Deretan Desa Wisata di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi
Desa wisata di Indonesia | Foto: Unsplash

Desa wisata adalah salah satu poros penting dalam pengembangan pariwisata di Indonesia. Bagaimana tidak, adanya desa wisata telah membantu untuk menarik pengunjung baik domestik maupun mancanegara.

Keberadaan desa wisata memberikan penawaran berupa pemandangan dan keindahan alam, budaya masyarakat lokal, maupun atraksi-atraksi wisata di dalamnya. Keunikan yang ditawarkan pada desa wisata menjadi pembeda dari destinasi-destinasi wisata lain.

Di Indonesia, ada banyak desa wisata yang menjadi pilihan para wisatawan untuk dikunjungi. Bahkan, beberapa desa wisata telah menerima penghargaan tingkat internasional. Pemberian penghargaan tersebut juga membantu desa wisata di Indonesia untuk lebih dikenal hingga kancah internasional.

Oleh karena itu, berkunjung ke desa wisata bisa menjadi jawaban kamu atas kepenatan pada padatnya aktivitas sehari-hari. Desa wisata juga bisa menjadi alternatif atas kebosanan pada destinasi mainstream seperti pantai, gunung, museum, atau tempat lain yang sering dikunjungi. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa desa wisata yang wajib kamu kunjungi.

Desa Pariangan, Sumatra Barat

Desa Pariangan | Foto: Suara

Desa Pariangan terletak di Lereng Gunung Merapi, tepatnya di Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Desa ini memiliki keindahan alam yang mengagumkan sehingga mampu menarik wisatawan.

Kamu bisa menikmati pemandangan deretan rumah tradisional penduduk yang sangat terawat, hamparan sawah yang luas, masjid tua, dan sungai-sungai yang memiliki air jernih. Berdasarkan mitos masyarakat sekitar, Desa Pariangan adalah tempat pertama kali orang suku Minangkabau menetap di wilayah Sumatra Barat

Desa Pentingsari, Yogyakarta

Desa Pentingsari | Foto: Desa Wisata Pentingsari

Desa Pentingsari adalah salah satu desa wisata di Indonesia yang sudah dikenal diseluruh dunia. Desa wisata ini berlokasi Kabupaten Sleman, dekat kawasan Gunung Merapi dengan ketinggian hingga 700 mdpl.

Desa Pentingsari beberapa kali telah menerima penghargaan bergengsi, salah satunya adalah Green Bronze Indonesian Sustainable Tourism Award (ISTA) pada tahun 2017 di kategori ekonomi.

Di tempat ini, kamu bisa menikmati beberapa kegiatan seperti berkemah, outbond, mendaki, membatik, belajar gamelan, menari, hingga membuat wayang rumput khas masyarakat lokal.

Desa Penglipuran, Bali

Desa Penglipuran | Foto: Unsplash

Desa Penglipuran atau Desa Adat Penglipuran adalah desa wisata yang sudah dikenal dunia sejak lama. Pasalnya, di desa ini masih mempertahankan tradisi dan budaya lokal sehingga menjadi daya tarik wisatawan domestik hingga mancanegara.

Desa Adat Penglipuran masih mempertahankan tradisi leluhur. Tata ruang Desa Penglipuran memiliki konsep Tri Mandala yang sudah dipertahankan secara turun menurun. Desa ini juga masih melestarikan hutan bambu yang dipercaya sebagai pelindung bagi masyarakat.

Di tahun 2018, Desa Penglipuran menerima penghargaan sebagai daftar tiga desa paling bersih di dunia menurut pilihan pembaca majalah perjalanan Conde Nest Traveler. Di Desa Penglipuran, kamu bisa menikmati suasana pedesaan lokal bali yang kental akan tradisi hingga festival budaya yang menarik.

Desa Tamansari, Banyuwangi

Desa Tamansari | Foto: Asia Today

Desa Tamansari terletak di kaki Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. Desa Tamansari dikenal sebagai desa dengan asri dan kaya sumber daya alam. Beberapa yang dihasilkan seperti karet, biji kopi, cengkeh, dan cokelat menjadi komoditas lokal yang menjanjikan.

Selain itu, sejumlah peternak sapi di kawasan Desa Tamansari diketahui mampu menghasilkan produk susu berkualitas tinggi. Desa Tamansari juga termasuk dalam desa wisata di Indonesia yang meraih predikat sebagai “Pemanfaatan Desa Wisata Terbaik”.

Desa Nglanggeran, Yogyakarta

Desa Nglanggeran | Foto: Kompas

Desa Nglanggeran memberikan penawaran pada panorama dan keindahan alam yang memikat. Pasalnya, di tempat ini kamu bisa melakukan banyak kegiatan, seperti mendaki, bermain air terjun, wisata budaya Kampung Pitu, atau hanya sekadar bersantai di Embung Nglanggeran.

Desa Nglanggeran terletak di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Pada tahun 2017, Desa Nglanggeran menerima penghargaan dari ASEAN Community Based Tourism (CBT) Awards.

Desa Pemuteran, Bali

Desa Pemuteran | Foto: Unsplash

Desa yang terakhir adalah desa wisata Pemuteran. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Bali menjadi objek wisata yang paling sering dikunjungi. Berletak di Kabupaten Buleleng, Bali, Desa Pemuteran dikenal sebagai desa yang memberikan pesona keanekaragaman hayati yang mengagumkan.

Sebelumnya, desa Pemuteran memang dikenal sebagai desa nelayan yang kini mulai bertransformasi menjadi desa wisata. Di sini, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan seperti diving, snorkeling, hingga berkunjung ke tempat penangkaran penyu. Di tahun 2018, Desa Pemuteran masuk dalam 10 Destinasi Terbaik Asia menurut buku panduan perjalanan Lonely Planet milik BBC.

Nah, itu beberapa referensi desa wisata yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa berkunjung untuk mencari suasana baru sekaligus berinteraksi dengan masyarakat lokal untuk mengenal budaya sekitar. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan protokol kesehatan, ya, Goodmates!

Referensi: Detik | Tempo