Wah, Ternyata Daun Pepaya Bisa Atasi Jerawat Loh!
Manfaat daun pepaya untuk mengatasi jerawat | Foto: spexels.com/id-id

#FutureskillsGNFI

Sekarang ini jerawat tidak hanya menjadi permasalahan bagi kaum perempuan saja melainkan juga menjadi permasalahan bagi laki-laki. Jerawat memang mengganggu penampilan dan bisa menurunkan rasa percaya diri kamu. Beragam produk perawatan kulit bisa kamu gunakan untuk mengatasi jerawat mulai dari produk yang mengandung bahan kimia ataupun produk alami. Namun tahukah kamu, bahwa daun pepaya bisa mengatasi permasalahan jerawat di kulit wajah kamu.

Apabila kamu sudah mengetahui penyebab jerawat, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk mencari cara untuk menghilangkan jerawat. Dibanding menggunakan bahan kimia untuk mengusir jerawat, ada juga berbagai bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai obat untuk mengatasi jerawat.

Ada banyak faktor munculnya penyebab jerawat, diantaranya pola makan dan istirahat yang tidak baik, stres, hormon, kebersihan diri, dan masih banyak lagi. Namun salah satu penyebab pastinya muncul akibat adanya bakteri penyebab jerawat hingga peradangan kulit.

Penggunaan bahan alami atau herbal untuk jerawat ternyata telah ada sebelum perawatan modern yang berkembang seperti sekarang. Obat dengan bahan alami dipilih karena pengobatannya memiliki efek samping yang pastinya lebih sedikit dibandingkan dengan pengobatan modern.

Pohon pepaya ternyata memiliki segudang manfaat yang jarang orang ketahui, selain buah pepaya yang dapat kamu konsumsi, daun pepaya juga dapat dimanfaatkan sebagai produk perawatan untuk mengatasi permasalah kulit kamu. Daun pepaya mengandung zat alkaloid dan enzim papain dalam jumlah yang banyak. Enzim papain ini terdapat dalam getah pepaya yang berwarna putih kental. Enzim papain bersifat proteolitik jadi kegunaan enzim ini adalah untuk memecahkan protein sehingga mudah diserap tubuh. Kandungan dalam daun pepaya yang sudah tua mengandung banyak Fenolik.

Mengutip Jurnal Teknologi Busana dan Boga, Universitas Negeri Semarang, bahwa ekstrak daun pepaya bisa mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan flek di wajah. Enzim papain dan chymopapain dalam daun pepaya bekerja dengan mengurangi peradangan kulit.

Papain juga bermanfaat menghilangkan keratin yang rusak dan menumpuk di kulit hingga membentuk benjolan kecil, seperti dikutip dari Healthline. Daun pepaya yang sudah tua bisa dibuat masker dengan campuran biji jagung. Kedua bahan itu dikeringkan terlebih dahulu kemudian dilumatkan menjadi bubuk. Daun pepaya yang sudah halus dicampur air secukupnya. Setelah itu dioleskan di wajah sampai mengering.

Dalam daun pepaya juga terkandung 3 jenis enzim lain yaitu enzim khimoprotein yang berfungsi sebagai katalisator dalam reaksi hidrolisis antara protein dengan polipetida. Kemudian ada enzim lisozim yang berfungsi sebagai anti-bakteri. Rasa pahit yang ada dalam pepaya di akibatkan karena kandungan senyawa alkaloid karpain yang dirumuskan (C14H25NO2). Zat ini juga bermanfaat untuk menurunkan demam, mereduksi tekanan darah dan membunuh mikroba.

Karpain dapat menghalangi masuknya masuknya mikroorganisme maupun racun pada permukaan kulit wajah. Sehingga wajah bukan hanya tampak bersih dari jerawat atau kondisi lainnya, tetapi juga terlindungi dari ancaman zat asing. Dengan kandungan pepaya yang seperti itu, maka daun pepaya dikenal sebagai pengobat jerawat dan menjaga kesehatan wajah.

Bubuk daun pepayaBubuk daun pepaya I Foto: Tokopedia

Manfaat daun pepaya untuk menghilangkan jerawat bisa didapatkan dari ekstraksi daun pepaya yang dikeringkan lalu diaplikasikan menjadi masker dengan menambahkan air atau menghaluskan daun pepaya secara langsung dengan menambahkan air sehingga menjadi seperti pasta. Masker daun pepaya ini kemudian dioleskan secara merata dipermukaan wajah, terkhusus pada jerawat yang meradang. Pengaplikasiannya bisa digunakan setiap hari, baik siang maupun malam.

Referensi

Afrilyanti, H.R., 2015. Pengaruh Gel Anti Jerawat dari Ekstrak Daun Pepaya dan Daun Binahong Terhadap Konsumen Untuk Mengeringkan Jerawat. Program Studi Pendidikan Tata Kecantikan. Fakultas Teknik. UNNES, Semarang.

Pratiwi, I. & Rusita, Y.D. 2018. Formulasi Masker Ekstrak Daun Pepaya (Carica Papaya L.) Sebagai Anti Jerawat. Kementerian Kesehatan Politeknik Kesehatan Surakarta. Jurusan Jamu, Surakarta.

Setyowati, E. 2018. Perawatan Wajah Berbahan Masker Herbal Daun Pepaya dan Jagung Untuk Usia 20 - 50 Tahun. Jurnal Teknobuga. Fakultas Teknik. UNNES 10(1), 10-15.

Wulandari, M. 2017. Perbedaan Hasil Pengurangan Jerawat dengan Menggunakan Masker Daun Pepaya dan Masker Daun Jambu Biji. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.