Deretan Games Seru, Bisa Kamu Mainkan Walau Spek PC Kentang
Illustrasi bermain game ringan di PC kentang

Sebagian orang pasti setuju kalau bermain game adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, terlebih game PC. Sayangnya, PC dengan spesifikasi minim menjadi penghalang untuk bisa bermain beberapa game yang membutuhkan spesifikasi tinggi.

Tidak hanya cara bermain, game juga memiliki banyak daya tarik mulai dari visual hingga jalan cerita. Akan tetapi, dengan visual yang memukau membuat game memerlukan spesifikasi PC yang tinggi sehingga tidak bisa kamu mainkan di semua jenis laptop.

Meski demikian, ada beberapa game yang seru tapi bisa kamu mainkan di PC spek minim. Tentu bukan dengan visual yang menakjubkan seperti game spek tinggi. Namun, kamu tetap mendapatkan pengalaman bermain dan alur cerita yang tidak kalah seru.

Hal ini menjadi jawaban bagi kamu yang ingin tetap bermain game dengan sumber daya yang minim. Mau tahu apa saja? Simak penjelasan berikut.

1. Game Team Fortress 2

Gambar game Team Fortress 2 | Foto: towardsdatascience.com

Permainan pertama yang bisa kamu coba meskipun PC spek kentang adalah Team Fortress 2. Game ini merupakan multiplayer FPS free-to-play dan termasuk dalam game populer karena jumlah pemain yang besar.

Baca juga: Hiatus 4 Tahun, BIGBANG Kembali Berkarya dan Pecahkan Berbagai Rekor

Valve selaku developer game juga hasil mengembangkan game lain, seperti Counter Strike: Global Offensive, Half-Life, hingga Portal.

Game satu ini sangat ramah dengan PC spek minim. Meskipun visualnya tidak sebagus game modern lainnya, Team Fortress menawarkan cara bermain yang tetap mengasyikkan dan menghibur.

2. Game Portal 2

Gambar game Portal 2 | Foto: gamesradar.com

Selanjutnya ada game yang juga hasil pengembangan dari developer Valve, menjadi salah satu game ringan yang wajib kamu coba. Valve tampaknya tidak pernah gagal dalam mengoptimalisasi game-nya untuk ramah pada spek PC rendah sekalipun.

Sebenarnya, pengaturan visual tertinggi adalah salah satu cara agar pengalaman bermain game ini lebih seru. Akan tetapi, game ini tetap seru dan mengasyikkan sekalipun dalam pengaturan visual yang rendah.

Terlebih, di game ini terdapat karakter-karakter menarik serta gameplay yang unik. Portal 2 juga beberapa misi yang harus kamu selesaikan bersama-sama dengan teman lain guna meningkat dari game sebelumnya, yakni Portal 1.

Baca juga: Rekomendasi Channel Youtube untuk Cari Inspirasi Menu Berbuka Puasa

3. Game League of Legends (LoL)

Gambar game League of Legends (LoL) | Foto: unipin.com

League of Legends adalah salah satu game yang sudah banyak orang mengenal sejak lama. Selayaknya DOTA 2 dari Valve, LOL singkatan dari League of Legends menjadi game berpengaruh dalam perkembangan game MOBA.

LOL termasuk dalam game dengan spek yang rendah, tetapi visual yang mereka tawarkan tidak kalah menakjubkan. Bagi kamu yang suka game MOBA seperti DOTA 2 tapi terkendala spek PC, kamu bisa coba game LOL.

Baca juga: Jaga Bumi dengan Terapkan Green Ramadan

4. Game Stardew Valley

Gambar game Stardew Valley | Foto: id.techinasia.com

Pada umumnya, game jenis tycoon atau game simulasi membangun sesuatu adalah game-game yang tidak memerlukan spek PC tinggi. Sejatinya, game ini sangat sederhana, tetapi = sangat seru memainkannya bahkan membuat ketagihan.

Dari sekian banyak game jenis tycoon, game Stardew Valley menjadi salah satu yang terbaik, khususnya yang memberikan gameplay simulasi bertani. Meskipun game serupa banyak orang menganggap monoton, Stardew Valley tidak lupa memberikan pembaruan.

Berkat itu, kamu tidak akan merasa jenuh dan bosan ketika memainkan game ini. Selain ringan, game hasil pengembangan ConcernedApe juga tidak memerlukan penyimpanan yang besar, hanya sekitar 1 GB.

Beberapa game di atas bisa kamu coba jika memiliki masalah spek PC minim atau kentang. Meski ringan, game ini tidak lupa memberikan penawaran cerita, karakter, gameplay hingga visual yang tidak kalah menakjubkan dari game modern lain.

Referensi: 99.co | IDN Times