Daftar Informasi Beasiswa S1 Ke Luar Negeri yang Akan Dibuka Tahun 2022/2023
Oregon State University, USA | Unsplash/Porter Raab

Kuliah di luar negeri setelah lulus sekolah menjadi impian banyak orang. Ada yang beralasan ingin mencoba suasana baru yang berbeda, meningkatkan jejaring, mengembangkan kemampuan komunikasi serta bahasa, atau karena ingin berlatih hidup mandiri.

Apakah Kawan termasuk salah satunya?

Jika ya, mencari beasiswa adalah salah satu cara yang tepat agar dapat bersekolah di luar negeri. Tanpa beasiswa, total biaya yang harus Kawan keluarkan tentu cukup besar, mengingat mata uangnya saja berbeda dari Indonesia. Misalnya untuk biaya kampus, transportasi pergi dan pulang ke Indonesia, living cost, dan masih banyak lagi. 

Oleh karena itu, banyak pengejar beasiswa yang rutin mengecek informasi terkait beasiswa yang akan dibuka setiap tahun. Ada yang membuka pendaftaran mahasiswa baru hanya satu kali dalam setahun, sementara sebagian lagi memberikan kesempatan pendaftaran secara periodik. Misalnya pendaftaran dibuka pada awal, pertengahan, atau akhir tahun. 

Bagi Kawan yang ingin mendaftar beasiswa yang dibuka secara periodik maupun hanya sekali setahun, sebaiknya rutin mengecek jadwal pendaftaran agar tidak ketinggalan informasi. 

Lalu, kira-kira ada beasiswa S1 ke luar negeri apa saja yang akan dibuka untuk tahun 2022/2023?

Program Beasiswa Diploma dan Sarjana

Liberty University, USA | Unsplash/Erika Fletcher

Beasiswa S1 Monbukagakusho

Kawan pernah dengar beasiswa ini? Monbukagakusho merupakan beasiswa pemerintah Jepang yang peminatnya cukup tinggi. Dalam beberapa tahun terakhir, beasiswa ini rutin dibuka, dan biasanya pendaftaran berlangsung sekitar April-Mei setiap tahun. 

Monbukagakusho diperuntukkan bagi lulusan SLTA yang mau melanjutkan studi D2, D3, dan S1 di universitas-universitas Jepang. Pilihan studi yang tersedia sangat luas, yaitu berbagai bidang IPA dan IPS.

Jika Kawan terpilih sebagai penerima beasiswa, sebelum berkuliah, Kawan harus belajar bahasa Jepang, matematika, bahasa Inggris, ilmu sosial (bagi pemilih bidang studi IPS) dan fisika, kimia, biologi (bagi pemilih bidang studi IPA) di sekolah persiapan selama satu tahun di Jepang. Jadi, total masa belajar adalah lima tahun (satu tahun sekolah persiapan + empat tahun kuliah S1). 

Oya, beasiswa ini memberikan pembiayaan penuh selama studi, lho! Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Kawan bisa lihat di sini sch_gakubu2022_faq.pdf (emb-japan.go.jp)

Beasiswa S1 OTS

Beasiswa OTS atau Orange Tulip Scholarship adalah salah satu beasiswa dari Belanda yang rutin dibuka setiap tahun. Beasiswa ini ditawarkan bagi warga negara Indonesia yang berminat untuk melanjutkan studi SI maupun S2. 

Secara umum, penerima beasiswa OTS akan mendapatkan potongan biaya studi mulai dari 30%-100%, atau hanya tanggungan biaya hidup per bulan (tanpa potongan biaya studi). Nominal beasiswa juga telah dijelaskan rinci, Kawan bisa mengeceknya di sini (Neso Indonesia | Study in Holland).

Salah satu kemudahan beasiswa OTS adalah karena proses seleksi hanya berupa berkas, tidak ada proses wawancara langsung atau tes tulis lainnya. Biasanya, beasiswa OTS untuk S1 dibuka kembali pada September hingga Mei. Tunggu pengumuman terbaru tahun akademik 2022 – 2023 ya, Kawan.  

Beasiswa S1 Jardine

Bagi Kawan yang berminat kuliah di Inggris, program beasiswa Jardine memberikan kesempatan untuk studi di dua kampus ternama, University of Oxford dan University of Cambridge. Beasiswa ini diberikan oleh Jardine Matheson Group untuk para lulusan SLTA dari beberapa negara Asia, termasuk Indonesia. 

Selain biaya kuliah penuh di program S1, penerima beasiswa juga berhak memperoleh tunjangan tahunan untuk biaya makan, penginapan, dan berbagai biaya insidentil lainnya. Wah, menarik sekali bukan?

Pendaftaran beasiswa Jardine biasanya sudah dibuka sebelum September dan Oktober. Catat waktunya ya, Kawan! Informasi lebih lanjut bisa cek di sini Jardine Foundation | Jardine Matheson (jardines.com)

Beasiswa S1 Korea GKS (KGSP)

Kabar baik buat Kawan yang berminat kuliah S1 di Korea Selatan! 

