Susah Berhenti Nonton Film Seri? Waspada Binge Watching!
Binge watching | Foto: freestocks/Unsplash

Apakah kamu pernah menghabiskan satu hari penuh untuk menuntaskan semua episode dari drama Korea atau film seri lain? Kalau iya, kamu perlu waspadai hal tersebut karena itu pertanda dari binge watching.

Menonton film atau serial televisi biasanya menjadi salah satu pilihan kegiatan yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Pasalnya, kegiatan satu ini memang cukup mudah untuk kamu lakukan.

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke bioskop, kamu bisa dengan praktis menikmati film atau tayangan serial televisi melalui platform streaming digital dari rumah. Tinggal mempersiapkan perangkat digital beserta koneksi internet, kenyamanan menonton film pun akan tercipta.

Di balik kemudahannya, terdapat efek samping binge watching yang mengintai. Melansir penjelasan oleh The Chicago School, binge watching atau marathon viewing merupakan sebuah kegiatan menonton konten di televisi secara streaming online dalam satu waktu.

Alasan Melakukan Binge Watching

Melakukan binge watching | Foto: Pexels/Cottonbro

Terdapat penjelasan ilmiah mengapa seseorang bisa melakukan binge watching. Merangkum penjelasan oleh Psychreg.org, binge watching bisa menjadi salah satu bentuk dari kecanduan.

Berdasarkan penjelasan oleh Dr Renee Carr, seorang psikologi klinis, saat seseorang sedang melakukan binge watching, otaknya akan melepaskan dopamin yang memberikan sinyal pada tubuh bahwa kegiatan binge watching menyenangkan.

Baca juga: Fakta Menarik Moon Knight, Serial Marvel yang Tayang 30 Maret 2022

Alasan lainnya karena manusia benar-benar merasa tenggelam dalam jalan cerita. Saat menonton satu episode, kamu mungkin akan penasaran dengan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Menurut sebuah studi dari University of Toledo, kegiatan binge watching juga dapat menurunkan tingkat stres, kecemasan, dan depresi. Penyebabnya menurut Dr John Mayer selaku psikologi klinis, kegiatan binge watching menawarkan kita untuk sejenak melarikan diri dari kehidupan kita sehari-hari.

Efek Samping Binge Watching

ilustrasi seseorang yang begadang karena binge watching | Foto: Mattres Advisor
Seseorang yang begadang karena binge watching | Foto: Mattres Advisor

Meski binge watching memiliki sisi positif, tetapi terlalu sering melakukan binge watching juga bisa memberikan dampak pada kesehatan kamu. Binge watching bisa membuat kamu kurang melakukan aktivitas fisik.

Hal ini bisa terjadi kalau kamu terlalu tenggelam dengan konten yang sedang kamu tonton. Dnegan begitu, kamu akan lebih banyak duduk dan kurang melakukan aktivitas lainnya.

Selain itu, binge watching juga bisa menjadi kebiasaan diet yang tidak sehat. Penyebabnya karena binge watching akan membuat seseorang tidak tidur, mengkonsumsi makanan atau cemilan yang tidak sehat, dan kurang bergerak.

Baca juga: Selain Business Proposal, Ini Dia 5 Drama Korea dengan Vibes Serupa

Melalui penjelasan di atas, sudah terpaparkan bahwa binge watching akan membuat kualitas tidur memburuk, membuat kamu lebih lelah, bahkan bisa mengarah pada tanda-tanda insomnia.

Semakin sedikit waktu tidur yang kamu miliki, tubuh kamu tidak dapat melakukan pekerjaan dan perbaikan sesuai yang kamu inginkan.

Tidak hanya itu saja, binge watching masih memiliki banyak efek samping lainnya bagi kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Berhenti Melakukan Binge Watching

ilustrasi alarm reminder untuk tidur | Foto: fitbit
Alarm reminder untuk tidur | Foto: fitbit

Kabar baiknya, kamu bisa mengubah kebiasaan binge watching. Berikan batasan pada diri sendiri, misalnya satu hari ini maksimal menonton dua episode saja dalam waktu berbeda. Sebagai tambahan, kamu juga bisa menggunakan alarm untuk menjadi reminder kapan kamu harus berhenti menonton.

Namun, tips ini tidak akan berhasil jika kamu tidak memiliki komitmen pada diri sendiri. Cobalah untuk memulai dari yang paling ringan terlebih dahulu hingga terus meningkatkan batasan kedepannya.

Baca juga: Bikin Lebih Segar, Ketahui Manfaat Tanaman Indoor di Rumah

Biasanya, binge watching juga membuat kamu rela begadang untuk movie marathon. Untuk menghentikan kebiasaan binge watching, kamu bisa mengatur alarm waktu tidur sebagai penanda sudah waktunya berhenti menonton dan bersiap-siap untuk tidur.

Selanjutnya, seimbangkan binge watching dengan aktivitas lainnya. Dalam sehari, tubuh kita perlu mendapatkan aktivitas gerak yang cukup. Misalnya, kamu bisa melakukan olahraga ringan, peregangan, membaca, melakukan hobi atau menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman.

Referensi: Psychreg.org | The Chicago School | Very Well Health