Rekomendasi Channel YouTube untuk Cari Inspirasi Menu Berbuka Puasa
Ilustrasi memasak menu buka puasa | Foto: Maarten van de Heuvel/Unsplash

Goodmates, apakah kamu sudah mulai bosan dengan masakan berbuka yang itu-itu saja?Bingung mau mencari ide masakan dari mana? Itu tandanya, kamu perlu inspirasi sekaligus resep praktis untuk membuat menu buka puasa.

Tenang saja, kali ini GoodSide sudah merangkum 5 rekomendasi channel YouTube yang bisa kamu tonton untuk mencari inspirasi menu berbuka puasa. Pastinya puasa kamu akan semakin bervariasi setelah ini.

1. Masak TV

Channel Masak TV | Foto: YouTube

Channel YouTube ini aktif memberikan informasi sekaligus dan tata cara memasak. Terdapat tiga orang host yang biasanya memandu Masak TV, yakni Alvin Maulana, Tirta Pane, dan Faisal Lanin.

Kamu bisa mempelajari aneka resep yang kebanyakan merupakan kuliner asli Indonesia. Mulai dari menu paling dasar sampai hidangan utama nusantara bahkan luar negeri.

Selain itu, penonton juga dapat mengambil inspirasi mengenai menu sahur dan buka puasa meliputi makanan pembuka (appetizer), makanan utama (main course), sampai hidangan penutup (dessert) yang tentunya berguna untuk praktik di rumah.

Baca juga: Rekomendasi Channel Youtube Edukatif untuk Temani Ngabuburit

2. Yuda Bustara

Channel Yuda Bustara | Foto: YouTube

Apabila kamu sedang bingung mencari ide masakan, cobalah tonton video di channel Yuda Bustara. Chef muda yang satu ini sudah sering menghiasi wajah beberapa acara dan program memasak, terutama Kokiku TV.

Yuda sendiri merupakan tukang masak profesional yang concern dalam bidang healthy food. Tidak heran, kamu akan menemukan beragam konten memasak makanan sehat yang pastinya cocok untuk mendukung program diet, apalagi kalau sedang berpuasa.

Kamu juga bisa membuat request untuk resep makanan tertentu. Caranya sangat gampang, tinggal menuliskan komentar di YouTube maupun pada akun Instagram @yudabustara dengan menyertakan tagar #ASKyuda.

Baca juga: Jangan Panik! Ini Cara Buka Hp Ketika Lupa Kata Sandi

3. Rasa Sayange TV

Channel Rasa Sayange TV | Foto: YouTube

 

Goodmates, pasti kamu sudah familiar dengan nama Chef Rudy, bukan? Pria bernama lengkap Rudy Choirudin ini memang sudah lama berkecimpung di dunia kuliner.

Kepiawaiannya dalam memasak memang tidak perlu kamu ragukan lagi. Tidak heran, ia sekarang menjadi host utama pada channel Rasa Sayange TV.

Channel ini mengusung konsep yang berlokasi di dapur dengan angle kamera yang nyaman untuk pemirsa tonton. Chef Rudy di sini banyak membagikan menu masakan khas nusantara.

Apabila kamu seorang pecinta kuliner tanah air, video-video di Rasa Sayange TV dapat menjadi referensi hidangan untuk berbuka puasa. Aneka resep mulai dari gulai, opor ayam, balado, serta lodeh pastinya sangat cocok buatmu.

Baca juga: Jangan Malas Datang! Intip Manfaat Buka Puasa Bersama Komunitas

4. Kokiku TV

Chanel Kokiku TV | Foto: YouTube

Sebagai salah satu channel kuliner terpopuler di YouTube, Kokiku TV menyajikan beragam konte. Mulai dari resep masakan rumah, keunikan street food (kuliner jalanan), serta biografi seorang chef profesional. 

Kamu juga bisa menemukan video tutorial masak, resep simpel super lezat, tips dan trik dekorasi makanan, hingga keindahan fine-dining cuisine di sini. Lengkap sekali, bukan?

Menariknya, channel Kokiku TV pun kerap menyajikan video review makanan yang penilaiannya langsung dari lidah anak kecil yang terbilang masih polos. Dengan begitu, penonton akan mengetahui bagaimana cita rasa suatu makanan yang sejujur-jujurnya.

5. Pufflova

Channel Pufflova | Foto: YouTube

Jika sebelumnya sudah banyak membahas tentang menu berbuka puasa atau sahur, channel Pufflova lebih berfokus terhadap makanan dessert yang cocok untuk takjil.

Resep-resep makanan yang mereka tawarkan terbilang sederhana sehingga tidak perlu dua kali kerja dan hasilnya bisa kamu simpan di kulkas untuk beberapa lama. 

Lebih lanjut, tersedia pula aneka tutorial membuat makanan penutup atau kue dalam kategori videonya, misalnya es pisang ijo, es pelangi, klapertart, nastar, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa rekomendasi channel masak Youtube yang dapat kamu tonton untuk mencari inspirasi menu selama Ramadan. Bagaimana, sudah siap kembali ke dapur?

Referensi: Upstation Asia | Indozone | Buka Review