Cocok untuk Bersantai, Ketahui 3 Kafe Semi-Outdoor di Bandung
Ilustrasi kafe dengan gaya semi-outdoor | Sumber: Birendra Bikram/Unsplash

Penelitian banyak membuktikan bahwa berlibur memiliki manfaat positif bagi kesehatan. Baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental, sesekali Kawan juga memerlukan istirahat sejenak dari rutinitas harian.

Mendatangi tempat baru yang memberikan suasana baru dapat berpengaruh terhadap kondisi suasana hati, menghasilkan perasaan senang, mengurangi tekanan stres, dan masih banyak lagi. Hasilnya, Kawan juga dapat menjadi seseorang yang lebih kreatif lagi dengan ide-ide yang lebih segar.

Berlibur enggak selalu harus berpergian jauh, lo. Kawan tetap dapat berlibur sejenak salah satunya dengan mendatangi tempat-tempat yang nyaman untuk bersantai.

Mengingat saat pandemi, banyak orang yang lebih waspada mementingkan social distancing antar masyarakat, mungkin 3 rekomendasi kafe semi-outdoor di Bandung ini dapat Kawan pertimbangkan.

Nara Park, tempat makan dengan lahan hijau luas yang terbuka, cocok untuk keluarga!

Nara Park, Bandung.
Nara Park, Bandung. Sumber: Liputan6/Istimewa

Kalau Kawan mencari kafe dengan lapangan hijau yang luas dan segar, mungkin Kawan ingin mencoba berkunjung ke Nara Park? Nara Park berlokasi di sekitar daerah Ciumbuleuit di Bandung Utara.

Luasnya lahan yang dimiliki membuat Kawan dapat memilih untuk duduk di mana saja, baik indoor, semi-outdoor maupun langsung merasakan outdoor, menyantap makanan dengan bergaya ala piknik, menggelar alas duduk di rerumputan. Terdengar menyenangkan, ya!

Dari segi makanan juga tak kalah membuat excited, pasalnya Nara Park memiliki beberapa pilihan resto di dalamnya, mulai dari masakan ala barat, ala Jepang, masakan nusantara, hingga yang khusus menyediakan makanan pencuci mulut juga tersedia.

Sst, tentunya juga banyak sudut yang Instagramable!

Kalpa Tree, tempat makan dengan private pool, Bandung rasa Bali!

Kalpa Tree Dine & Chill, Bandung.
Kalpa Tree Dine & Chill, Bandung. | Sumber: Info Bandung

Tidak jauh dari lokasi Nara Park, terdapat tempat makan semi-outdoor lainnya yang gak kalah cozy. Sesuai namanya Kalpa Tree Dine & Chill, restoran bergaya eco resort  ini cocok bagi Kawan yang ingin chilling bersama keluarga atau teman-teman.

Dikutip dari Merdeka.com, Operational Manager Kalpa Tree, Sandy Mochamad Taufik menjelaskan nama yang diusung untuk Kalpa Tree memiliki makna sebagai pohon kehidupan. Maka dari itu, tempat ini dipenuhi tumbuh-tumbuhan dan pepohonan hijau yang menyejukan mata.

Tidak kalah menariknya adalah mereka memiliki private pool bagi para pengunjung restoran. Wah, kalau Kawan ingin hangout sekaligus berenang, Kalpa Tree bisa jadi pilihan, nih!

Taman Kardus, tempat makan unik dari kardus

Taman Kardus, Bandung. | Sumber: Traveling Yuk
Taman Kardus, Bandung. | Sumber: Traveling Yuk

Hmm, tempat makan dengan konsep taman dipenuhi kardus-kardus? Terdengar unik ya?

Ternyata ada sejarahnya nih Kawan di balik penggunaan nama Taman Kardus. Dikutip dari situs Tempat Wisata Bandung, Taman Kardus merupakan tempat wisata yang digagas oleh tim Taman Kardus yang bekerjasama dengan Dus Duk Duk, sebuah perusahaan kreatif yang mengelola kardus untuk produk furnitur, hiasan interior, dekorasi, packaging, dan lain-lain. Alasan kardus yang dijadikan sebagai media yang digunakan, karena bahannya dinilai sebagai material yang mudah didapat serta mudah didaur ulang sehingga ramah lingkungan.

Akhirnya, jadilah tempatnya memiliki branding yang unik. Seperti dekorasi sebuah miniatur Gedung Merdeka yang terbuat dari kardus, hingga kursi dan meja juga terbuat dari kardus. Bahan yang digunakan berjenis kardus tipe AA yang memiliki kualitas mampu bertahan lama. Jadi, Kawan tak perlu khawatir.

Taman Kardus terletak di daerah Kabupaten Bandung Barat. Seperti kedua tempat makan sebelumnya, tempat makan yang mengusung tema edukasi dan wisata fotografi ini juga menyediakan dua area yaitu area indoor dan outdoor.

Tips bepergian aman saat pandemi

Meski sudah boleh bepergian, jangan lupa tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan ya Kawan. Dikutip dari Kompas.com, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan saat Kawan ingin melakukan makan di tempat.

Perhatikanlah ventilasi ruang restoran. Pastikan tempat makan yang Kawan tempati memiliki sirkulasi pergantian udara yang baik ya, Penting juga melihat apakah restoran tersebut telah melaksanakan protokol kesehatan dengan baik, seperti menjaga kapasitas pengunjung, mengecek suhu tubuh pengunjung yang datang, mewajibkan seluruh staf menggunakan masker, serta membersihkan meja dan kursi dengan benar. Biasanya, restoran akan memberikan tanda di meja yang telah dibersihkan dan disemprot dengan disinfektan.

Selain itu, perhatikan cara restoran membersihkan alat makan, biasanya restoran yang baik memberikan layanan tambahan seperti menyediakan alat makan yang direndam dengan air panas untuk menjaga kebersihannya. Sebisa mungkin hindari makanan yang disajikan dengan sistem prasmanan.

Pastikan juga memilih tempat makan yang dapat melaksanakan social distancing ya Kawan. Terakhir, sebisa mungkin manfaatkan layanan pesan antar makanan, bagaimanapun juga opsi ini dinilai lebih aman oleh Ikatan Dokter Indonesia. Jadilah masyarakat yang bijak dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Selamat berkunjung!

Referensi: Info Bandung | Pop Mama | Piknik Dong | Liputan 6 | Get Lost ID | Merdeka.com | Explore Bandung Barat | Tempat Wisata di Bandung | Kompas.com