Destinasi Wisata Hits Tawangmangu yang Wajib Kamu Kunjungi
Air Terjun Grojogan Sewu di Tawamangu | Foto: Reservasi

Tawangmangu merupakan salah satu kecamatan yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kecamatan ini terletak di kaki Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar. Selain karena udara yang sejuk, Tawangmangu juga dikenal dengan tempat wisatanya.

Keindahan alamnya membuat para wisatawan berbondong-bondong untuk datang. Hal ini banyak membuat warga sekitar memanfaatkannya untuk membuka warung-warung kecil, kafe atau restoran.

Selain restoran dan warung, tentu saja banyak wisata yang bisa kamu nikmati di sini. Pastinya, tempat wisata ini akan membuat kamu tidak menyesal saat berkunjung. Ini dia beberapa destinasi wisata di Tawangmangu yang wajib kamu kunjungi.

1. The Lawu Park

The Lawu Park | Foto: Travel Kompas

Di sini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas mulai dari mencari spot foto hingga menginap. Hutan-hutan pinus yang mengelilingi juga menjadi daya tarik sendiri bagi kamu yang suka menginap dan menyatu dengan alam.

The Lawu Park menyediakan tiga jenis penginapan, yaitu cottage, glamping, dan super glamping. Di The Lawu Park, kamu juga dapat bermain outbond dengan tarif mulai dari Rp120.000 hingga Rp145.000 sudah termasuk makanan dan camilan.

Baca juga: Deretan Desa Wisata di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Jika kamu masih lapar setelah lelah mencari titik foto dan bermain outbond, tentunya kamu dapat mengisi tenaga kembali dengan makan di restoran. Harga makanan yang ada juga tidak membuat kantong menjerit. Dengan mengeluarkan tarif Rp2.000 sampai Rp40.000, kamu sudah bisa menikmati hidangan sambil menikmati pemandangan.

2. Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu

Wisata Bukit Sekipan | Foto: Brobali

Untuk Goodmates yang suka mencari tempat dengan spot foto instagramable, wisata ini cocok banget buat kamu. Terletak di Jalan Sekipan, wisata ini pas untuk menghabiskan waktu dengan teman, pasangan, ataupun keluarga.

Wisata Bukit Sekipan menawarkan banyak fasilitas mulai dari spot foto, wahana, dan juga penginapan. Beberapa wahana yang dapat kamu nikmati adalah jembatan goyang, rumah adat, mini coaster, miniatur ikon dunia, dan miniatur kapal Titanic.

Jam operasi Wisata Bukit Sekipan mulai dari pukul 08.00 WIB dan tutup pada pukul 18.00 WIB di hari biasa. Di hari libur akan tutup pukul 21.00 WIB. Untuk tiket masuk, setiap pengunjung sekitar biaya Rp50.000 dan belum termasuk tiket masuk wahana.

Baca juga: Bukan Sekadar Jalan-Jalan, Berikut Hal yang Dipelajari di Sekolah Pariwisata

3. Kedung Sriti

Air Terjun Kedung Sriti | Foto: Jateng Tribun News

Kalau yang satu ini, cocok untuk kamu yang suka wisata alam. Kedung Sriti merupakan salah satu wisata air terjun yang bisa kamu kunjungi di Tawangmangu. Air terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter ini terletak di antara Dusun Pancot dan Dusun Plalar.

Untuk menuju ke Kedung Sriti, kamu harus berhati-hati karena akses menuju ke tempat wisata ini adalah jalan setapak dan berada di samping jurang. Kedung yang terdapat di bawah air terjun ini dapat kamu manfaatkan untuk berendam dan menikmati suasana asri di sekitar air terjun.

Pengunjung yang mengendarai kendaraan bermotor harus merogoh biaya parkir. Untuk satu motor akan dikenakan Rp2.000 dan akan dikenakan Rp5.000 per mobil. Setelah puas berendam dan menikmati kerindangan di air terjun, kamu juga dapat mengembalikan tenaga dengan makan di warung kecil di sekitar Kedung Sriti.

4. Rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri Indonesia | Foto: The Jakarta Post

Tempat wisata ini merupakan restorasi dari pabrik Citronella Indonesia. Kamu bisa menikmati Aromatic Garden yang penuh banyak bunga warna-warni. Pastinya cocok sebagai spot foto yang menarik.

Wisata yang terletak di Jalan Watusambang ini juga membuka museum essential oil. Museum ini akan menceritakan sejarah dari minyak atsiri. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti workshop yang disediakan di sini.

Tiket masuk ke Rumah Atsiri Indonesia adalah sebesar Rp50.000 per orang. Jika kamu tertarik berkunjung, pastikan untuk datang di jam operasi wisata pada pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

Baca juga: Ingin Berkunjung ke Riau? 5 Destinasi Wisata Ini Tidak Boleh Dilewatkan

5. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu | Foto: Kellogs NYC

Tempat wisata Air Terjun Grojogan Sewu terkenal karena adanya legenda pewayangan Mahabarata. Wisata yang menyuguhkan keasrian alam Tawangmangu ini memiliki ketinggian 81 meter.

Untuk sampai di sana, kamu harus menyusuri sebanyak 1.250 anak tangga. Namun, perjalanan tidak akan terasa lama karena kamu dapat melihat monyet-monyet yang ada di sekitar sana.

Tiket masuk ke Grojogan Sewu dibanderol dengan harga Rp20.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp110.000 per orang untuk wisatawan internasional. Apakah Goodmates tertarik untuk berkunjung?