringan tetapi berisi.

Pada Ramadan kali ini, Cahaya Untuk Indonesia aktif mengunggah konten dakwah Habib Ja’far setiap sore. Tak sendiri, seringkali konten dakwah tersebut berbentuk dialog dua arah antara Habib Ja’far dengan narasumber yang datang dari publik figur muda.

Topik bahasannya pun dekat dengan kehidupan anak muda. Misalnya membahas body shamming hingga cara masuk circle orang bertakwa.

Baca juga: Rekomendasi Channel Youtube Tentang Kuliah di Luar Negeri

2. Adi Hidayat Official

AKUSUKA | Foto: Adi Hidayat Offcial/YouTube

Melalui channel YouTube resminya, yaitu Adi Hidayat Official, Ustadz Adi Hidayat mengadakan acara bertajuk AKUSUKA (Ayo Kultum Sejenak Untuk Berbuka). Sesuai namanya, channel ini mengunggah kultum (kuliah tujuh menit) oleh Ustadz Adi HIdayat setiap sore.

Dengan gayanya yang khas dan bersahaja, Ustadz Adi Hidayat membahas berbagai topik terkait bulan Ramadan, seperti alasan mengapa umat muslim harus berpuasa hingga rahasia menjelang buka puasa. Adapun durasi video di AKUSUKA kurang dari 20 menit, tetapi bahasannya begitu padat dan komprehensif.

Cara penyampaian Ustadz Adi Hidayat pun mudah untuk kita pahami dan cocok untuk generasi muda maupun generasi di atasnya. Goodmates pun bisa menonton konten ini bersama orang tua dan anggota keluarga lainnya.

Baca juga: Rekomendasi Channel Youtube Edukatif Cocok Temani Ngabuburit

3. Yufid.TV

Pengajian live menjelang buka puasa | Foto: Yufid.TV/YouTube

Selanjutnya ada Yufid.TV, channel yang selalu aktif mengunggah video pengajian dan ceramah dari berbagai ustaz dan ustazah. Di bulan Ramadan ini, Goodmates juga bisa menyaksikan video pengajian tersebut secara live menjelang waktu buka puasa.

Adapun jenis ceramah yang tersedia juga membahas berbagai hal, mulai dari kajian tafsir Al-Qur’an hingga kajian fiqh. Channel ini cocok untuk Goodmates yang ingin mendalami Islam dari berbagai macam tokoh. Durasi video pun bervariasi, ada yang kurang dari lima menit, ada pula yang lebih dari satu jam.

Baca juga: Rekomendasi Channel Youtube untuk Cari Inspirasi Menu Buka Puasa

4. Mufti Menk

Ramadan Boost 2022 | Foto: Mufti Menk/YouTube

Bila Goodmates ingin menonton konten dakwah sembari belajar bahasa Inggris, channel Mufti Menk bisa jadi solusi. Mufti sendiri adalah sebutan untuk seseorang yang punya ilmu agama yang tinggi sehingga berhak untuk memberi fatwa (keputusan atas suatu permasalahan agama).

Menariknya, walaupun memiliki wibawa dan kekuasaan yang besar, cara dakwah Mufti Menk justru cenderung lembut dan bersahabat. Ia juga memiliki pengucapan kosakata bahasa Inggris yang jelas sehingga membantu pemirsa memahami isi dakwah dengan mudah.

Pada Ramadan kali ini, channel Mufti Menk memiliki konten bertajuk Ramadan Boost yang dapat Goodmates saksikan setiap sore. 

Itulah beberapa rekomendasi channel YouTube yang aktif mengunggah konten dakwah islami untuk menemani waktu menjelang buka puasa. Semoga bermanfaat.