Rekomendasi Channel Youtube Tentang Kuliah Luar Negeri
Channel Youtube | Foto: Freestocks.org/Pexels

Goodmates mungkin sudah tidak asing lagi dengan Leonardo Edwin, Gita Savitri, dan Jerome Polin. Ketiganya merupakan youtuber Indonesia yang terkenal lewat videonya tentang kuliah luar negeri.

Selain channel youtube mereka bertiga, ternyata masih ada banyak channel youtube atau youtuber asal Indonesia lain yang juga memberikan konten edukatif mengenai kuliah di luar negeri. Berikut 5 rekomendasi channel youtube tentang kuliah luar negeri.

1. Vira Cania Arman

Thumbnail video Vira | Foto: Youtube Vira Cania Arman

Buat Goodmates yang ingin kuliah di Belanda, channel youtube yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Aktif memberikan konten mengenai kuliah luar negeri sejak 2017, Vira Cania Arman merupakan penerima beasiswa S2 StuNed jurusan Business Administration di VU University of Amsterdam.

Meski Vira sudah menyelesaikan pendidikannya, ia masih aktif memberikan video edukatif. Misalnya serba-serbi beasiswa luar negeri, tips menulis motivation letter, rekomendasi buku IELTS, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mengobati Rindu, Ini dia 5 Restoran Indonesia di Luar Negeri

2. CXO Media

Thumbnail video CXO Media | Foto: Youtube CXO Media

CXO Media merupakan media digital terbaru dari Transmedia berbasis Youtube yang hadir sejak Agustus 2020. CXO media berfokus menyajikan konten autentik dan menarik bagi generasi muda melalui konten inspiratif, berwawasan, dan menghibur.

Salah satu program CXO media yang mampu memberikan inspirasi sekaligus membuka wawasan ialah program LDR (Langkah Di tempat Rantau). Program ini akan menampilkan para diaspora atau warga negara Indonesia yang sedang tinggal di luar negeri.

Para diaspora ini merupakan pekerja dan mahasiswa yang akan memberikan pengalaman dan perspektif menarik tentang kehidupannya di luar negeri melalui video. Di antaranya tersebar di Jepang, Belanda, Jerman, Belgia, Singapura, Rusia, dan masih banyak lagi.

3. Zhafira Aqyla

Thumbnail video Zhafira | Foto: Youtube Zhafira Aqyla

Selanjutnya ada Zhafira Aqyla, seorang mahasiswa peneliti Indonesia yang tinggal di Osaka, Jepang. Melalui channel youtube-nya, Zhafira aktif membagikan kehidupannya sebagai mahasiswa, peneliti pendidikan seks, dan minoritas muslim yang tinggal di Jepang.

Zhafira merupakan alumni beasiswa MEXT Jepang yang baru saja menamatkan pendidikan S1-nya di Osaka University dengan jurusan Human Science. Channel youtube satu ini bisa jadi inspirasi buat kamu yang ingin kuliah di Jepang.

Baca juga: Negara-negara Favorit Mahasiswa Indonesia untuk Kuliah di Luar Negeri

4. Xaviera Putri

Thumbnail video Xaviera | Foto: Youtube Xaviera Putri

Masih dari negara Asia, channel youtube berikut ini milik seorang mahasiswi Indonesia yang merupakan penerima beasiswa S1 Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST). Xaviera mengambil dua jurusan sekaligus, yakni Computer Science dan Business and Technology Management.

Menariknya, Xaviera sudah sejak SMA bersekolah di Korea lewat program Korea Science Academy of KAIST. Untuk Goodmates yang masih duduk di bangku SMP, kamu bisa cari tahu beasiswa yang satu ini agar berkesempatan untuk SMA di Korea seperti Xaviera.

5. MahasiswaPL

Thumbnail video mahasiswaPL| Foto: Instagram @mahasiswa.pl

Rekomendasi yang terakhir ialah channel youtube mahasiswaPL. Channel ini milik dua orang mahasiswa Indonesia, yaitu Arnold dan Yola yang saat ini sedang kuliah S3 di Polandia.

Keduanya merupakan penerima Stefan Banach Scholarship dengan universitas dan jurusan yang sama, yakni di Poznań University of Life Sciences dengan jurusan Food Technology and Nutrition.

Baca juga: 5 Tips Lulus dengan Predikat Cumlaude

Melalui channel youtube-nya, mereka membagikan pengalaman tentang kuliah luar negeri, tips dan trik mendapatkan beasiswa dari negara-negara Eropa, campus tour, dan masih banyak lagi.

Itulah 5 channel Youtube bertema edukasi tentang kuliah di luar negeri. Jika Goodmates masih bingung dan mau mencari banyak referensi, menonton channel Youtube mereka bisa menjadi pilihan.