Ragam Extension Google Chrome Penyelamat Hidup Mahasiswa
Extension Google Chrome | Foto: xda-developers.com

Goodmates, apakah kamu pernah mendengar atau mengetahui soal Google Chrome extension? Sewaktu menggunakan browser Google Chrome, istilah tersebut akan menjadi sesuatu yang selalu melekat dengannya.

Extension pada dasarnya adalah salah satu fitur unggulan Google untuk dapat mempermudah proses kerja para penggunanya. Tidak sedikit extension yang terkenal ampuh meningkatkan fokus dan produktivitas dalam keseharian, khususnya buat kamu para mahasiswa.

Dari sekian banyak fitur yang tersedia, kira-kira mana saja yang bagus? Tenang, kali ini GoodSide sudah merangkum beragam extension penyelamat hidup mahasiswa yang bisa kamu coba.

1. Todoist

Todoist | Foto: todoist.com

Extension Google Chrome yang satu ini sangat cocok buat kamu para mahasiswa yang mempunyai beragam deadline. Mengutip dari situs Hubspot, Todoist merupakan tools manajemen proyek yang bisa membantu penggunanya dalam menyusun daftar pekerjaan secara rapi dan terorganisir.

Berbagai daftar tugas pribadi yang baru dan sudah berlalu dapat kamu lihat langsung dalam extension ini. Selain itu, Todoist juga memungkinkan penggunanya untuk berkolaborasi langsung sewaktu mengerjakan tugas maupun proyek. Kamu pun bisa meninggalkan komentar untuk rekan satu tim.

Baca juga: Intip 5 Alasan Pentingnya Mengikuti UKM, Mahasiswa Wajib Tahu!

Dalam rangka meningkatkan efektivitas alur kerja, Todoist menyediakan fitur pembagian tugas menggunakan label atau kategori. Terdapat sejumlah filter untuk menyaring tugas berdasarkan proyek, prioritas, serta kepada siapa tugas tersebut harus kamu kirim.

Berbagai fitur penunjang produktivitas lainnya, seperti reminder, labelling, ulangi tugas (untuk aktivitas rutinan), dan masih banyak lagi. Apalagi, tampilannya juga tergolong user friendly sehingga sangat nyaman sejauh mata memandang.

Apabila memasang extension Google ini, kamu pun tidak lagi mesti membuka aplikasi atau tab baru secara terpisah sewaktu mau melihat dan menambahkan tugas baru.

2. LastPass

LastPass | Foto: dignited.com

Buat kamu yang mempunyai segudang akun media sosial atau lainnya, ekstensi ini akan membantumu supaya tidak kesulitan lagi dalam mengingat password.

LastPass adalah extension pengelolaan kata sandi yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan seluruh password dalam satu tempat. Dengan begitu, kamu pun tidak usah repot-repot mengingat semuanya alias cukup menghafal master password dari akun LastPass.

Baca juga: Ciptakan Presentasi yang Memukau Lewat 4 Tools Ini

Ketika mengakses sebuah situs, secara otomatis LastPass akan memunculkan username beserta password sehingga kamu tidak perlu mengetik lagi. Di samping itu, kamu juga bisa membagikan kata sandi secara aman kepada orang lain yang sudah mendapatkan persetujuan.

3. Evernote Web Clipper

Evernote Web Clipper | Foto: google.com

Tahukah kamu bahwa Evernote termasuk aplikasi pencatatan paling populer di dunia? Selain membuatmu menjadi lebih produktif, extension ini juga akan membantu mengingat semua yang kamu pelajari.

Fitur terbaik dalam pemakaian Evernote Web Clipper adalah kemampuannya untuk mengambil catatan dari konten maupun referensi online. Kamu bisa dengan mudah menyimpan segala tulisan sampai screenshoot dalam bentuk catatan di Evernote. Misalnya dari website, email, atau sumber lainnya cukup dengan satu kali klik.

Tidak hanya itu, Clipper Web pun memungkinkan penggunanya untuk mempunyai salinan yang tersimpan dalam Evernote, sekalipun saat kamu mengaksesnya secara offline.

4. Momentum

Momentum | Foto: momentumdash.com

Ketika membuka browser Google Chrome pertama kali, biasanya kita melihat tampilan logo Chrome, thumbnail website yang sering terbuka, sampai kotak pencarian. Akibatnya, tidak jarang kita menjadi kurang produktif karena tergoda untuk melaksanakan hal lain.

Baca juga: Anti Awkward, Begini Tips Hilangkan Rasa Canggung Ketemu Teman Lama

Untuk mencegah kejadian seperti itu, Momentum hadir sebagai jawabannya. Jadi, sewaktu membuka web browser atau tab baru, extension ini akan ‘menyapa’ dan mengingatkanmu mengenai tujuan hari ini supaya bisa tetap fokus sesuai target.

Momentum juga menawarkan latar belakang foto yang apik. Di dalamnya, terdapat kutipan (quotes) tertentu yang akan membuatmu menjadi lebih bersemangat menjalani hari. 

Singkatnya, Momentum ibarat dashboard pribadi untuk menjauhkan sekaligus menghilangkan gangguan, menjaga fokus, memberikan inspirasi, serta meningkatkan produktivitas harian.

Itulah rekomendasi beragam extension Google Chrome yang dapat kamu gunakan. Dengan mengunduh layanan tersebut, harapannya bisa bermanfaat dan mendukung produktivitas kamu.

Referensi Accurate | Jagoan Hosting | Merchant.id