Dikabarkan Sebagai Kisah Nyata, Begini Fakta di Balik Kartun Upin & Ipin
Ilustrasi│Wallpaperaccess

Beberapa waktu belakang, serial kartun asal Malaysia, Upin & Ipin menjadi perbincangan warganet di media sosial. Kartun yang menampilkan dua anak kembar dari Kampung Durian Runtuh itu dikabarkan diangkat dari kisah nyata.

Dalam sebuah video pendek yang tersebar di dunia maya, menampilkan dua makam yang di batu nisannya tertulis nama Upin dan Ipin. Video ini kemudian memancing spekulasi netizen. Salah satu spekulasi yang banyak dibicarakan adalah bahwa serial kartun Upin & Ipin adalah kisah nyata dari dua anak yang sudah meninggal.

Meskipun hanya sebuah spekulasi netizen tanpa keterangan resmi dari rumah produksi serial Upin & Ipin, kabar mengenai hal ini cukup menghebohkan netizen. Banyak di antaranya yang mempercayai hal ini.

Lantas,  apakah benar opini yang beredar di kalangan warganet bahwa Upin & Ipin adalah cerita yang diambil dari kisah nyata?

Les’ Copaque memberi klarifikasi kartun Upin & Ipin

Melihat tingginya antusias netizen, Les’ Copaque selaku rumah produksi dari serial Upin & Ipin akhirnya memberi klarifikasi. Pada akun twitternya, Les’ Copaque menerangkan bahwa cerita dari Upin & Ipin adalah rekayasa dan bukan berdasarkan kisah nyata.

Lebih lanjut lagi, Les’ Copaque juga memberikan keterangan tentang kenapa Upin & Ipin diciptakan sebagai karakter yatim piatu, serta kenapa rambut Upin & Ipin selalu gundul.

Pada postingan yang diunggah 17 Januari lalu, pihak Les’ Copaque menerangkan bahwa Upin & Ipin adalah proyek sampingan saja pada saat awal kemunculannya. Selain itu, karena hanya proyek sampingan serta kekurangan tenaga kerja, akhirnya Upin & Ipin diceritakan sebagai yatim piatu.

Begitu pula dengan alasan kenapa Upin & Ipin digambarkan sebagai karakter yang gundul. Alasannya karena keterbatasan biaya pada masa awal penggarapan Upin & Ipin, serta waktu yang cukup lama untuk mengerjakan hair simulation pada masa itu.

Jadi, kabar tentang Upin & Ipin yang diangkat dari kisah nyata adalah hoax. Makam yang bertuliskan Upin dan Ipin pada video yang sedang viral itu tidak ada hubungannya dengan serial Upin & Ipin.

Upin & Ipin kartun asal Malaysia yang fenomenal di Indonesia

Ilustrasi│Wallpaperaccess

Upin & Ipin memanglah bukan suatu serial kartun yang asing bagi masyarakat Indonesia. Masuk ke Indonesia pada tahun 2010, serial kartun Upin & Ipin langsung mampu mendapatkan hati penonton di Indonesia.

Cerita yang ringan, dekat dengan kehidupan anak-anak di Indonesia, serta membawa pesan-pesan moral menjadi alasan kenapa Upin & Ipin begitu fenomenal di Indonesia. Saat ini pun, Upin & Ipin sudah memasuki musim ke-15, dan terus menghadirkan tontonan berkualitas bagi anak Indonesia.

Upin & Ipin memang bisa selalu menjadi idola bagi anak-anak di setiap generasi. Mulai dari anak-anak kecil di masa sekarang dan juga anak-anak penikmat Upin & Ipin yang kini sudah mulai beranjak dewasa. Bagi anak-anak yang kini sudah mulai menginjak usia dewasa, serial Upin & Ipin tentu membawa cerita tersendiri yang tidak bisa dilupakan.

Nah, itu dia penjelasan Les’ Copaque tentang isu yang sedang ramai kemarin. Kalau kamu sendiri bagaimana? Apakah kamu salah satu pecinta serial Upin & Ipin?

Referensi: IDN TimesKompas