Global Korea Scholarship (GKS) yang dulu dikenal dengan nama Beasiswa KGSP, ditawarkan setiap tahun oleh pemerintah Korea Selatan bagi lulusan SLTA. Pendaftaran beasiswa ini dibagi menjadi 2 jalur yaitu University Track (Jalur Universitas) dengan kuota 3 orang dan Embassy Track (Jalur Kedutaan Besar Korea) di Jakarta dengan kuota 5 orang. 

  • University Track (Jalur Universitas)

Kawan yang ingin mendaftar beasiswa GKS melalui jalur University Track, hanya bisa memiliki jurusan terkait Ilmu Alam (natural science) dan Teknik (Engineering). Jurusan dan universitas yang dipilih juga hanya boleh satu saja. 

Pendaftaran dilakukan secara langsung pada universitas yang dituju di Korea Selatan. Tata cara pendaftaran Beasiswa GKS pada setiap universitas berbeda-beda, sehingga peserta harus rajin mengecek website resmi universitas yang dituju untuk melihat persyaratan dan batas waktu pendaftaran. Meski berbeda, umumnya registrasi ditutup pada bulan Oktober. 

  • Embassy Track (Jalur Kedubes Korea Selatan di Jakarta)

Bagi Kawan yang ingin mendapat banyak pilihan jurusan, dapat mendaftar melalui Beasiswa GKS Embassy Track (jalur Kedubes Korea Selatan di Jakarta). Peserta harus memilih tiga universitas dan harus menyertakan minimal satu universitas Tipe B dari dalam daftar. 

Hampir sama dengan University Track, jalur ini biasanya ditutup sebelum bulan Oktober. Sebelum menyiapkan berkas, pastikan Kawan membaca seluruh informasi dan ketentuan pendaftarannya di http://www.studyinkorea.go.kr dan https://overseas.mofa.go.kr, ya!

Beasiswa S1 Türkiye Scholarships

Setiap tahun, Pemerintah Turki menawarkan Türkiye Scholarships, beasiswa penuh bagi pelamar Internasional termasuk dari Indonesia. Beasiswa ini tersedia untuk berbagai jurusan dan bidang studi, lho, Kawan.

Dalam beasiswa ini, pelamar tidak perlu mengajukan pendaftaran terpisah pada universitas yang dituju. Dengan formulir pendaftaran online beasiswa, pelamar bisa mendaftar langsung ke universitas yang diinginkan. Sehingga, saat dinyatakan lulus beasiswa, secara otomatis juga akan diterima pada universitas di Turki.

Proses studi kebanyakan memakai bahasa Turki, meski ada juga yang memakai pengantar Inggris, Prancis, atau Arab. Jadi, cermati dulu informasinya sebelum mendaftar. Namun, penerima beasiswa akan mendapat kursus bahasa Turki gratis selama setahun sebelum berkuliah di sana. 

Biasanya, batas waktu pendaftaran beasiswa Turki akan ditutup bulan Februari. Informasi lebih lanjut bisa Kawan cek di sini TURKİYE SCHOLARSHIPS (turkiyeburslari.gov.tr)

Beasiswa S1 Brunei Darussalam Government Scholarship (BDGS)

Beasiswa BDGS biasanya rutin dibuka bagi pelajar internasional termasuk dari Indonesia untuk melanjutkan kuliah Diploma, S1, dan S2 pada universitas di Brunei Darussalam. Beasiswa yang diberikan bersifat penuh.

Kawan yang berminat dapat mendaftar beasiswa di Universiti Brunei Darussalam (UBD), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), Universiti Teknologi Brunei (UTB), atau Politeknik Brunei (PB). Pilihan program studi yang ditawarkan juga cukup beragam. 

Biasanya, batas waktu pendaftaran beasiswa S1 Brunei paling lambat adalah bulan Februari. Untuk informasi lainnya coba cek di sini Home - Ministry of Foreign Affairs (mfa.gov.bn)

Itulah beberapa rangkuman daftar beasiswa S1 luar negeri yang kemungkinan besar akan dibuka lagi untuk tahun 2022/2023. Masih banyak sekali beasiswa S1 ke luar negeri yang bisa Kawan temukan, asal mau dan rajin mencarinya. 

Jika Kawan berminat mendaftar salah satu beasiswa, jangan lupa untuk mencatat periode registrasi dan tahapan seleksi dari sumber resminya, ya. 

Bagaimana, apa sudah siap mengumpulkan berkas untuk daftar beasiswa?

Referensi

1 pesan baru (biaya-kuliah.net)

Informasi Beasiswa Monbukagakusho/ MEXT (emb-japan.go.jp)

Beasiswa S1 Korea 2022 GKS (KGSP) Undergraduate FULL Scholarship • INDBeasiswa

Beasiswa Turki Tahun 2021 FULL Scholarship untuk Kuliah S1, S2, dan S3 • INDBeasiswa

Info Terbaru Beasiswa TA 2022/2023 Terbaru Program S1, S2, dan S3 | Biaya Kuliah 2022-2023 (biaya-kuliah.net)