Diciptakan untuk Menyelamatkan Bumi, Kini Kantong Plastik Mengancam Bumi
Ilustrasi│cocoparisienne/Pixabay

Sampah plastik menjadi salah satu pemicu masalah lingkungan terbesar di dunia saat ini. Tumpukan sampah plastik menggunung dimana-mana dan mencemari lingkungan. Saat ini pun banyak sekali gerakan anti sampah plastik untuk menyelamatkan lingkungan dari sampah plastik.

Namun, berkebalikan dari kondisi saat ini, dulu kantong plastik diciptakan untuk menyelamatkan bumi loh! Penasaran bagaimana kisahnya?

Sebelum adanya kantong plastik, orang-orang menggunakan kantong kertas dan kantong kain untuk membawa barang-barang. Namun, penggunaan kantong yang terbuat dari kertas semakin lama mengancam hutan-hutan yang ada di bumi.

Hal ini dikarenakan permintaan produksi kantong kertas yang semakin meningkat. Hal ini menyebabkan banyak penebangan pohon di hutan yang dilakukan untuk produksi bahan dasar kantong kertas.

Kemudian seorang insinyur dari Swedia, Sten Gustaf Thulin, menciptakan kantong plastik pada tahun 1959. Kantong plastik ini menjadi solusi di tengah semakin meningkatnya penebangan pohon untuk pembuatan kantong kertas.

Tidak seperti kantong kertas yang berbahan dasar pohon dan mengancam keberadaan hutan, proses produksi kantong plastik jauh lebih hemat energi dan tidak mengancam keberadaan hutan.

Selain itu, kantong plastik pada awalnya juga diharapkan menjadi sebuah kantong yang bisa digunakan berkali-kali karena ketahanannya, sehingga tidak akan ada tumpukan sampah kantong kertas yang hanya bisa dipakai beberapa kali.

Kantong plastik kini menjadi ancaman lingkungan

Ilustrasi│MARUF_RAHMAN/Pixabay

Pada awal kemunculannya, kantong plastik menjadi pengganti kantong kertas yang efisien. Selain bisa menghentikan penebangan pohon yang cukup masif di kala itu, kantong plastik juga lebih ringan serta lebih tahan lama dibandingkan kantong kertas.

Namun, setelah lebih dari setengah abad ditemukan, kantong plastik saat ini malah menjadi ancaman yang serius untuk lingkungan. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari perilaku manusia itu sendiri. Kantong plastik yang pada awal ditemukan diproyeksikan untuk digunakan berulang kali, sekarang banyak orang yang menggunakan kantong plastik untuk sekali pakai saja. 

Fungsi yang sebenarnya cukup efisien, kini manusia menjadi lalai saat menggunakan kantong plastik. Kelalaian itu menyebabkan banyak tumpukan kantong plastik hingga menyebabkan pencemaran lingkungan yang mengancam bumi.

Kekuatan kantong plastik yang tahan lama, yang mana pada awalnya difungsikan agar kantong plastik dapat digunakan berkali-kali, saat ini malah menjadi ancaman serius bagi lingkungan karena susah terurai.

Saat ini pun penggunaan kantong plastik semakin dikurangi dan diganti dengan menggunakan kantong kain dan kantong kertas. Iya, kantong kertas. Benda yang dulunya menjadi ancaman bagi lingkungan dan kantong plastik hadir sebagai solusinya.

Jadi, menurut kamu pencemaran yang diakibatkan kantong plastik di seluruh dunia ini salah siapa? Salah manusia atau salah kantong plastik? Apakah penggunaan kantong kertas ini nanti malah akan menimbulkan permasalahan lingkungan, seperti pada masa awal diciptakannya kantong plastik?

Referensi: BBC IndonesiaNational Geographic Indonesia