Dampak Buruk di Balik Menyalakan Kipas Angin Saat Tidur Semalaman
Ilustrasi│Kinga Cichewicz/Unsplash

Sebagian dari kita mungkin banyak yang terbiasa tidur sambil menyalakan kipas angin. Hal ini mungkin menjadi kebiasaan setiap orang karena hawa yang cukup gerah saat malam membuat kita ingin menyalakan kipas semalaman saat tidur.

Meski untuk sebagian orang  menyalakan kipas angin semalaman membuat tidur semakin nyaman, tapi kebiasaan menyalakan kipas angin saat tidur ternyata memiliki dampak buruk untuk kesehatan, loh.

Nah, bagi kamu yang terbiasa tidur sambil menyalakan kipas angin semalaman, kamu wajib menyimak artikel ini.

Fakta Atau Mitos?

Dampak dari menyalakan kipas angin saat tidur masih menjadi perdebatan. Ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa hal ini tidak berbahaya, tapi ada juga yang mengatakan hal ini memang tidak baik bagi kesehatan.

Faktanya, tidur dengan menyalakan kipas angin memanglah memberikan beberapa dampak negatif pada kesehatan. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa tidur sambil menyalakan kipas angin.

Dampak buruk dari tidur dengan menyalakan kipas angin masih bisa dihindari. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari dampak negatif dari tidur dengan menyalakan kipas angin.  Namun, perlu diingat bahwa tidur dengan menyalakan kipas angin tetap saja akan memberikan dampak buruk jika dilakukan dengan cara yang salah.

Dampak buruk menyalakan kipas angin saat tidur bagi kesehatan

Ilustrasi│Delaney Van/Unsplash

Tidur dengan kipas angin menyala tidak baik bagi seseorang yang memiliki alergi dan asma. Hal ini dikarenakan kipas angin dapat menyebarkan partikel-partikel debu dan dapat mengakibatkan iritasi. Adapun beberapa dampak buruk dari tidur dengan kipas angin menyala sebagai berikut.

Alergi dan Asma

Seperti yang disinggung sebelumnya, bahwa salah satu dampak buruk dari tidur dengan kipas menyala akan dirasakan oleh seseorang yang memiliki alergi dan asma. Debu pada kipas angin yang bertebangan di dalam ruangan, jika terhirup dapat menyebabkan alergi dan asma.

Partikel-partikel kotor lain yang terhirup dapat menyebabkan alergi seperti bersin, mata berair hingga tenggorokan kering.

Dehidrasi dan Hipotermia

Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kekurangan cairan, sedangkan hipotermia adalah kondisi  dimana suhu tubuh menurun drastis. Suhu dingin dari kipas angin yang dinyalakan semalaman, apalagi jika kita tidur tanpa menggunakan selimut, dapat memicu dua gangguan kesehatan ini.

Bell Palsy

Suhu dingin yang dihasilkan kipas angin dapat menyebabkan bell palsy. Bell palsy adalah sebuah gangguan syaraf, dimana wajah akan mengalami pembengkakan di area tertentu karena terpapar suhu dingin.

Itu dia beberapa dampak buruk dari menyalakan kipas angin saat tidur bagi kesehatan. Sedikit tips untuk kamu, lebih baik kamu mencuci muka setiap akan tidur untuk menyegarkan diri dan tidak perlu menggunakan kipas angin.

Selain itu, kamu juga harus rutin membersihkan kipas angin, agar kipas angin bersih dari debu dan tidak menyebabkan alergi.

Referensi: ners.unair.ac.idAlodokterTirto